Pelatih PSIS Semarang Isolasi Mandiri COVID-19 Jelang Piala Menpora

Pelatih PSIS Dragan Djukanovic isolasi mandiri di Jakarta

Semarang, IDN Times - PSIS Semarang mempersiapkan diri jelang Piala Menpora yang akan digelar 21 Maret-25 April 2021. Skuat Laskar Mahesa Jenar itu rutin mengadakan latihan seperti internal game di Stadion Citarum Kota Semarang, Selasa (16/3/2021).

1. Tim PSIS dibagi dua kelompok dalam internal game

Pelatih PSIS Semarang Isolasi Mandiri COVID-19 Jelang Piala MenporaTim PSIS Semarang berlatih jelang Piala Menpora 21 Maret - 25 April 2021 di Stadion Citarum Kota Semarang. Dok. PSIS Semarang.

Dalam internal game, tim pelatih membagi skuat dalam dua kelompok yang berbeda yakni tim biru dan tim kuning dengan kombinasi pemain senior dan pemain Elite Pro Academy (EPA) seperti Damas, Syiha, Riski Fajar, Farrel, dan Aqsha.

Pada starting XI pertama, tim biru diisi oleh Jandia Eka Putra, Fredyan Wahyu, Alfeandra Dewangga, Rio Saputro, Pratama Arhan, Finky Pasamba, Eka Febri, Komarudin, Fandi Eko, Hari Nur, dan M Ridwan.

Sementara tim kuning berisikan Joko Ribowo, Frendi Saputra, Soni Setiawan, Wahyu Prasetyo, Syiha , Damas, Kartika Vedhayanto, Mahir Radja, Farrel, Riyan Ardiyansyah, dan Andreas Ado.

2. Asisten pelatih PSIS tambah porsi latihan para pemain

Pelatih PSIS Semarang Isolasi Mandiri COVID-19 Jelang Piala MenporaAsisten pelatih PSIS Semarang, Imran Nahumarury. IDN Times/PSIS Semarang

Sedangkan di bench, ada beberapa pemain seperti Septian David Maulana, Abanda Rahman, dan Safrudin Tahar yang mendapatkan tambahan porsi latihan.

Pada babak pertama, tim kuning memimpin melalui gol Farrel memanfaatkan umpan Frendi Saputra dari sisi kiri. Saat babak kedua, Asisten pelatih PSIS Semarang, Imran Nahumarury selaku nahkoda tim melakukan beberapa gantian dan variasi.

Beberapa pemain yang sebelumnya di bench dimasukkan oleh Imran supaya chemistry antar pemain semakin terbentuk setelah enam bulan lebih vakum latihan. Gol pun kembali tercipta di babak kedua oleh tim kuning setelah Fandi Eko mencetak gol melalui titik putih ke gawang Jandi Eka Putra.

Baca Juga: PSIS Semarang Cari Pemain Bola Usia 6-18 Tahun, Ini Cara Daftarnya

3. Internal game untuk melihat perkembangan pemain selama latihan

Pelatih PSIS Semarang Isolasi Mandiri COVID-19 Jelang Piala MenporaTim PSIS Semarang berlatih jelang Piala Menpora 21 Maret - 25 April 2021. IDN Times/PSIS Semarang.

Drama justru terjadi pada pertengahan babak kedua dimana Andreas Ado memperkecil keadaan setelah mencetak gol melalui sepakan ke gawang M Fadli. Setelah itu, Hari Nur menyamakan kedudukan untuk tim biru setelah memanfaatkan umpan Komarudin. Namun, skor akhir tetap menjadi milik tim kuning setelah Farrel memastikan kemenangan 3-2 melalui golnya.

Usai pertandingan, Imran mengatakan bahwa internal game kali ini ditekankan untuk melihat perkembangan pemain setelah sepekan lebih berlatih.

“Perkembangan anak-anak lebih baik dari internal game sebelumnya. Bukan soal hasil juga hari ini. Fisik anak-anak sudah meningkat walaupun belum maksimal,’’ tutur Imran dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Selasa (16/3/2021).

4. Pelatih PSIS Dragan Djukanovic segera bergabung dalam latihan

Pelatih PSIS Semarang Isolasi Mandiri COVID-19 Jelang Piala MenporaPelatih kepala PSIS Semarang, Dragan Djukanovic. Dok. PSIS Semarang

Imran juga mengungkapkan bahwa tujuan internal game kali ini untuk melihat kondisi pemain yang baru datang.

“Ini juga untuk menaikkan kondisi pemain yang baru datang. Semua pemain kami berikan menit play. Masukin taktikal juga seperti yang selama ini diterapkan coach Dragan,” pungkas Imran.

Pelatih kepala PSIS Semarang, Dragan Djukanovic, lanjut Imran, akan segera bergabung mempersiapkan tim untuk kompetisi Piala Menpora. Saat ini Dragan tengah menjalani isolasi mandiri di Jakarta setibanya dari Serbia, Sabtu (13/3/2021). 

Isolasi mandiri dilakukan sesuai prosedur kedatangan Warga Negara Asing (WNA) atau Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri di Indonesia.

“Tidak masalah, kalau itu prosedurnya saya harus menjalankan (isolasi mandiri). Dan yang terpenting saya sudah tidak sabar kembali ke Semarang untuk bertemu pemain dan staf saya,” tutur Dragan Djukanovic dalam rilis tersebut.

5. Dragan sedang jalani isolasi mandiri di Jakarta dengan SOP ketat

Pelatih PSIS Semarang Isolasi Mandiri COVID-19 Jelang Piala Menporatwitter.com/psisfcofficial

Pelatih berlisensi UEFA Pro ini dijadwalkan akan menjalani isolasi sampai Kamis (18/3/2021) dan setelah itu segera terbang ke Semarang. Selama mengikuti isolasi mandiri, Dragan akan menetap di salah satu hotel di Jakarta dan menjalankan segala Standard Operating Procedure (SOP) seperti tes swab dua kali untuk memastikan kondisinya bebas dari COVID-19 sebelum kembali ke Semarang.

Terpisah, Yoyok Sukawi selaku Chief Executive Officer (CEO) PSIS mengatakan, datangnya Dragan Djukanovic sebagai persiapan jangka panjang menatap kompetisi.

Coach Dragan kami datangkan supaya kami lebih maksimal untuk Piala Menpora dan maksimal di kompetisi resmi. Selain itu, coach Dragan juga biar memantau pemain-pemain muda kita dari Elite Pro Academy yang memiliki potensi. Kalau musim lalu kan persiapan mepet sehingga belum sempat melihat secara detail pemain-pemain muda kita, harapannya musim ini beliau bisa maksimal,” tuturnya.

Piala Menpora 2021 merupakan kompetisi pramusim sebelum Liga 1 dan 2 digelar. PSIS Semarang masuk dalam Grup B, bersama Arema Malang, Tira Persikabo, dan Barito Putra. Keempat klub tersebut akan tanding di Stadion Manahan Solo.

Baca Juga: Stadion Jatidiri Jadi Kandang, PSIS Semarang Diminta Urus Administrasi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya