Comscore Tracker

10 Pelatih Tim Nasional Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHS

Ada pelatih negara mana saja, ya?

Pada 15 Januari 2021 lalu, International Federation of Football History and  Statistics (IFFHS) telah merilis daftar pelatih negara terbaik dalam satu dekade terakhir. Penilaian penghargaan ini berdasarkan tahun 2011 hingga 2020. Memang, dalam 1 dekade terakhir terdapat beberapa ajang olahraga internasional bergengsi, mulai dari Piala Dunia 2014 di Brasil, Piala Dunia 2018 di Rusia, Euro 2016 di Prancis, dan masih banyak lagi.

Beberapa nama pelatih top memang ada yang masuk dalam daftar tersebut, namun ada beberapa nama lainnya yang ternyata tidak masuk. Berikut 10 pelatih tim nasional terbaik dalam 1 dekade terakhir versi IFFHS.

Baca Juga: 5 Pelatih Terbaik di Dunia dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHS

10. Gareth Southgate - Inggris

10 Pelatih Tim Nasional Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHShealyhunt.com

Gareth Southgate merupakan pelatih Timnas Inggris yang ditunjuk sejak tahun 2016. Southgate dulunya merupakan pemain dari beberapa klub Inggris, seperti Crystal Palace, Aston Viila, dan Middlesbrough. 4 tahun menangani Timnas Inggris, belum ada trofi yang berhasil dia raih.

Meskipun begitu, permainan Timnas Inggris dapat dikatakan jauh lebih baik di bawah kepemimpinannya. Dia berhasil mengorbitkan beberapa nama muda di skuadnya, seperti Phil Foden, Marcus Rashford, hingga Dean Henderson.

9. Marc Wilmots - Belgia, Pantai Gading, dan Iran

10 Pelatih Tim Nasional Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHStehrantimes.com

March Wilmots sendiri merupakan pelatih berkebangsaan Belgia. Dalam satu dekade terakhir, dia sudah melatih 3 negara sekaligus walaupun belum pernah sekali pun meraih trofi. Dia lebih banyak mengabdikan waktunya untuk melatih skuad negaranya selama 4 tahun.

Meskipun begitu, Wilmots memberikan gaya permainan baru bagi skuad Belgia. Dia mampu mejadikan Timnas Belgia menjadi salah satu negara yang disegani, baik di tingkat Eropa maupun internasional.

8. Jose Pekerman - Kolombia

10 Pelatih Tim Nasional Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSlatercera.com

Walaupun berkebangsaan Argentina, Jose Pekerman sudah melatih Timnas Kolombia selama 6 tahun. Dia melatih Kolombia sejak tahun 2012 hingga 2018. Dia mampu menjadikan Kolombia sebagai penantang terkuat Brasil dan Argentina di kompetisi Copa America.

Pada Copa America 2019, Kolombia berhasil menjadi juara grup walaupun harus kalah dalam adu penalti melawan Chile di babak knock out. Meskipun begitu, penampilan Timnas Kolombia harus diacungi jempol karena dapat mengalahkan Argentina pada waktu itu.

7. Roberto Martinez - Belgia

10 Pelatih Tim Nasional Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSmarca.com

Walaupun berkebangsaan Spanyol, Roberto Martinez merupakan pelatih Timnas Belgia sejak tahun 2016. Walaupun belum ada gelar yang diberikannya, baik di kompetisi Eropa maupun internasional, patut diakui bahwa penampilan skuad Belgia semakin tajam. 

Roberto Martinez sendiri merupakan mantan pemain beberapa klub Inggris seperti Swansea, Chester City, hingga Wigan. Dia juga berhasil mengantarkan Wigan menjuarai Piala FA pada tahun 2013 saat dia masih sebagai manajer di klub tersebut.

6. Vicente del Bosque - Spanyol

10 Pelatih Tim Nasional Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSfundacionadecco.org

Vicente del Bosque merupakan mantan pelatih Timnas Spanyol pada tahun 2008 hingga 2016. Pada tahun 2012, dia berhasil mengantarkan Spanyol menjuarai Piala Eropa 2012. Selain itu, dia juga berhasil membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 2010.

Tak heran jika namanya masuk dalam daftar pelatih terbaik 1 dekade terakhir. Saat ini dia memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola sejak meninggalkan Timnas Spanyol pada tahun 2016.

5. Fernando Santos - Portugal dan Yunani

10 Pelatih Tim Nasional Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSskysports.com

Fernando Santos merupakan pelatih Timnas Portugal sejak tahun 2014. Dalam kariernya sebagai pesepak bola, dia pernah membela klub Estoril Praia, Maritimo, hingga Benfica U-19. Pada tahun 2010--2014 dia ditunjuk untuk melatih Timnas Yunani.

Santos sendiri mempunyai kewarganegaraan Portugal. Dalam sedekade terakhir, dia mampu memberikan 1 trofi Euro dan 1 trofi UEFA Nations League.

4. Oscar Tabarez - Uruguay

10 Pelatih Tim Nasional Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSguinnessworldrecords.com

Oscar Tabarez merupakan pelatih Timnas Uruguay sejak tahun 2006. Dalam satu dekade terakhir, dia telah berhasil mempersembahkan 1 trofi Copa America pada tahun 2011. Oscar Tabarez dikenal sebagai pelatih yang mampu melihat potensi para pemainnya.

Sepanjang karier kepelatihannya, dia juga pernah ditunjuk menjadi pelatih beberapa klub, seperti Boca Juniors, Real Oviedo, AC Milan, hingga Cagliari Calcio. Dia juga merupakan mantan pemain Italiano dan Bella Vista.

3. Tite - Brasil

10 Pelatih Tim Nasional Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSdhakatribune.com

Tite merupakan pelatih Timnas Brasil saat ini sejak tahun 2016 lalu. Tite dikenal sebagai pelatih yang gemar mengorbitkan para pemain mudanya untuk bermain bersama para pemain senior. Hal ini ditujukan untuk strategi regenerasi.

Dalam sedekade terakhir, Tite mampu mempersembahkan 1 gelar Copa America. Tite juga mampu membawa Brasil meraih juara 4 dalam Piala Dunia 2014 di Brasil. Dalam kariernya sebagai pemain, dia merupakan mantan bintang Caxias-RS.

2. Didier Deschamps - Prancis

10 Pelatih Tim Nasional Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHSthestar.com

Salah satu pelatih timnas paling sukses di Eropa ialah Didier Deschamps. Dia merupakan pelatih Timnas Prancis sejak tahun 2012. Dalam kariernya sebagai pemain, dia juga pernah membela beberapa klub besar seperti Chelsea, Valencia, hingga Juventus.

Deschamps berhasil memberikan gelar juara Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia. Dia juga berhasil memberikan gelar runner-up Euro 2016.

1. Joachim Low - Jerman

10 Pelatih Tim Nasional Terbaik dalam Sedekade Terakhir Versi IFFHStalksport.com

Pelatih negara terbaik dalam satu dekade terakhir diraih oleh Joachim Low. Dia merupakan pelatih Jerman sejak tahun 2006. Dia juga merupakan mantan pemain bagi beberapa klub, seperti VfB Stuttgart, SC Freiburg, hingga E. Frankfurt.

Bersama Timnas Jerman, dia mampu mempersembahkan 1 gelar Piala Dunia pada tahun 2014 dan runner-up Euro pada tahun 2008. Salah satu kelebihannya ialah melihat potensi para pemain walaupun tak bermain di klub besar.

 

Nah, itu dia 10 pelatih kesebelasan sepak bola tim nasional terbaik dalam satu dekade terakhir versi IFFHS. Memang, 10 pelatih ini sangat berprestasi dan pintar dalam menerapkan strategi dan mencari potensi pemain. Apakah ada pelatih negara favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: Joachim Low: Jerman Sangat Membutuhkan Serge Gnabry

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya