5 Bek Tengah Kaki Kiri Terbaik di Liga Top Eropa

Termasuk Aymeric Laporte

Bek tengah merupakan salah satu posisi yang tak kalah penting dalam dunia sepak bola. Pemain tersebut bertugas untuk menjaga area pertahanan dari segala bentuk serangan tim lawan. Biasanya, kebanyakan bek tengah lebih condong memiliki kaki kanan yang lebih kuat daripada kaki kiri.

Menariknya, terdapat beberapa bek tengah yang memiliki kaki kiri yang sangat bagus di ajang top Eropa. Bahkan, kemampuannya tersebut menjadi salah satu alasan mengapa pelatih mereka memainkan mereka terus.

1. Alessandro Bastoni (Inter Milan)

5 Bek Tengah Kaki Kiri Terbaik di Liga Top EropaAlessandro Bastoni bersama Inter Milan. (sempreinter.com)

Alessandro Bastoni merupakan salah satu bek tengah andalan Inter Milan dalam 2 musim terakhir. Sejak menjadi andalan di skuad Inter Milan, pemain berusia 22 tahun itu mulai dipercaya membela timnas Italia. Bastoni sendiri dikenal sebagai bek tengah dengan kemampuan membaca bola yang baik.

Selain itu, dia juga diketahui memiliki kaki kiri dan kanan yang kuat sehingga memudahkannya dalam menghalau bola dari berbagai arah. Dapat dikatakan dia merupakan suksesor Chiellini di timnas Italia dengan kaki kiri yang dominan.

2. Giorgio Chiellini (Juventus)

5 Bek Tengah Kaki Kiri Terbaik di Liga Top EropaGiorgio Chiellini bersama Juventus. (sempreinter.com)

Kapten Juventus dan timnas Italia, Giorgio Chiellini, diketahui memiliki kaki kiri yang dominan. Walau memiliki kaki kiri dominan, Chiellini juga cocok jika dimainkan sebagai bek tengah bagian kanan. Pemain berusia 37 tahun itu sudah memberikan 114 penampilan bagi negaranya sejak 2004 silam.

Selama membela Italia, dia sudah meraih Piala Eropa 2020 yang diselenggarakan tahun ini. Dia sendiri lebih berprestasi di level klub dengan menyumbangkan 9 trofi Serie A, 5 Piala Italia, hingga 5 Piala Super Italia.

Baca Juga: 9 Fakta Alessandro Bastoni, Bek Muda Italia yang Tengah Meroket

3. David Alaba (Real Madrid)

5 Bek Tengah Kaki Kiri Terbaik di Liga Top EropaDavid Alaba bersama Real Madrid. (marca.com)

David Alaba merupakan rekrutan baru Real Madrid secara bebas transfer pada bursa transfer musim panas lalu. Sebelumnya, dia membela Bayern Munich selama sekitar 13 tahun. Pemain timnas Austria itu dapat dikatakan sebagai bek tengah dengan kaki kiri terbaik di dunia.

Pasalnya, dia memiliki kemampuan crossing dan umpan lambung yang berbahaya dengan menggunakan kaki kirinya yang dominan. Kaki kirinya tersebut juga mampu melesatkan bola ke arah gawang dengan tepat sasaran.

4. Aymeric Laporte (Manchester City)

5 Bek Tengah Kaki Kiri Terbaik di Liga Top EropaAymeric Laporte bersama Manchester City. (skysports.com)

Aymeric Laporte merupakan salah satu bek tengah dengan kaki kiri terbaik saat ini. Bahkan, Pep Guardiola mengatakan bahwa dia menjadi bek tengan dengan bek kaki kiri terbaik untuk membangun serangan. Laporte dikenal sebagai pemain yang aktif dalam mengatur strategi untuk membangun serangan dari belakang.

Pemain berkewarganegaraan Spanyol itu memiliki umpan lambung yang akurat. Selain itu, dia juga pandai dalam mengatur tempo, baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang. Tak heran jika Luis Enrique menjadikan dirinya sebagai salah satu bek tengah utama Spanyol saat ini.

5. Pau Torres (Villareal)

5 Bek Tengah Kaki Kiri Terbaik di Liga Top EropaPau Torres bersama Villareal. (theathletic.com)

Selain Aymeric Laporte, Spanyol juga memiliki Pau Torres yang menjadi bek tengah dengan kaki kiri dominan. Torres juga menjadi salah satu andalan di lini belakang Spanyol bersama Laporte dan Eric Garcia. Dia sendiri merupakan lulusan akademi Villareal yang sukses bermain di LaLiga.

Bahkan, dia sempat mengantarkan Villareal meraih trofi Liga Europa musim lalu. Pemain berusia 24 tahun itu sudah memberikan penampilan bagi negaranya sebanyak 16 kali sejak debutnya pada November 2019 lalu.

Kaki kiri mereka yang dominan berhasil mereka manfaat dengan baik menjadi sebuah kelebihan. Tak heran jika mereka juga berhasil menjadi salah satu andalan di lini belakang klub dan negaranya sejauh ini.

Baca Juga: 5 Pemain Serbabisa Terbaik saat Ini, David Alaba hingga James Milner

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya