Comscore Tracker

5 Catatan Menarik dari Kemenangan Everton atas Arsenal

Arsenal terlempar dari enam besar

Pekan ke-15 Premier League 2021/2022 ditutup oleh laga Everton melawan Arsenal. Laga berakhir dengan skor 2-1 bagi kemenangan Everton. Gol Everton dicetak Richarlison (70') dan Demarai Gray (90+1), sedangkan gol Arsenal dicetak Martin Ødegaard (45+2). 

Laga ini berlangsung cukup ketat sejak awal pertandingan. Kedua tim tampil terbuka. Berikut lima catatan menarik dari kemenangan Everton atas Arsenal yang wajib kamu tahu:

1. Arteta sudah dikalahkan Everton 3 kali dari 4 laga sebagai manajer Arsenal

5 Catatan Menarik dari Kemenangan Everton atas Arsenalpotret Mikel Arteta (twitter.com/WilliamHill)

Sejak menukangi Arsenal, sudah ada empat laga Premier League yang dijalaninya untuk melawan Everton. Sayangnya, hasil buruk ditorehkan Arteta ketika melawan Everton. Dirinya sudah kalah tiga kali sejauh ini. Sedangkan, satu laga lainnya berakhir dengan kemenangan Arsenal 3-2.

Menariknya, saat Mikel Arteta masih menjadi pemain Everton pada 2005—2011, ia hanya meraih 2 kemenangan dari 11 laga yang dijalaninya melawan Arsenal. Tampaknya laga Everton dan Arsenal masih menjadi laga yang sulit untuk dilalui.

2. Walau kalah, secara head to head Arsenal masih jauh lebih unggul daripada Everton

5 Catatan Menarik dari Kemenangan Everton atas ArsenalRicharlison dan Andre Gomes, penggawa Everton, melakukan selebrasi pada laga melawan Arsenal. (twitter.com/aftgomes)

Arsenal memang baru saja kalah dari Everton dengan skor 1-2. Walau begitu, jika dilihat dari head to head kedua tim, Arsenal masih jauh lebih unggul daripada Everton. Setidaknya sudah ada 218 laga yang dimainkan kedua tim tersebut.

Sebanyak 64 laga sudah dimenangi Everton dari 218 laga tersebut. Sedangkan, Arsenal memenangi laga melawan Everton sebanyak 108 kali. Ada pula 46 laga yang harus berakhir imbang, baik di kandang Arsenal maupun Everton.

Baca Juga: Comeback! Everton Perpanjang Napas Rafael Benitez

3. Bukayo Saka jadi pemain Arsenal yang paling banyak dilanggar di Premier League musim ini

Bukayo Saka menjadi pemain yang paling banyak dilanggar lawan di Premier League musim ini. Setidaknya sudah ada 27 pelanggaran yang dialami oleh pemain muda asal Inggris itu. Hal tersebut menunjukkan bahwa Saka memang merupakan pemain yang berbahaya bagi tim lawan.

Jumlah pelanggaran yang diterima Saka dengan Emie Smith Rowe dan Ben White, misalnya, tampak jauh. Smith Rowe dan White hanya dilanggar sebanyak 12 kali sejauh ini.

4. Richarlison menyamai perolehan gol Philippe Coutinho di Premier League

5 Catatan Menarik dari Kemenangan Everton atas Arsenalpotret Richarlison bersama Everton (twitter.com/richarlison97)

Richarlison mencetak gol pada menit ke-79 pada laga melawan Arsenal ini. Gol tersebut merupakan gol yang ke-41 di Premier League. Dengan hal tersebut, Richarlison menyamai gol Philippe Coutinho yang dahulunya pernah membela Liverpool.

Keduanya menjadi pemain Brasil dengan gol terbanyak di Premier League sepanjang sejarah. Banyak yang meyakini bahwa Richarlison akan mampu melalui perolehan golCountinho.

5. Posisi Arsenal merosot, Everton perlahan-lahan naik di klasemen sementara

5 Catatan Menarik dari Kemenangan Everton atas ArsenalRicharlison, penggawa Everton, mendribel bola pada laga melawan Arsenal. (twitter.com/EFCdaily_)

Dengan hasil ini, Arsenal terlempar dari posisi enam besar klasemen sementara. Dengan mengoleksi 23 poin, Arsenal berada di posisi ketujuh. Arsenal harus rela posisinya digantikan Manchester United pekan ini.

Sedangkan, Everton naik ke posisi 12 dengan torehan 18 poin. Setidaknya, posisi Everton naik dua peringkat dibandingkan pekan lalu. Everton sendiri baru meraih 5 kemenangan, 3 hasil imbang, dan 7 kekalahan.

Pekan depan, Everton akan menghadapi Crystal Palace yang kalah dari Manchester United pekan ini. Arsenal sendiri dijadwalkan menghadapi Southampton. Kedua tim tak bermain di kompetisi Eropa mana pun pada pertengahan pekan ini.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Everton dan Arsenal

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya