5 Fakta Menarik Gianluigi Buffon yang Sedang Berulang Tahun Hari Ini

Selamat ulang tahun yang ke-43, Gianluigi Buffon!

Pastinya para penggemar bola tak asing lagi dengan mantan kiper nomor satu Juventus dan Timnas Italia yang satu ini. Ia adalah Gianluigi Buffon. Buffon lahir di kota Carrara pada tanggal 28 Januari 1978. Dia merupakan legenda Juventus yang sudah membela klub tersebut selama hampir 2 dekade.

Dia merupakan salah satu kiper terbaik di dunia selama 2 dekade terakhir ini dan berhasil meraih berbagai gelar juara. Pastinya di balik kesuksesannya tersebut terdapat fakta menarik yang menyertainya. Berikut 5 fakta menarik Gianluigi Buffon yang wajib kamu ketahui.

Baca Juga: 10 Pemain yang Menjadi Bintang Setelah Berganti Posisi, Ada Buffon!  

1. Buffon mempunyai orang tua dan saudara yang merupakan atlet di cabang olahraga yang berbeda

5 Fakta Menarik Gianluigi Buffon yang Sedang Berulang Tahun Hari Inisportmob.com

Buffon merupakan anak dari pasangan Maria Stella dan Adriano. Ibunya merupakan atlet pelempar cakram, sedangkan ayahnya merupakan atlet angkat besi. Setelah pensiun dari dunia kedua olahraga tersebut, keduanya memutuskan untuk menjadi guru pendidikan jasmani di suatu sekolah.

Buffon memiliki 2 orang saudara perempuan, yaitu Veronica dan Guendalina. Keduanya merupakan atlet bola voli yang sama-sama ditunjuk untuk membela Timnas Italia. Buffon juga memiliki paman yang merupakan atlet bola basket di Seria A1, yaitu Dante Masocco.

2. Buffon mengawali karier di dunia sepak bola dengan berposisi sebagai pemain tengah dan striker

5 Fakta Menarik Gianluigi Buffon yang Sedang Berulang Tahun Hari Inien.24smi.org

Kedua orang tua Buffon mendaftarkan dirinya ke sebuah akademi sepak bola saat dirinya masih berusia 6 tahun. Di akademi tersebut, dia tidak langsung berposisi sebagai seorang kiper seperti saat ini. Saat itu, dia berposisi sebagai pemain tengah dan juga seorang striker.

Dia baru berposisi sebagai seorang kiper ketika dia berumur 11 tahun. Salah satu hal yang menyebabkan ia berpindah posisi sebagai kiper ialah karena terinspirasi oleh kiper Kamerun pada saat itu, Thomas N’Kono.

3. Buffon menorehkan rekor clean sheet terlama dalam sejarah sepak bola Italia

5 Fakta Menarik Gianluigi Buffon yang Sedang Berulang Tahun Hari Inimykhel.com

Tak usah diragukan lagi bahwa Buffon merupakan salah satu kiper terbaik di dunia. Dia bersama Juventus berhasil menorehkan rekor clean sheets terlama sepanjang sejarah sepak bola Italia, yaitu selama 973 menit. Rekor tersebut berhasil ditorehkannya pada musim 2015/2016.

Pada musim tersebut, Juventus menjuarai Serie A. Sementara itu, untuk posisi kedua dan ketiga diraih oleh Napoli dan AS Roma.

4. Buffon sempat memecahkan rekor sebagai kiper termahal di dunia selama 1,5 dekade

5 Fakta Menarik Gianluigi Buffon yang Sedang Berulang Tahun Hari Inifootball365.com

Buffon merupakan produk akademi Parma. Dia bergabung ke tim senior Parma pada tahun 1994 ketika usianya baru 16 tahun. Penampilannya yang bagus bersama Parma membuat Juventus mendatangkannya pada tahun 2001.

Kala itu dia dibeli dengan harga 52,8 juta euro atau sekitar 901 miliar rupiah. Hal tersebut menjadikan dirinya sebagai kiper termahal di dunia sebelum akhirnya rekor tersebut dipecahkan oleh Ederson Moraes oleh Manchester CIty, Kepa Arrizabalaga oleh Chelsea, Alisson Becker oleh Liverpool, dan Thibaut Courtois oleh Real Madrid.

5. Satu-satunya mimpinya yang belum terwujud ialah menjuarai Liga Champions

5 Fakta Menarik Gianluigi Buffon yang Sedang Berulang Tahun Hari Inisbnation.com

Buffon mendapatkan gelar kiper terbaik sebanyak 12 kali di ajang Serie A. Dia juga merupakan juara Piala Dunia 2006. Dia juga menjuarai Coppa Italia dan Piala Super Italia.

Dia juga berhasil membawa Juventus menjuarai Serie A sebanyak 10 kali. Sayangnya, ada satu mimpi yang saat ini belum tercapai, yaitu menjuarai Liga Champions. Di usianya yang ke-43 ini, posisinya mulai digantikan oleh Wojciech Szczesny yang menjadi kiper utama Juventus di berbagai ajang.

 

Nah, itu dia 5 fakta menarik Gianluigi Buffon yang berulang tahun ke-43. Tak usah diragukan lagi bahwa Buffon merupakan salah satu legenda sepak bola dalam 2 dekade terakhir. Selamat ulang tahun, Buffon!

Baca Juga: 5 Kiper Utama Juventus di Abad ke-20 Sebelum Era Buffon Dimulai

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya