Comscore Tracker

Angkat Koper dari Barcelona, 5 Fakta Menarik Ronald Koeman

Dipecat akibat kalah dari Rayo Vallecano

Kekalahan Barcelona dari Rayo Vallecano dengan skor tipis 0-1 tampaknya menjadi mimpi buruh bagi Ronald Koeman. Pasalnya, beberapa jam setelah kekalahan Barcelona, Koeman resmi dipecat manajemen. Padahal Koeman sendiri baru ditunjuk melatih Barcelona pada Agustus 2020 lalu.

Terlepas dari hal tersebut, banyak yang penasaran mengenai sosok Koeman. Berikut lima fakta menarik dari Ronald Koeman yang baru saja angkat koper dari Barcelona.

1. Barcelona merupakan satu-satunya klub non-Belanda yang dibelanya saat menjadi pemain

Angkat Koper dari Barcelona, 5 Fakta Menarik Ronald KoemanRonald Koeman (egypttoday.com)

Bagi Ronald Koeman, Barcelona merupakan klub yang sangat spesial. Pasalnya, Barcelona merupakan satu-satunya klub yang bukan berasal dari Belanda yang pernah dibelanya saat menjadi pemain. Koeman mengawali kariernya di FC Groningen.

Pada 1983, Koeman dibeli Ajax dan berhasil naik daun. Berada di puncak karier, Koeman dibeli PSV Eindhoven pada tiga tahun kemudian, sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke Barcelona pada 1989. Pada 1995, dia memutuskan bergabung ke Feyenoord, lalu memutuskan pensiun di klub tersebut.

2. Ada 10 trofi yang berhasil diraihnya bersama Barcelona

Angkat Koper dari Barcelona, 5 Fakta Menarik Ronald KoemanRonald Koeman saat bermain bersama Barcelona. (tribuna.com)

Saat masih membela Barcelona pada 1989—1995, terdapat banyak prestasi yang diraihnya. Dia berhasil meraih trofi Piala Spanyol pada musim pertamanya. Koeman setidaknya menyumbangkan empat trofi La Liga selama bermain bersama Barcelona.

Selain itu, Koeman juga membawa Barcelona menjuarai Piala Eropa pada musim 1991/1992. Beberapa waktu kemudian, Koeman yang berposisi sebagai sweeper itu juga membawa Barcelona menjuarai Piala Super Eropa. Ada pula tiga trofi Piala Super Spanyol yang didapatkannya pada 1991,1992, dan 1994.

Baca Juga: 5 Kekalahan yang Bikin Ronald Koeman Dipecat Barcelona

3. Ronald Koeman merupakan pemain bertahan yang paling banyak mencetak gol dalam sejarah

Angkat Koper dari Barcelona, 5 Fakta Menarik Ronald KoemanRonald Koeman saat bermain bersama Barcelona. (thesefootballtimes.co)

Dapat dikatakan Ronald Koeman merupakan salah satu pemain bertahan paling bersinar pada abad ke-20. Bagaimana tidak, sudah ada 253 gol yang sudah dicetaknya di berbagai ajang, baik di level klub maupun internasional. Dengan hal tersebut, dia merupakan pemain bertahan dengan gol terbanyak dalam sejarah sepak bola.

Koeman memang dikenal sebagai pemain bertahan yang unggul dalam bola-bola atas dan jago dalam mengeksekusi tendangan penalti. Tak heran jika sudah banyak gol yang berhasil ditorehkannya di level klub maupun internasional.

4. Ronald Koeman sudah dipecat pada musim kedua bersama klub sebanyak empat kali

Angkat Koper dari Barcelona, 5 Fakta Menarik Ronald KoemanRonald Koeman (teamtalk.com)

Ronald Koeman memulai masa kepelatihan pada 1999 dengan klub awal Vitesse. Cukup sukses di Vitesse, karier kepelatihannya meningkat tajam dan akhirnya dipercaya untuk melatih beberapa klub, seperti Ajax, PSV, Everton, Southampton, Valencia, hingga Barcelona. Dia sendiri gemar menggunakan formasi 4-3-3 saat melatih di level klub.

Menariknya, Koeman ternyata sering dipecat pada musim keduanya, yaitu sebanyak empat kali. Dia gagal bertahan pada musim keduanya bersama Barcelona, Everton, Southampton, dan PSV Eindhoven. Bahkan, di PSV Eindhoven, dia hanya memimpin 8 laga sebelum dipecat pada 2007/2008.

5. Ronald Koeman tak pernah meraih trofi liga selain di luar Eredivisie

Angkat Koper dari Barcelona, 5 Fakta Menarik Ronald KoemanRonald Koeman (skysports.com)

Harus diakui bahwa Ronald Koeman merupakan salah satu pelatih top pada awal 2000-an. Pasalnya, dia berhasil memberikan tiga trofi Eredivisie bagi Ajax dan PSV Eindhoven. Tak hanya itu, Koeman juga berhasil menyumbangkan trofi Piala Liga untuk klub yang dilatihnya, seperti Barcelona, Valencia, Benfica, dan Ajax. 

Sayangnya, Koeman sendiri tak pernah meraih trofi liga selain di luar Eredivisie. Padahal dia sebenarnya memiliki kesempatan untuk meraih trofi tersebut saat melatih Barcelona sejak musim lalu. Begitu pun saat melatih Benfica pada 2004. Di Premier League, cukup susah untuk bersaing dengan The Big Six saat melatih Everton dan Southampton. 

Nah, itu dia lima fakta menarik Ronald Koeman yang menarik untuk diketahui. Koeman sendiri belum bisa memberikan performa yang baik saat melatih Barcleona musim ini. Tak heran jika dia harus angkat koper dari markas Barcelona.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Diorbitkan Ronald Koeman, Siapa Saja?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya