5 Fakta Menarik tentang Kemenangan Liverpool atas FC Porto

Mohamed Salah samai rekor Steven Gerrard di Anfield Stadium

Liverpool baru saja meraih kemenangan setelah menjamu FC Porto di Anfield Stadium. Liverpool unggul dua gol melalui kaki Thiago Alcantara (52') dan Mohamed Salah (70'). Dengan hasil ini, FC Porto harus berjuang pada pekan keenam agar lolos pada babak 16 besar Liga Champions. 

Di sisi lain, Liverpool sudah dipastikan menjadi pemuncak Grup B yang memiliki persaingan ketat. Terdapat beberapa hal menarik tentang kemenangan Liverpool atas FC Porto pada laga ini. Kira-kira apa saja fakta menarik tersebut?

1. Liverpool satu-satunya perwakilan Inggris yang meraih tingkat kemenangan 100 persen di UCL

5 Fakta Menarik tentang Kemenangan Liverpool atas FC PortoJurgen Klopp (twitter.com/WilliamHill)

Dari lima laga awal di Liga Champions, hanya ada Liverpool yang meraih kemenangan 100 persen sebagai perwakilan Inggris. Sudah ada 15 gol yang dicetak Liverpool ke gawang Atletico Madrid, FC Porto, dan AC Milan. Di sisi lain, Liverpool hanya kebobolan sebanyak lima gol.

Manchester City yang merupakan juara Grup A pernah kalah dari Paris Saint-Germain dengan skor 2-3. Sedangkan, Manchester United pernah kalah dari BSC Young Boys dan ditahan imbang Atalanta. Ada juga Chelsea yang pernah kalah dari Juventus dengan skor 0-1.

2.  Salah menjadi pesepak bola aktif kedua dengan gol terbanyak bagi klub Inggris di UCL

5 Fakta Menarik tentang Kemenangan Liverpool atas FC PortoMohamed Salah saat melawan FC Porto. (twitter.com/LFC)

Mohamed Salah berhasil mencetak gol pada menit ke-70. Dengan hal tersebut, Salah sudah menyumbang 31 gol di Liga Champions bagi Liverpool. Dia berhasil menjadi pemain kedua dengan gol terbanyak bagi klub Inggris di Liga Champions.

Pesepak bola aktif dengan gol terbanyak di Liga Champions bagi klub Inggris masih diraih Sergio Aguero saat membela Manchester City. Aguero berhasil menorehkan 36 gol bagi Manchester City sebelum memutuskan pindah ke Barcelona pada bursa transfer musim panas lalu.

Baca Juga: Badai Cedera Liverpool Justru Jadi Berkah Buat Si Ban Serep

3. Mohamed Salah samai rekor Steven Gerrard di Anfield Stadium

Fans Liverpool pastinya tak asing lagi dengan sosok Steven Gerrard. Legenda Liverpool itu saat ini merupakan pelatih Aston Villa. Gerrard diketahui sebagai pemain Liverpool dengan gol Liga Champions terbanyak di Anfield Stadium.

Setidaknya Gerrard sudah mencetak 14 gol di Liga Champions selama bermain di Anfield. Menariknya, baru-baru ini rekornya tersebut disamai Mohamed Salah yang mencetak satu gol ke gawang FC Porto di kandang Liverpool.

4. Terdapat 5 gol Liverpool dari luar kotak penalti yang dicetak 5 pemain berbeda pada fase grup

5 Fakta Menarik tentang Kemenangan Liverpool atas FC PortoSkuad Liverpool pada laga melawan FC Porto. (twitter.com/necowilliams01)

Hingga pekan kelima pekan kelima Liga Champions, Liverpool sudah berhasil mencetak 15 gol. Klub tersebut juga baru kebobolan lima gol pada ajang ini. Menariknya, dari 15 gol tersebut ternyata terdapat 5 gol yang dicetak dari luar kotak penalti.

Kelima gol tersebut dicetak lima pemain berbeda, yaitu Jordan Henderson, Roberto Firmino, Mohamed Salah, Naby Keïta dan Thiago. Hal tersebut membuktikan bahwa lini tengah Liverpool tak kalah berbahaya dengan lini depan klub tersebut.

5. Gol pertama Thiago bagi Liverpool musim ini

5 Fakta Menarik tentang Kemenangan Liverpool atas FC PortoThiago Alcantara (skysports.com)

Sebelumnya, penampilan Thiago kerap mendapatkan banyak kritik. Bagaimana tidak, pemain berusia 30 tahun itu hanya mampu mencetak 1 assist dari 8 laga yang dijalaninya. Menariknya, Thiago berhasil membuktikan bahwa dia masih layak menjadi pemain tengah pilihan Jurgen Klopp dengan mencetak gol pada menit ke-52 ke gawang Porto.

Gol tersebut merupakan gol pertamanya bagi Liverpool musim ini. Terakhir kalinya Thiago mencetak gol bagi The Reds ialah pada Mei 2021 lalu pada babak 16 besar Liga Champions 2020/2021.

Liverpool berhasil kokoh di puncak Grup B. Sedangkan, FC Porto harus berjuang pada pekan terakhir keenam Liga Champions melawan Atletico Madrid. Sedangkan, Liverpool akan menjadi batu sandungan AC Milan dalam meraih tiket 16 besar di pekan keenam.

Baca Juga: Arsenal dan Liverpool Adu Sikut Demi Bintang Lille

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya