Comscore Tracker

5 Kiper dengan Penyelamatan Penalti Paling Banyak di Premier League

Hingga kini belum ada yang menandingi

Bagi seorang kiper atau penjaga gawang, melakukan penyelamatan penalti merupakan kebanggaan tersendiri. Bagaimana tidak, tendangan penalti mememiliki peluang yang sangat tinggi untuk terjadinya sebuah gol. Apalagi jika eksekutor tendangan penalti tersebut sangat berpengalaman layaknya Jorginho, Frank Lampard, Wayne Rooney, atau Cristiano Ronaldo. 

Di Premier League sendiri, terdapat beberapa kiper dengan penyelamatan penalti paling banyak sepanjang sejarah. Dapat dikatakan, mereka memiliki kemampuan membaca bola yang baik.

Kira-kira siapa saja mereka? Yuk, simak ulasannya berikut ini! 

1. David James - 13 penyelamatan

5 Kiper dengan Penyelamatan Penalti Paling Banyak di Premier Leaguepotret David James (90min.com)

Pada awal abad ke-21, pastinya kamu sudah tak asing lagi dengan sosok David James. Dalam sejarahnya, dia pernah membela beberapa klub top seperti Liverpool, Manchester City, hingga West Ham. Dia juga merupakan mantan kiper internasional Inggris yang sudah membela negaranya sebanyak 53 kali. 

David James ternyata merupakan kiper dengan penyelamatan penalti terbannyak dalam sejarah Premier League. Sepanjang kariernya di Premier League, dia sudah melakukan 13 penyelamatan penalti. Dia sendiri memutuskan untuk pensiun pada tahun 2015 di klub asal India, Kerala Blasters FC. 

2. Thomas Sörensen - 12 penyelamatan

5 Kiper dengan Penyelamatan Penalti Paling Banyak di Premier Leaguepotret Thomas Sörensen (talksport.com)

Nama Thomas Sörensen memang tak setenar beberapa kiper top yang pernah bermain di Inggris pada abad 21 seperti Petr Cech, Joe Hart, atau Hugo Lloris. Namun, kiper asal Denmark itu berhasil berada di urutan kedua kiper dengan penyelamatan penalti terbanyak di ajang Premier League. Dia sendiri sudah mengoleksi 12 penyelamatan penalti selama kariernya di Inggris. 

Sorensen pernah membela beberapa klub Liga Inggris seperti Aston Villa, Sunderland, hingga Stoke City. Dia memutuskan pensiun pada tahun 2017 dengan klub terakhir Melbourne City yang bermain di Liga Australia. Thomas Sörensen juga merupakan kiper internasional Denmark yang sudah mengabdi di 101 pertandingan. 

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

3. Mark Schwarzer - 10 penyelamatan

5 Kiper dengan Penyelamatan Penalti Paling Banyak di Premier Leaguepotret Mark Schwarzer bersama Fulham (skysports.com)

Mark Schwarzer merupakan salah satu kiper legendaris timnas Australia. Dia pernah membela beberapa klub Liga Inggris seperti Fulham, Chelsea, hingga Leicester City. Dia sendiri sudah melakukan 10 penyelamatan tendangan penalti di Premier League sejak bermain di Liga Inggris di tahun 1996. 

Masa keemasannya dimulai saat dirinya membela Fulham pada tahun 2018 hingga 2013. Kala itu, dia berhasil melakukan cukup banyak penyelamatan, termasuk penyelamatan tendangan penalti. Mark Schwarzer memutuskan pensiun pada tahun 2016 dengan klub terakhirnya adalah Leicester City. 

4. Shay Given - 10 penyelamatan

5 Kiper dengan Penyelamatan Penalti Paling Banyak di Premier Leaguepotret Shay Given bersama Manchester City (dailymail.co.uk)

Shay Given merupakan kiper asal Republik Irlandia yang telah memiliki jam terbang tinggi di ajang Premier League. Dia pernah membela beberapa klub Inggris seperti Aston Villa, Newcastle United, hingga Manchester City. Lulusan akademi Celtic itu mengakhiri karier sepak bolanya di klub Stoke City pada tahun 2017. 

Selama bermain di Premier League, Given sudah melakukan 10 penyelamatan tendangan penalti. Masa keemasannya ia tunjukan saat membela Newcastle United sejak tahun 1997 hingga 2009 dan Manchester City sejak tahun 2009 hingga 2011. 

5. Brad Friedel - 10 penyelamatan

5 Kiper dengan Penyelamatan Penalti Paling Banyak di Premier Leaguepotret Brad Friedel (bradfriedelfan.net)

Brad Friedel merupakan kiper legendaris Amerika Serikat yang sangat berpengalaman di Premier League. Dia pernah membela beberapa klub top seperti Liverpool dan Tottenham. Dia sendiri pensiun pada tahun 2015 di klub asal London, Tottenham Hotspur. 

Brad Friedel juga telah melakukan 10 penyelamatan tendangan penalti di ajang Premier League. Sejak tahun 1992, Friedel sudah memperoleh 82 caps bersama timnas Amerika Serikat. 

Nah, itu dia 5 kiper dengan penyelamatan tendangan penalti terbanyak di ajang Premier League. Nama-nama tersebut memang sudah cukup lama pensiun dari lapangan hijau. Kira-kira, apakah ada kiper saat ini yang mampu menandingi perolehan mereka?

Baca Juga: 5 Pemilik Klub Terkaya di Ajang Premier League Saat Ini, Siapa Saja?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya