5 Klub dengan Pemilik Terkaya di Dunia, Newcastle United Terbaru

Ternyata pemilik Newcastle United teratas!

Sepak bola merupakan salah satu olahraga populer di dunia. Sejauh ini, terdapat beberapa klub sepak bola yang memiliki penggemar dari berbagai penjuru dunia, seperti Manchester United, Chelsea, Real Madrid, AC Milan, Liverpool, hingga Manchester City. 

Biasanya, klub-klub yang populer dimiliki oleh pemilik klub yang kaya. Terkait hal tersebut, terdapat beberapa klub sepak bola dengan pemilik terkaya yang ada di dunia. Kira-kira klub mana saja yang masuk dalam daftar tersebut? Yuk, simak penjelasannya! 

1. Newcastle United (Saudi Arabia Public Investment Fund)

5 Klub dengan Pemilik Terkaya di Dunia, Newcastle United Terbarupotret Mohammed Bin Salman (insidearabia.com)

Baru-baru ini, Newcastle United resmi diakuisisi oleh perusahaan investasi asal Arab Saudi, Public Investment Fund. Perusahaan tersebut dipimpin oleh Deputi Perdana Menteri Arab Saudi, Mohammed Bin Salman. Total kekayaan dari perusahaan tersebut mencapai 320 miliar pound sterling atau setara Rp6,1 kuadriliun. 

Dengan hal tersebut, Newcaslte dinobatkan sebagai klub sepak bola dengan pemilik terkaya di dunia. Perlu diingat, hal tersebut bukan berarti klub itu menjadi klub terkaya di dunia, ya. Pada dasarnya, tidak semua dana yang ada di perusahaan itu disumbangkan untuk mendanai klub Newcastle.

2. Paris Saint-Germain (Qatar Investment Authority)

5 Klub dengan Pemilik Terkaya di Dunia, Newcastle United Terbarupotret Nasser Al-Khelaifi (outlookindia.com)

Tak bisa dipungkiri bahwa Paris Saint-Germain menjelma sebagai klub terkaya Eropa dalam sedekade terakhir. Hal tersebut tak lepas dari peran Qatar Investment Authority yang memberikan dana yang sangat banyak kepada manajemen PSG setiap tahunnya. Perusahaan tersebut mulai mengakuisisi PSG sejak 2011 silam. 

Perusahaan yang dipimpin oleh Nasser Al-Khelaifi itu memiliki kekayaan sebesar 220 miliar pound sterling atau setara Rp4,2 kuadriliun. Sempat menjadi perusahaan terkaya yang memiliki klub sepak bola, rekor tersebut harus kalah dari Public Investment Fund yang baru saja mengakuisisi Newcastle United.

Baca Juga: 5 Fakta dari Mohamed bin Salman, Pemilik Baru Newcastle United

3. City Football Group (Sheikh Mansour)

5 Klub dengan Pemilik Terkaya di Dunia, Newcastle United Terbarupotret Sheikh Mansour (skysports.com)

Kalau kedua nama sebelumnya mewakili sebuah perusahaan atau lembaga, pemilik klub sepak bola terkaya ketiga ini merupakan individual. Dia adalah Sheikh Mansour yang merupakan pemilik City Football Group. Setidaknya sudah ada belasan klub sepak bola yang tergabung dalam City Football Group (CFG), seperti Manchester City, New York City, Melbourne City, Mumbai City, dan masih banyak lagi. 

Total kekayaan yang dimiliki oleh Sheikh Mansour mencapai 21 miliar pound sterling atau setara Rp406 triliun. Dengan hal tersebut, pengusaha asal Uni Emirat Arab itu dinobatkan sebagai individu terkaya yang memiliki klub sepak bola profesional.

4. RB Leipzig dan RB Salzburg (Dietrich Mateschitz)

5 Klub dengan Pemilik Terkaya di Dunia, Newcastle United Terbarupotret Dietrich Mateschitz (mentordrive.ng)

Banyak yang belum tahu bahwa RB Leipzig dan RB Salzburg merupakan klub sepak bola bagaikan kakak-adik. Kedua klub tersebut berada di bawah kepemilikan Dietrich Mateschitz. Dia merupakan pemilik dari perusahaan minuman berenergi, Red Bull. 

Pengusaha asal Austria itu memiliki total kekayaan sebesar 15,7 miliar pound sterling atau setara Rp303 triliun. Dengan hal tersebut, dia merupakan pemilik sepak bola asal Eropa terkaya di dunia sejauh ini.

5. Juventus (Andrea Agnelli)

5 Klub dengan Pemilik Terkaya di Dunia, Newcastle United Terbarupotret Andrea Agnelli (juventus.com)

Ada pula Andrea Agnelli yang memiliki kekayaan mencapai Rp271 triliun. Dia merupakan pemilik klub raksasa Italia, Juventus. Agnelli sendiri saat ini menjabat sebagai Anggota Eksekutif sekaligus Ketua European Club Association. 

Dia juga merupakan board of member dari perusahaan ternama di Eropa seperti Stellantis dan Exor. Lahir dan besar di Italia, pastinya merupakan kebanggaan tersendiri baginya memiliki salah satu klub terbesar di Italia itu.

Itu dia lima klub sepak bola dengan pemilik terkaya di dunia. Saat ini, Newcastle United memasuki era baru setelah akuisisi oleh Mohammed Bin Salman. Menurutmu, apakah Newcastle dapat bersaing dengan empat klub lainnya dalam daftar di atas?

Baca Juga: Pangeran Mohammed bin Salman Tertarik Membeli Newcastle

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya