Comscore Tracker

5 Klub Sepak Bola Paling Inovatif Versi Sports Innovation Lab

Adakah klub favoritmu yang masuk dalam daftar?

Belakangan ini, Sports Innovation Lab merilis daftar klub yang memiliki tingkat inovasi paling tinggi. Sports Innovation Lab merupakan lembaga penelitian khusus tentang olahraga tingkat internasional yang didirikan oleh Angela Ruggiero dan Josh Walker. Untuk penilaian klub tersebut diambil dari data 4 tahun terakhir.

Penilaian ini berdasarkan 3 kriteria utama, yaitu diversifikasi pendapatan, teknologi, dan ketanggapan organisasi. Nantinya, beberapa kriteria tersebut memiliki turunan atau spesifikasi penilaian. Berikut 5 klub sepak bola paling inovatif versi Sports Innovation Lab.

Baca Juga: Gedung Mirip Allianz Arena di Solo Inilah Lokasi Muktamar Muhammadiyah

5. Bayern Munich - Jerman

5 Klub Sepak Bola Paling Inovatif Versi Sports Innovation Labfcbayern.com

Bayern Munich merupakan klub raksasa asal Jerman yang memiliki ratusan ribu pekerja untuk menjalankan bisnis mereka. Dilansir laporan Sports Innovation Lab, klub ini mempunyai investasi cemerlang, yaitu dengan berinvestasi kepada para pemuda dan wanita untuk masuk ke adademi mereka. Allianz Arena yang dikenal dengan stadion klub tersebut juga ternyata merupakan pusat pengembangan bisnis, kerja sama cryptocurrency, dan barang koleksi digital.

Teknologi telekomunikasi klub tersebut juga sudah menggunakan 5G. Klub tersebut juga menjalani kerja sama dengan Amazon yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia. Inovasi lainnya yang sedang dijalankan Bayern Munich ialah pengembangan game bagi para wanita.

4. Barcelona - Spanyol

5 Klub Sepak Bola Paling Inovatif Versi Sports Innovation Labfcbarcelona.com

Harus diakui bahwa Barcelona merupakan salah satu klub sepak bola terbesar di dunia. Dilansir laporan Sports Innovation Lab, Barcelona sukses mengembangkan bisnisnya di luar tim utama, seperti tim sepak bola wanita dan akademi. Barcelona juga memiliki lebih dari 1.000 fans club yang ada di seluruh penjuru dunia.

Ada pula sebuah game hasil kerja sama dengan Barcelona yang mempunyai ikon Messi, yaitu Japan’s Konami Digital eFootball. Ada juga proyek baru Barcelona yang bernama Espai Barça untuk membuat Camp Nou menjadi lebih modern.

3. Arsenal - Inggris

5 Klub Sepak Bola Paling Inovatif Versi Sports Innovation Labfootball365.com

Seperti yang kita ketahui bahwa Arsenal merupakan bagian dari Kroenke Sports & Entertainment (KSE). KSE juga memiliki berbagai klub olahraga lainnya, seperti LA Rams,
Denver Nuggets, The Colorado Avalanche, dan The Colorado Mammoth. Dalam hal lainnya, Arsenal juga bagus dalam penerapan marketing, keuangan, dan teknologi.

Ada juga Blackbird dan AWS yang mampu mengembangkan teknologi gaming dan perjudian yang ada di sana. Belum lagi akademi Arsenal yang dapat dikatakan sebagai salah satu yang terbaik dalam 2 dekade terakhir.

2. Real Madrid - Spanyol

5 Klub Sepak Bola Paling Inovatif Versi Sports Innovation Labespn.com

Real Madrid merupakan salah satu klub raksasa Eropa yang bermarkas di Spanyol. Dalam laporan Sports Lab Innovation, Madrid mampu memanfaatkan teknologi dan merchandise sebagai salah satu pendapatan utama mereka. Ada pula kerja sama dengan beberapa perusahaan olahraga dan gaming ternama, seperti Santander esports dan Twitch. 

Real Madrid juga memiliki teknologi produksi video streaming sendiri. Belum lagi akademi dan tim wanita yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Stadion kebanggaan mereka, Santiago Bernabeu, juga memiliki fasilitas teknologi yang lengkap dan dilengkapi kebun serta plaza.

1. Manchester City - Inggris

5 Klub Sepak Bola Paling Inovatif Versi Sports Innovation Labvavel.com

Klub paling inovatif versi Sports Innovation Lab ialah Manchester CIty. Dengan berbagai kerja sama dan akusisi yang sedang gencar, Manchester City yang dinaungi CIty Football Club merupakan salah satu bisnis yang paling menjanjikan. Manchester CIty merupakan klub pertama yang mempunyai channel YouTube untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Belum lagi layanan streaming yang ada di YouTube pada saat sebelum mereka bertanding. Mereka juga memiliki akademi yang jauh lebih baik dalam 1 dekade terakhir. Jika berbicara mengenai teknologi, tak usah diragukan lagi karena mereka merupakan salah satu yang terbaik.

 

Nah, itu dia 5 klub sepak bola paling inovatif di dunia. Sebenarnya, Sports Innovation Lab merilis 25 klub yang diurutkan berdasarkan peringkat. Dalam daftar 25 klub tersebut, ada beberapa klub besar lainnya yang masuk namun tak masuk 5 besar, yaitu Manchester United, Paris Saint-Germain, Juventus, Liverpool, dan AS Roma.

Baca Juga: 11 Klub yang Termasuk ke Dalam City Football Group, Klub Apa Saja?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya