Comscore Tracker

5 Legenda yang Tak Pernah Diganjar Kartu Merah Sepanjang Karier

Sederet legenda, mulai Philipp Lahm hingga Andres Iniesta

Di dalam dunia sepak bola, terdapat istilah kartu kuning dan kartu merah. Kartu kuning sendiri diberikan kepada pemain yang biasanya melakukan pelanggaran yang keras, memiliki sikap yang tak sopan di lapangan, hingga melakukan kontroversi saat bermain.

Ada pula kartu merah yang diberikan kepada pemain yang mendapatkan kartu kuning kedua dalam satu pertandingan atau pemain yang aksinya terlalu agresif serta membahayakan pemain lawan.

Hampir di setiap pekan terdapat banyak kartu merah yang diberikan oleh wasit-wasit di liga-liga top Eropa. Menariknya, terdapat beberapa legenda sepak bola yang tak pernah diganjar kartu merah selama kariernya, lho.

Kira-kira siapa saja mereka? Yuk, langsung simak ulasannya berikut ini! 

1. Philipp Lahm 

5 Legenda yang Tak Pernah Diganjar Kartu Merah Sepanjang Karierpotret Philipp Lahm bersama Bayern Munich (dailypost.ng)

Fans Bayern Munich pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Philipp Lahm. Dia membela klub Bayern Munich sejak tahun 1998 hingga masa pensiunnya di tahun 2017. Menariknya, selama hampir 2 dekade membela Bayern Munich, Lahm tak pernah mendapatkan kartu merah sekalipun. 

Padahal, dia berposisi sebagai bek sayap kanan yang cukup rentan melanggar pemain lawan. Selama berkarier, Lahm hanya mendapatkan 60 kartu kuning dari 765 laga yang telah dilakoninya dari semua kompetisi. 

2. Raul 

5 Legenda yang Tak Pernah Diganjar Kartu Merah Sepanjang Karierpotret Raul bersama Real Madrid (90min.com)

Raul merupakan pemain asal Spanyol yang banyak menghabiskan waktunya untuk membela Real Madrid. Lulusan akademi asli Real Madrid itu mulai membela tim senior pada tahun 1994 hingga 2010. Setelah Selepas era Real Madrid, Raul berkelana keliling dunia dengan membela beberapa klub seperti FC Schalke 04, Al-Sadd SC, dan New York Cosmos. 

Raul sendiri sudah menjalani laga sebanyak 1019 kali selama berkarier sebagai pemain sepak bola profesional. Menariknya, tak ada satupun kartu merah yang diraihnya meski tercatat telah diganjar kartu kuning oleh wasit sebanyak 49 kali di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 5 Legenda Sepak Bola yang Tidak Pernah Bermain di Kompetisi Eropa

3. Hernan Crespo

5 Legenda yang Tak Pernah Diganjar Kartu Merah Sepanjang Karierpotret Hernan Crespo bersama Lazio (sportskeeda.com)

Hernán Crespo merupakan salah satu pemain Argentina tersukses di ajang Eropa. Dia pernah membela beberapa klub ternama, seperti Lazio, Inter Milan, Chelsea, hingga AC Milan. Dia memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 2012 lalu. 

Selama karier sepak bolanya, sudah ada 604 laga yang dijalaninya di berbagai klub. Dari ratusan laga itu tak sekalipun Crespo pernah mendapatkan kartu merah. Tercatat Crespo hanya meraih 23 kartu kuning sepanjang karier.

4. Michel Platini

5 Legenda yang Tak Pernah Diganjar Kartu Merah Sepanjang Karierpotret Michel Platini bersama Juventus (beyondthelastman.com)

Michel Platini merupakan salah satu legenda Juventus. Pemain asal Prancis itu bermain untuk Nyonya Tua sejak tahun 1982 hingga 1987. Bersama Juventus, Platini sudah mempersembahkan dua gelar trofi Serie A dan 1 trofi Liga Champions. 

Dari 389 laga yang dijalaninya, tak ada satupun kartu merah yang pernah diberikan kepadanya. Bahkan, ia hanya mengoleksi 9 kartu kuning saja sepanjang kariernya sebagai pemain sepak bola profesional. Sosok Platini memang dikenal sangat disiplin saat bermain di eranya.

5. Andres Iniesta

5 Legenda yang Tak Pernah Diganjar Kartu Merah Sepanjang Karierpotret Andres Iniesta bersama Barcelona (skysports.com)

Dari sekian nama dalam daftar ini, hanya ada Andres Iniesta yang hingga kini masih aktif bermain. Iniesta merupakan legenda Barcelona yang membela klub tersebut sejak 1996 hingga 2018 silam. Hampir semua gelar telah sukses dipersembahkan oleh Iniesta untuk tim yang ia bela, baik itu di level klub maupun timnas. 

Iniesta sendiri memang dikenal sebagai salah satu pemain yang sangat disiplin sekaligus jarang menuai kontroversi di lapangan. Tak heran jika tak ada kartu merah yang pernah diberikan oleh wasit di sepanjang karier Iniesta. Namun, karena Iniesta masih akti bermain hingga saat ini, siapa tahu ia ingin menutup kariernya dengan "oleh-oleh" sebuah kartu merah?

Nah, itu dia 5 legenda sepak bola yang tak pernah diganjar kartu merah selama masih aktif bermain. Di antara sederet nama pemain yang sangat menjunjung fair play di atas, pemain mana yang menjadi favorit kamu?

Baca Juga: 5 Legenda Sepak Bola Ini Mengakui Kehebatan Kevin De Bruyne

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya