5 Momen Unik Pelatih yang Dikeluarkan oleh Wasit dari Lapangan

5 pelatih ini dianggap membuat pelanggaran keras oleh wasit

Pelatih merupakan orang yang paling bertanggung jawab atas keberhasilan suatu klub di lapangan. Pelatih mempunyai peran penting untuk memberikan instruksi dari pinggir lapangan dan mengatur strategi pergantian pemain.

Namun, apa jadinya jika pelatih tersebut dikeluarkan dari lapangan oleh wasit. Sejarah mencatat ada beberapa momen unik ketika wasit mengeluarkan beberapa pelatih top dari lapangan. Berikut 5 momen unik pelatih yang dikeluarkan oleh wasit dari lapangan.

Baca Juga: 5 Pemain Atletico Madrid yang Paling Sering Dimainkan Diego Simeone

1. Diego Simeone- Atletico Madrid (2016)

5 Momen Unik Pelatih yang Dikeluarkan oleh Wasit dari Lapanganen.as.com

Dalam pertandingan antara Atletico Madrid melawan Malaga pada tahun 2016, hal yang cukup kontroversial dilakukan oleh Diego Simeone. Pada saat perpanjangan waktu babak pertama, Malaga berhasil melakukan counter attack dengan cepat. Sayangnya, terdapat bola yang tampak dengan sengaja dilemparkan ke pemain Malaga yang sedang melakukan counter attack.

Dari rekaman langsung, bola tersebut berasal dari anak gawang. Anak gawang tersebut mengakui disuruh oleh pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone. Setelah itu, wasit langsung mengusir Simeone ke luar lapangan.

2. Jose Mourinho - Manchester United (2016)

5 Momen Unik Pelatih yang Dikeluarkan oleh Wasit dari Lapanganilluminaija.com

Jose Mourinho memang penuh kontroversi, baik di dalam maupun luar lapangan. Kejadian diusirnya Mou terjadi pada akhir tahun 2016. Saat Manchester United melawan West Ham United, Mourinho secara emosional menendang botol minuman yang ada di garis lapangan. Melihat peristiwa itu, wasit meminta Mourinho untuk keluar dari lapangan.

Hal tersebut bukan merupakan yang pertama kali bagi Mourinho. Satu bulan sebelumnya saat Manchester United melawan Burnley, Mourinho juga diminta untuk keluar lapangan karena mengatakan perkataan tak senonoh sebagai aksi protesnya terhadap keputusan wasit.

3. Dean Smith - Aston Villa (2021)

5 Momen Unik Pelatih yang Dikeluarkan oleh Wasit dari Lapangantheathletic.com

Nama Dean Smith mungkin kurang populer di kalangan para penggemar sepak bola. Namun, pada musim ini, namanya mulai dikenal karena performa baik klubnya sejauh ini, yaitu Aston Villa. Aston Villa sendiri merupakan klub yang hampir saja terdegradasi dari Premier League musim lalu.

Pada 21 Januari 2021 lalu, Dean Smith mendapatkan kartu merah dari wasit Jon Moss akibat perkataan menghinanya seusai klubnya kebobolan oleh Bernardo Silva pada menit ke-79. Dean Smith merupakan manajer pertama yang diusir oleh wasit di Premier League musim ini.

4. Arsene Wenger - Arsenal (2009)

5 Momen Unik Pelatih yang Dikeluarkan oleh Wasit dari Lapangan90min.com

Pada akhir Agustus 2009, Arsenal bertandang ke markas Manchester United, Old Trafford. Pelatih Arsenal saat itu, Arsene Wenger, kehilangan kesabarannya akibat wasit Mike Dean menolak memberikan waktu tambahan yang lebih lama lagi akibat William Gallas berada pada posisi offside.

Sebagai bentuk kekecewaannya, Wenger menendang botol plastik yang berisi air. Hal tersebut dilihat oleh wasit dan Wenger diminta untuk berada di luar lapangan. Wenger sempat berada di kerumunan fans Manchester United dan menjadi bahan olokan di sana.

5. Antonio Conte - Chelsea (2017)

5 Momen Unik Pelatih yang Dikeluarkan oleh Wasit dari Lapanganindependent.ie

Pada November 2017, Chelsea menjamu Swansea City dalam lanjutan Premier League. Pelatih Chelsea saat itu, Antonio Conte, melakukan protes kerasnya akibat wasit memberikan tendangan bebas bagi Swansea. Dia langsung berteriak di depan muka wasit keempat, Lee Mason.

Wasit utama pada pertandingan itu, Neil Swarbick, langsung memberikan peringatan keras dengan memintanya keluar dari lapangan. Meskipun begitu, pertandingan tersebut dimenangkan oleh Chelsea dengan skor 1-0.

 

Nah, itu dia 5 momen pelatih yang dikeluarkan dari lapangan sepak bola akibat beberapa faktor tertentu. Momen ini pastinya merupakan momen yang jarang terjadi di dunia sepak bola. Memang, dalam membuat keputusan, wasit dapat memberikan kartu merah atau meminta pelatih untuk keluar lapangan atau hanya duduk dari bangku penonton saja.

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Antonio Conte Selama Menakhodai Inter Milan

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya