Comscore Tracker

5 Pelatih Tim Besar yang Berasal dari Jerman, Siapa Terbaik? 

Termasuk ada Thomas Tuchel dan Jurgen Klopp di dalamnya

Dalam dunia sepak bola, Jerman merupakan salah satu negara yang disegani oleh negara-negara lainnya. Selain memiliki tim nasional yang kuat, terdapat beberapa klub yang berhasil tampil impresif di ajang Eropa setiap musimnya. Sebut saja seperti Bayern Munich, Borussia Dortmund, RB Leipzig yang menjadi ancaman tersendiri bagi klub-klub top Eropa lainnya. 

Tak hanya itu, belakangan Jerman diketahui memiliki beberapa pelatih dengan kualitas mumpuni. Beberapa di antara mereka berhasil menangani klub raksasa Eropa saat ini.

Kira-kira siapa saja mereka? Yuk, simak ulasannya berikut ini! 

1. Julian Nagelsmann - Bayern Munich

5 Pelatih Tim Besar yang Berasal dari Jerman, Siapa Terbaik? potret Julian Nagelsmann bersama Bayern Munich (bundesliga.com)

Julian Nagelsmann merupakan pelatih Bayern Munich yang ditunjuk sejak 1 Juli 2021. Dia ditunjuk untuk menggantikan Hansi Flick yang hengkang untuk menangani timnas Jerman. Sejauh ini, Nagelsmann berhasil mempertahankan dominasi Bayern Munich di Bundesliga dan Liga Champions. 

Tingkat kemenangan Nagelsmann juga merupakan yang tertinggi dari pelatih-pelatih Bundesliga lainnya saat ini. Pelatih yang baru berusia 34 tahun itu diyakini dapat menjadi ancaman tersendiri bagi klub-klub raksasa Eropa lainnya dalam meraih trofi Liga Champions walau baru melatih Bayern Munich beberapa bulan saja. 

2. Thomas Tuchel - Chelsea

5 Pelatih Tim Besar yang Berasal dari Jerman, Siapa Terbaik? potret Thomas Tuchel (aa.com.tr)

Fans Chelsea pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Thomas Tuchel. Belum genap setahun melatih, dia sudah berhasil membawa Chelsea menjuarai Liga Champions musim lalu. Sejauh ini, Tuchel juga berhasil membawa Chelsea menuju puncak klasemen sementara Premier League. 

Chelsea juga masih bermain di dua ajang domestik lainnya seperti Carabao Cup dan Piala FA musim ini. Pelatih berusia 48 tahun itu memang memiliki pengalaman yang mumpuni dalam membuat skuadnya memiliki mental juara mengingat dia pernah melatih Paris Saint-Germain dan Borussia Dortmund beberapa tahun lalu. 

Baca Juga: 5 Pelatih dengan Akumulasi Poin Tertinggi di Liga pada Abad 21

3. Marco Rose - Borussia Dortmund

5 Pelatih Tim Besar yang Berasal dari Jerman, Siapa Terbaik? potret Marco Rose bersama Borussia Dortmund (bulinews.com)

Marco Rose merupakan pelatih baru dari Borussia Dortmund per Juli 2021. Sebelumnya, dia merupakan pelatih Borussia Mönchengladbach selama dua tahun belakangan. Walau berstatus sebagai pelatih baru, Marco Rose mampu menyaingi Nagelsmann yang melatih Bayern Munich di papan atas klasemen sementara Bundesliga. 

Tingkat kemenangan Marco Rose bersama Borussia Dortmund juga tak terlalu jauh dari Nageslmann. Di Liga Champions, Dortmund juga masih memiliki peluang lolos yang besar ke babak 16 besar walau sempat dikalahkan Ajax di laga ketiga beberapa waktu yang lalu. 

4. Jurgen Klopp - Liverpool

5 Pelatih Tim Besar yang Berasal dari Jerman, Siapa Terbaik? potret Jurgen Klopp bersama Liverpool (liverpoolfc.com)

Harus diakui bahwa Jurgen Klopp merupakan salah satu pelatih terbaik di Premier League musim ini. Terbaru, pelatih Liverpool itu baru saja membantai Manchester United di Old Traffrod dengan skor 0-5. Selama masa kerjanya di Anfield, Klopp juga telah berhasil menyumbangkan trofi Liga Champions dan Premier League untuk Liverpool. 

Klopp sendiri pernah membela beberapa klub asal Jerman seperti Borussia Dortmund, Mainz 05, dan akademi Frankfurt. Kontraknya di Liverpool sendiri baru akan berakhir pada tahun 2024 nanti. 

5. Hansi Flick - Jerman

5 Pelatih Tim Besar yang Berasal dari Jerman, Siapa Terbaik? potret Hansi Flick (theathletic.com)

Dalam daftar ini, Hansi Flick merupakan satu-satunya pelatih yang menangani tim nasional. Dia sendiri baru ditunjuk menangani Jerman setelah berakhirnya Piala Eropa 2020 untuk menggantikan Joachim Low. Flick sendiri cukup meyakinkan saat menangani Jerman di awal-awal masa kepelatihannya. 

Bagaimana tidak, Jerman selalu menang dari 5 laga kualifikasi Piala Dunia 2022 wilayah Eropa. Kala itu, Jerman berhasil mengalahkan timnas Rumania, Makedonia Utara, Islandia, Armenia, dan Liechtenstein. 

Nah, itu dia 5 pelatih berkebangsaan Jerman yang saat ini melatih tim besar. Mereka merupakan pelatih yang dikenal sangat berprestasi dan cermat dalam menangani sebuah tim. Adakah pelatih favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 8 Pelatih yang Juara Liga sebagai Pemain dan Pelatih di Klub yang Sama

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya