Comscore Tracker

5 Pelatih Top yang Dulunya Pemain Belakang, Kini Bermain Menyerang!

Termasuk David Moyes dan Jurgen Klopp, lho

Kebanyakan pelatih sepak bola top memiliki pengalaman sebagai seorang pemain. Mulai dari posisi striker hingga kiper, nyatanya beberapa pelatip top saat ini mampu menampilkan permainan yang bertolak belakang dengan karakteristik mereka saat masih bermain dahulu.

Contohnya seperti sederet pelatih top mantan pemain belakang ini yang sukses menerapkan skema sepak bola menyerang bagi setiap tim yang mereka tangani. Meski begitu, mereka juga masih kerap mengorbitkan beberapa nama pemain belakang jempolan, lho!

Berikut ini lima pelatih sepak bola top yang dulunya merupakan pemain belakang. 

1. Mauricio Pochettino (Paris Saint-Germain)

5 Pelatih Top yang Dulunya Pemain Belakang, Kini Bermain Menyerang!potret Mauricio Pochettino (mundoalbiceleste.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Mauricio Pochettino merupakan salah satu bek tengah tangguh yang populer di era 2000-an. Dia juga sempat menjadi pemain belakang andalan timnas Argentina yang sudah mencatatkan caps sebanyak 20 kali. Lulusan akademi Atletico Newell's itu memutuskan pensiun sebagai pemain pada tahun 2006 kala memperkuat Espanyol. 

Saat ini, Pochettino merupakan pelatih klub raksasa Prancis, Paris Saint-Germain; jabatan yang telah ia emban sejak Januari 2021 silam. Pelatih berusia 49 tahun ini mulai populer kala menangani Tottenham Hotspur sepanjang tahun 2014 hingga 2019. 

2. Jurgen Klopp (Liverpool)

5 Pelatih Top yang Dulunya Pemain Belakang, Kini Bermain Menyerang!potret Jurgen Klopp bersama Liverpool (caribbean.loopnews.com)

Fans Liverpool pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Jürgen Klopp. Pelatih asal Jerman itu sukses membawa Liverpool meraih trofi Premier League dan Liga Champions dalam beberapa tahun terakhir.

Populer dengan gaya sepak bola menyerang yang atraktif kala menjadi pelatih, siapa sangka Jurgen Klopp berposisi sebagai bek saat masih aktif bermain. Berposisi sebagai bek sayap kanan, beberapa klub yang pernah dibelanya ialah RW Frankfurt, 1.FSV Mainz 05, hingga Viktoria Sindlingen. Kloop memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada tahun 2001 untuk segera memulai karier sebagai pelatih sejak saat itu. Namanya sendiri naik daun sebagai pelatih ketika masih menangani Borussia Dortmund pada tahun 2008 hingga 2015. 

Baca Juga: 5 Legenda Sepak Bola yang Saat Ini Menjadi Asisten Pelatih

3. Vincent Kompany (RSC Anderlecht)

5 Pelatih Top yang Dulunya Pemain Belakang, Kini Bermain Menyerang!potret Vincent Kompany (90min.com)

Fans Manchester City pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Vincent Kompany. Kompany telah ditunjuk menjadi juru taktik RSC Anderlecht sejak Agustus 2020 lalu. Performa timnya musim lalu dapat dikatakan memuaskan walaupun harus gugur di ajang kualifikasi Liga Champions musim ini. 

Kompany sebenarnya kesulitan untuk membawa RSC Anderlecht menuju ke papan atas Liga Belgia, Jupiter Pro League. Walau begitu, banyak yang percaya bahwa legenda Manchester City ini mampu menuju puncak klasemen di akhir musim mengingat masih banyak laga yang tersisa untuk dilakoni. 

4. David Moyes (West Ham United)

5 Pelatih Top yang Dulunya Pemain Belakang, Kini Bermain Menyerang!potret David Moyes bersama West Ham (westhamworld.co.uk)

David Moyes merupakan sosok pelatih yang kembali naik daun dalam dua tahun belakangan. Bagaimana tidak, Moyes berhasil membawa West Ham bermain di kompetisi Liga Europa musim ini. Tak hanya itu, Moyes juga mampu membawa West Ham berada di top 3 klasemen sementara Premier League. 

Mantan pelatih Manchester United itu merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah pada taun 1980 hingga 1998. Beberapa klub yang pernah dibela Moyes adalah Celtic, Bristol City, hingga Preston. 

5. Steve Bruce (Bebas Transfer)

5 Pelatih Top yang Dulunya Pemain Belakang, Kini Bermain Menyerang!potret Steve Bruce (en.africatopsports.com)

Nama Steve Bruce memang baru saja didepak dari kursi kepelatihan Newcastle United. Hal tersebut tak lepas dari akuisisi Newcastle oleh negara Arab Saudi serta rentetan penampilan buruk klub yang tidak memuaskan musim ini. Walau begitu, harus diakui bahwa Bruce merupakan salah satu pelatih top asal Inggris yang kerap menunjukkan sepak bola atraktif. 

Bruce merupakan salah satu legenda Manchester United dan pemegang rekor bek tengah dengan gol terbanyak dalam sejarah Liga Inggris. Sejumlah klub yang pernah ditangani oleh Steve Bruce antara lain, Aston Villa, Sheffield Wednesday, Hull City, hingga Birmingham City. 

Itu dia 5 pelatih sepak bola top yang ternyata berposisi sebagai pemain belakang saat menjadi pemain. Tak heran jika beberapa diantara mereka berhasil mengorbitkan beberapa pemain belakang top saat menjadi pelatih. Adakah pelatih favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pelatih Sepak Bola dengan Bayaran Termahal pada Musim 2021/2022

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya