5 Pemain Top Belgia yang Absen di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Belgia dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar

Kemenangan Belgia atas Estonia dengan skor 3-1 membuat negara tersebut dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. Belgia masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Wales pada 16 November 2021 nanti. Walaupun dipastikan lolos, ternyata Belgia tak diperkuat oleh beberapa pemain top mereka pada jeda internasional kali ini. 

Terdapat beberapa alasan mengapa Roberto Martinez tak membawa beberapa pemain topnya di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Berikut lima pemain top Belgia yang absen di Kualifikasi Piala Dunia 2022 edisi November 2021: 

1. Toby Alderweireld (Al-Duhail SC)

5 Pemain Top Belgia yang Absen di Kualifikasi Piala Dunia 2022Toby Alderweireld bersama timnas Belgia. (thefaithfulmufc.com)

Semenjak meninggalkan Tottenham Hotspur secara permanen pada Juli 2021, posisi Toby Alderweireld di timnas Belgia mulai terancam. Saat ini, bek tengah berusia 32 tahun itu bermain untuk klub Qatar, Al-Duhail SC. Sayangnya, penampilan gemilangnya di klub tersebut belum bisa meyakinkan Roberto Martinez untuk menggunakan jasanya kembali. 

Sempat dipanggil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 edisi Oktober 2021, namanya tak masuk dalam skuad Belgia November ini. Posisi bek tengah Belgia saat ini diisi Dedryck Boyata dan Jan Vertonghen.

2. Youri Tielemans (Leicester City)

5 Pemain Top Belgia yang Absen di Kualifikasi Piala Dunia 2022Youri Tielemans bersama timnas Belgia. (skysports.com)

Pekan lalu, Youri Tielemans mengalami cedera ankle saat bermain di Premier League. Dia harus absen selama 2—3 minggu ke depan. Alhasil, Tielemans harus absen di Kualifikasi Piala Dunia 2022 November ini. 

Roberto Martinez sendiri tampaknya tak terlalu risau dengan absennya Tielemans. Pasalnya, di dalam skuad Belgia masih ada Kevin De Bruyne yang berhasil tampil impresif pada laga melawan Estonia.

Baca Juga: Belgia Rebut Satu Tiket ke Piala Dunia 2022

3. Marouane Fellaini (SD Taishan)

5 Pemain Top Belgia yang Absen di Kualifikasi Piala Dunia 2022Marouane Fellaini bersama timnas Belgia. (en.as.com)

Nama Marouane Fellaini memang jarang terdengar lagi di skuad Belgia sejak kepindahannya ke SD Taishan pada 2019 lalu. Sebelumnya, dia merupakan pemain Manchester United pada 2013—2019. Penampilan impresifnya bersama Manchester United membuat dirinya menjadi salah satu pemain tengah andalan Belgia kala itu. 

Pemain berusia 33 tahun itu sudah memberikan penampilan sebanyak 87 kali bagi timnas Belgia. Sayangnya, sejak satu tahun terakhir, namanya selalu absen di skuad Belgia, termasuk di Kualifikasi Piala Dunia 2022 November ini.

4. Romelu Lukaku (Chelsea)

5 Pemain Top Belgia yang Absen di Kualifikasi Piala Dunia 2022Romelu Lukaku bersama timnas Belgia. (skysports.com)

Pada jeda internasional November kali ini, Roberto Martinez harus kehilangan salah satu penyerang terbaiknya, Romelu Lukaku. Pasalnya, Lukaku mengalami cedera saat Chelsea menghadapi Malmo FF di Liga Champions. Dia mengalami cedera ankle sehingga membutuhkan pemulihan selama beberapa waktu ke depan. 

Lukaku sendiri merupakan pemain dengan gol terbanyak bagi Belgia sepanjang sejarah. Posisi Lukaku sendiri digantikan Christian Benteke yang berhasil tampil impresif saat melawan Estonia kemarin.

5. Jérémy Doku (Stade Rennais)

5 Pemain Top Belgia yang Absen di Kualifikasi Piala Dunia 2022Jeremy Doku bersama timnas Belgia. (teamtalk.com)

Jérémy Doku merupakan salah satu talenta muda terbaik yang dimiliki Belgia. Sempat dibawa Roberto Martinez di beberapa laga sebelumnya, di Kualifikasi Piala Dunia 2022 namanya malah tak masuk skuad Belgia. Pemain berusia 19 tahun itu mengalami cedera otot pada pertengahan Oktober 2021 lalu. 

Belum diketahui secara pasti hingga kapan pemulihan Jérémy Doku berlangsung. Pemulihan cedera otot pemain Stade Rennais akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kelima pemain top asal Belgia itu memang disebabkan oleh berbagai faktor. Ada yang absen karena masih menjalani masa pemulihan dari cedera. Ada juga yang kalah bersaing dengan beberapa pemain yang satu posisi dengannya.

Baca Juga: 5 Pemain Top Belgia Berdarah Kongo yang Pernah Bermain di Liga Inggris

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya