Comscore Tracker

5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Akademi Fluminense

Mulai dari Thiago Silva hingga Kayky

Bagi kamu penggemar sepak bola Brasil, khususnya Serie A, pastinya kamu tak asing lagi dengan klub Fluminense. Klub tersebsut merupakan salah satu klub unggulan di liga domestik Brasil dalam satu dekade terakhir. Klub yang bermarkas di Maracanã ini merupakan salah satu klub kebanggaan masyarakat Rio de Janeiro. 

Tak banyak yang tahu bahwa Fluminense berhasil mengorbitkan banyak pemain top, lho. Beberapa di antaranya bahkan bermain di klub-klub raksasa Eropa saat ini. Berikut lima pemain top yang ternyata lulusan akademi Fluminense.

1. Thiago Silva

5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Akademi Fluminensepotret Thiago Silva bersama Fluminense (istoe.com.br)

Fans Chelsea dan Paris Saint-Germain pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Thiago Silva. Bek tengah andalan Brasil itu merupakan salah satu bek top di Eropa saat ini. Tak banyak yang tahu bahwa Silva merupakan lulusan akademi Fluminense. 

Sayangnya, dia sendiri sempat dilepas akademi Fluminense secara gratis ke RS Futebol pada 2002. Dua tahun kemudian, dia dibeli Juventude sebelum FC Porto membelinya dengan harga 2,5 juta euro atau setara 41 miliar rupiah. Sejak saat itu, karier Thiago Silva perlahan-lahan bersinar.

2. Marcelo

5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Akademi Fluminensepotret Marcelo bersama Fluminense (playcrazygame.com)

Saat ini, kapten utama Real Madrid dipercayakan kepada Marcelo. Dia sendiri merupakan salah satu pemain terlama yang pernah membela Real Madrid, yaitu sejak 2007. Dia dibeli Real Madrid dari Fluminense dengan harga 6,5 juta euro atau setara 106 miliar rupiah. 

Marcelo hanya butuh waktu setahun agar dilirik Real Madrid setelah diorbitkan dari akademi pada 2006. Pemain yang sudah tampil bersama Brasil sebanyak 58 kali itu diyakini akan kembali ke Fluminense andaikan dia meninggalkan Real Madrid suatu saat nanti.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil Termahal di Liga Champions Saat Ini, Neymar Memimpin!

3. Gerson

5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Akademi Fluminensepotret Gerson bersama Fluminense (sportskeeda.com)

Gerson merupakan rekrutan baru Marseille yang dibeli dari Flamengo dengan harga 25 juta euro atau setara 410 miliar rupiah. Dia pernah membela beberapa klub top Italia seperti AS Roma dan Fiorentina. Sebelum membela AS Roma pada 2016 lalu, dia merupakan pemain Fluminense yang berhasil tampil apik di liga domestik Brasil. 

Lulusan akademi Fluminense itu memang dikenal sebagai pemain tengah yang kreatif dan agresif saat berada di area pertahanan lawan. Tak heran jika baru-baru ini dia dipercaya untuk membela Timnas Brasil.

4. Fabinho

5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Akademi Fluminensepotret Fabinho saat membela Fluminense dan Liverpool (tribuna.com)

Fabinho merupakan salah satu pemain penting di skuad Liverpool saat ini. Bergabung dengan Liverpool pada 2018, Fabinho berhasil menyumbangkan trofi Liga Champions dan Premier League. Dia juga dipercaya sebagai pemain internasional Brasil sejak 2015 lalu dan sudah memberikan penampilan sebanyak 20 kali. 

Fabinho sendiri merupakan lulusan akademi Fluminense selama setahun sebelum dibeli Rio Ave dengan harga 500 ribu euro atau setara 8,2 miliar rupiah. Sejak itu, bakatnya dilirik AS Monaco dan akhirnya berhasil bersinar di kompetisi Eropa.

5. Kayky

5 Pemain Top Ini Ternyata Lulusan Akademi Fluminensepotret Kayky berseragam Fluminense (ge.globo.com)

Nama Kayky memang belum setenar nama-nama sebelumnya. Namun, Kayky merupakan salah satu pemain yang diincar oleh banyak klub top Eropa pada bursa transfer musim panas lalu. Kayky memutuskan untuk bergabung dengan Manchester City walau belum masuk ke skuad utama. 

Kayky merupakan pemain berusia 18 tahun yang diyakini akan menjadi bintang Brasil dalam beberapa tahun mendatang. Kecepatan, dribel, serta penyelesaiannya yang bagus memang menjadi salah satu keunggulan yang membuatnya diminati oleh banyak klub top, termasuk Liverpool dan Shakhtar Donetsk. 

Nah, itu dia lima pemain top yang ternyata merupakan lulusan akademi Fluminense. Kelima pemain tersebut saat ini membela klub-klub top Eropa. Adakah pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Top Brasil yang Berhasil Diorbitkan Shakhtar Donetsk

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya