Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pernah Kalah Bersaing di Penghargaan Golden Boy 

Mulai dari Jadon Sancho hingga Phil Foden

Tuttosport akhirnya merilis peraih penghargaan Golden Boy 2021. Media tersebut mengungkapkan bahwa Pedri merupakan pemenang Golden Boy tahun ini.

Golden Boy sendiri merupakan salah satu penghargaan paling bergengsi bagi pesepak bola berusia di bawah 21 tahun. Pastinya ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap pemain yang meraih penghargaan tersebut. Menariknya, terdapat beberapa pemain top yang ternyata pernah kalah bersaing dalam perebutan penghargaan Golden Boy.

1. Jadon Sacho (2020)

5 Pemain Top yang Pernah Kalah Bersaing di Penghargaan Golden Boy Jadon Sancho kala berseragam Borussia Dortmund. (tribuna.com)

Tahun lalu, Jadon Sacho menjadi salah satu kandidat terkuat peraih Golden Boy 2020. Sancho berhasil mencetak 17 gol dan 17 assist sepanjang 2019/2020. Walau begitu, Sancho  harus bersaing dengan rekan setimnya yang sama-sama tampil gacor di Borussia Dortmund, Erling Haaland.

Golden Boy 2020 sendiri pada akhirnya diraih Erling Haaland asal Norwegia. Musim ini, Sacho resmi membela Manchester United walaupun belum bisa menyumbang satu gol maupun assist sekalipun.

2. Alphonso Davies (2020)

5 Pemain Top yang Pernah Kalah Bersaing di Penghargaan Golden Boy Alphonso Davies, pemain asal Kanada, membela Bayern Munich di Bundesliga. (skysports.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Alphonso Davies merupakan salah satu calon peraih Golden Boy 2020. Dia sendiri berhasil tampil gemilang bersama Bayern Munich sepanjang 2019/2020. Tak heran jika pemain asal Kanada itu menjadi kandidat terkuat dalam meraih penghargaan tersebut.

Davies sendiri berada di posisi ketiga dalam perolehan poin terbanyak di ajang ini, yaitu 226 poin. Dia berada di bawah Erling Haaland dan Ansu Fati yang masing-masing memperoleh 302 poin dan 239 poin.

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib Kamu Tahu tentang Kemenangan Pedri di Golden Boy 2021

3. Gianluigi Donnarumma (2019)

5 Pemain Top yang Pernah Kalah Bersaing di Penghargaan Golden Boy Gianluigi Donnarumma bersama AC Milan di Serie A. (sempreinter.com)

Gianluigi Donnarumma merupakan salah satu kiper muda terbaik saat ini. Kiper asal Italia itu menjadi sosok penting atas keberhasilan negaranya menjuarai Piala Eropa 2020. Donnarumma juga mampu mengangkat performa AC Milan secara keseluruhan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2019, Donnarumma masuk dalam calon peraih Golden Boy 2019. Sayangnya, Donnarumma harus kalah dari bintang muda asal Portugal yang saat ini bermain untuk Atletico Madrid, Joao Felix. Donnarumma sendiri kini telah pindah ke Paris Saint-Germain.

4. Mason Mount (2019)

5 Pemain Top yang Pernah Kalah Bersaing di Penghargaan Golden Boy Mason Mount bermain bersama Chelsea. (thesportsrush.com)

Selain Donnarumma, pemain top lainnya yang kalah dari Joao Felix di ajang Golden Boy 2019 ialah Mason Mount. Kala itu, performa Mount di Chelsea memang tak setajam saat ini. Walau begitu, Mount memang layak masuk ke dalam nominasi tersebut karena dia berhasil mencetak 7 gol dan 6 assist di Premier League.

Sayangnya, Mount tak mampu membawa Chelsea berbicara banyak di Premier League dan Liga Champions kala itu, sehingga performa baiknya tak terlalu menonjol. Walau begitu, Mount berhasil membuktikan bahwa dirinya merupakan salah satu gelandang serang berbahaya dengan membawa Chelsea meraih trofi Liga Champions musim lalu.

5. Phil Foden (2019 dan 2020)

5 Pemain Top yang Pernah Kalah Bersaing di Penghargaan Golden Boy Phil Foden bersama Manchester City. (mancity.com)

Phil Foden merupakan salah satu pemain muda paling berbakat saat ini. Musim lalu, Foden berhasil menjadi pemain vital di skuad Manchester City serta mengantarkan klub tersebut meraih trofi Premier Leauge dan Carabao Cup. Foden juga mampu membawa Manchester City melaju ke final Liga Champions 2020/2021 untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Pada 2020, Foden masuk ke dalam nominasi peraih Golden Boy. Sayangnya, dia gagal mendapatkan penghargaan tersebut karena hanya mampu berada di posisi ketujuh dalam perolehan poin. Setahun sebelumnya, dia juga masuk ke dalam nominasi Golden Boy walau harus kalah dari Joao Felix.

Banyak yang berpendapat kelima pemain di atas layak meraih Golden Boy. Namun, keputusan telah bulat. Mereka tidak jadi peraih Golden Boy. Adakah pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: 6 Pemain Premier League yang Pernah Meraih Penghargaan Golden Boy 

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya