5 Pemain yang Sering Dimainkan Ronald Koeman saat Menjadi Pelatih

Kebanyakan kariernya menurun saat ditinggal Ronald Koeman

Ronald Koeman sempat menjadi perbincangan publik akibat dipecat Barcelona. Pemecatan legenda Barcelona itu tak lepas dari kekalahan saat melawan Rayo Vallecano pada lanjutan La Liga Spanyol. Dengan hal tersebut, Koeman saat ini berstatus sebagai pelatih bebas transfer. 

Dalam sejarahnya, terdapat beberapa pemain yang sering dimainkan Ronald Koeman selama masa kepelatihannya. Dia sendiri pernah melatih beberapa tim ternama seperti tim nasional Belanda, AFC Ajax, Everton, Barcelona, Benfica, hingga PSV Eindhoven. 

Terdapat beberapa pemain yang berhasil diorbitkan Ronald Koeman. Ada pula pemain yang selalu menjadi andalan Koeman di klub yang dilatihnya. Berikut lima pemain yang sering dimainkan Ronald Koeman saat menjadi pelatih. 

1. Graziano Pellè (159 laga)

5 Pemain yang Sering Dimainkan Ronald Koeman saat Menjadi PelatihGraziano Pellè bersama Southampton di Premier League. (90min.com)

Graziano Pellè merupakan pemain asal Italia yang diorbitkan Ronald Koeman di Feyenoord Rotterdam. Pada 2011, Koeman ditunjuk untuk melatih klub tersebut. Koeman meminjam Graziano Pellè saat masih membela Parma pada 2012. 

Musim berikutnya, Graziano Pellè dipermanenkan Koeman. Sayangnya, Koeman meninggalkan Feyenoord lalu bergabung dengan Southampton. Menariknya, transfer pertama yang dilakukan Koeman di klub barunya itu ialah Graziano Pellè. Dengan hal tersebut, Graziano merupakan pemain yang paling sering dimainkan Koeman, yaitu 159 laga. 

Setidaknya sudah ada 87 gol dan 28 assist yang disumbangkan Graziano bagi Koeman. Sayangnya, Graziano juga berstatus bebas transfer sejak bursa transfer musim panas lalu setelah membela Parma selama 5 bulan.

2. Maxwell (134 laga)

5 Pemain yang Sering Dimainkan Ronald Koeman saat Menjadi PelatihMaxwell bersama Ajax. (twitter.com/afcajax)

Ronald Koeman merupakan pelatih yang memboyong Maxwell dari klub Brasil pada 2001 dari Cruzeiro. Bersama Ajax, Maxwell berhasil dipoles dengan baik oleh Koeman. Setidaknya sudah ada 134 laga yang dimainkan Maxwell untuk Koeman.

Selama kariernya, Maxwell sudah menyumbangkan 10 gol dan 18 assist bagi Ronald Koeman. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu meninggalkan Ajax ke Inter Milan tepat satu musim setelah Ronald Koeman dipecat dari klub tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain yang Diuntungkan setelah Ronald Koeman Dipecat dari Barcelona

3. Jordy Clasie (134 laga)

5 Pemain yang Sering Dimainkan Ronald Koeman saat Menjadi PelatihJordy Clasie bersama Southampton di Premier League. (90min.com)

Dapat dikatakan bahwa Jordy Clasie merupakan salah satu anak emas Ronald Koeman dengan penampilan sebanyak 134 laga. Sejak kedatangan Koeman di Feyenoord, Jordy Clasie berhasil mendapatkan tempat di skuad utama. Bahkan, dia berhasil tampil gemilang bersama Feyenoord kala itu. 

Pada 2014, Koeman resmi melatih Southampton. Musim berikutnya, Koeman membeli Jordy Clasie dari Feyenoord dengan harga 15 juta euro atau setara 246 miliar rupiah. Sayangnya, saat Koeman meninggalkan Southampton pada 2016, kariernya menurun drastis.

4. Victor Sikora (119 laga)

5 Pemain yang Sering Dimainkan Ronald Koeman saat Menjadi PelatihVictor Sikora bersama Ajax. (parool.nl)

Victor Sikora merupakan salah satu pemain yang diorbitkan Ronald Koeman saat dia masih melatih Vitesse. Pada 2001, Koeman melatih Ajax. Victor Sikora menjadi salah satu pemain yang diboyong Ajax dari Vitesse dengan harga 4,35 juta euro atau setara 71 miliar rupiah. 

Victor Sikora sudah tampil sebanyak 119 laga bagi Ronald Koeman. Sejak hengkangnya Koeman pada 2004, dia dipinjamkan ke beberapa klub sesama Belanda, seperti SC Heerenveen dan NAC Breda.

5. Tomas Galasek (113 laga)

5 Pemain yang Sering Dimainkan Ronald Koeman saat Menjadi PelatihTomas Galasek bersama Ajax di Eredivisie. (twitter.com/afcajax)

Tomas Galasek merupakan peman asal Republik Ceko yang pernah membela Ajax pada 2000—2006. Selama bersama Ajax, dia menjadi salah satu pemain andalan Ronald Koeman untuk mengisi posisi gelandang bertahan. Setidaknya, sudah ada 113 laga yang dia mainkan untuk Ronald Koeman. 

Sejak hengkangnya Koeman dari Ajax pada 2005, perlahan-lahan kariernya menurun. Bahkan, dia dijual ke 1.FC Nuremberg yang bermain di Bundesliga secara bebas transfer. 

Itu dia lima pemain yang paling sering dimainkan Ronald Koeman. Dapat dikatakan mereka merupakan anak emas Ronald Koeman dalam 2 dekade terakhir. Sayangnya, kebanyakan dari mereka kariernya menurun saat Koeman hengkang dari klubnya.

Baca Juga: Era Baru Barcelona Tanpa Ronald Koeman

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya