Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Top yang Masuk Dalam Dunia Politik

Mulai dari senator hingga presiden!

Pada umumnya, setelah pensiun sebagai pesepak bola, sang pemain akan menempuh karier di bidang yang tak jauh dari dunia sepak bola, di antaranya menjadi pelatih, staff, agen sepak bola, hingga mendirikan akademi. Namun, ada beberapa bekas pesepak bola yang ternyata memilih jalur karier yang tak terduga, yaitu politik.

Memang, jarang sekali pesepak bola yang melanjutkan kariernya di dunia perpolitikan. Berikut 5 pesepak bola top yang masuk dalam dunia politik.

Baca Juga: Gantung Sepatu, 10 Mantan Pesepak Bola Ini Tekuni Olahraga Lain

1. George Weah - Presiden Liberia

5 Pesepak Bola Top yang Masuk Dalam Dunia Politiken.africatopsports.com

Penggemar sepak bola tahun 1990-an pastinya sudah tak asing dengan sosok George Weah. Dia merupakan mantan pesepak bola yang pernah membela beberapa klub besar seperti Manchester City, AC Milan, hingga Paris Saint-Germain. Weah juga telah membela Timnas Liberia sebanyak 62 kali di ajang internasional.

Pada Januari 2018, George Weah terpilih menjadi presiden yang ke-25 di negaranya, Liberia. Dia merupakan presiden yang diusung oleh Partai Congress for Democratic Change. Sebelum menjadi presiden, dia merupakan anggota senat perwakilan dari daerah Montserrado County.

2. Pele - Menteri Olahraga Brasil

5 Pesepak Bola Top yang Masuk Dalam Dunia Politikthephuketnews.com

Pastinya dunia sepak bola tak asing lagi dengan sosok pesepak bola yang bernama Pela. Dia merupakan bintang asal Brasil yang sudah memenangkan 3 gelar Piala Dunia. Dia sendiri merupakan legenda klub Santos yang sudah bermain selama 18 tahun.

Pada tahun 1995 hingga 1998, dia menjabat sebagai Menteri Luar Biasa Olahraga di negaranya, Brasil. Sayangnya, dia tersandung kasus korupsi dana hibah dari UNICEF dilansir The Guardian. Hal ini menimbulkan berbagai kekecewaan dari publik kepada dirinya.

3. Roman Pavlyuchenko - Anggota Dewan Rusia Perwakilan Kota Stavropol

5 Pesepak Bola Top yang Masuk Dalam Dunia Politikonefootball.com

Mantan pemain Tottenham Hotspur, Roman Pavlyuchenko, ternyata merupakan anggota Dewan Rusia Perwakilan Kota Stavropol. Uniknya, dia terpilih pada saat baru saja bergabung dengan Tottenham Hotspur. Dia merupakan calon yang diusung partai dari Vladimir Putin, United Russia, yang berhasil memenangkan pemilihan umum di kota tersebut.

Saat ini, Pavlyuchenko masih aktif bermain sepak bola. Dia membela klub Znamya Noginsk yang bermain di divisi 3 Rusia.

4. Romario - Senator Brasil Perwakilan Rio de Janeiro

5 Pesepak Bola Top yang Masuk Dalam Dunia Politiknewindianexpress.com

Mantan bintang Barcelona dan Valencia, Romario, merupakan juara Piala Dunia 1994 bersama Timnas Brasil. Dia juga pernah membela beberapa klub lainnya seperti Flamengo, Miami FC, hingga Fluminense. 

Saat ini, dia merupakan senator yang mewakii kota Rio de Janeiro. Dia merupakan senator yang diusung oleh Podemos atau Partai Buruh Nasional.

5. Zico - Menteri Olahraga Brasil

5 Pesepak Bola Top yang Masuk Dalam Dunia Politikzeenews.india.com

Satu lagi legenda Brasil lainnya yang pernah menjadi Menteri Olahraga Brasil ialah Zico. Zico sendiri merupakan pesepak bola top yang bersinar di era 1980-an. Beberapa klub yang pernah dibelanya ialah Udinese dan Flamengo.

Pada tahun 1990, Zico ditunjuk sebagai Menteri Olahraga Brasil yang pertama dilansir The Guardian. 6 Tahun kemudian, posisinya harus diambil alih olah legenda sepak bola Brasil lainnya, Pele.

 

Nah, itu dia 5 pesepak bola top yang memasuki dunia politik setelah kariernya sebagai pesepak bola profesional. Memang, performa yang bagus akan mendatangkan rezeki dari berbagai jalan. Kira-kira, apakah ada pemain favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: Mengingat 5 Tragedi Kelam yang Pernah Terjadi dalam Dunia Sepak Bola

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya