5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Dua Negara Berbeda

Dari Jamal Musiala hingga Aymeric Laporte

Hampir semua pesepak bola mendambakan untuk membela negaranya. Apalagi jika negara yang dibelanya berstatus tim besar atau masuk dalam top 10 FIFA.

Menariknya, terdapat beberapa pemain yang ternyata pernah membela dua negara yang berbeda. Beberapa di antaranya membela skuad muda di negara yang berbeda dengan negara yang dibelanya saat ini.

1. Jamal Musiala (Inggris/Jerman)

5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Dua Negara BerbedaJamal Musiala bersama Jerman. (new.in-24.com)

Jamal Musiala dikenal sebagai salah satu talenda muda Jerman. Namun, tak banyak yang tahu bahwa dia pernah membela skuad muda Inggris beberapa tahun lalu. Musiala sendiri memutuskan untuk membela Jerman yang merupakan negara kelahirannya.

Musiala lahir di Stuttgart pada 26 Februari 2003. Belum sempat membela timnas senior Inggris, Musiala sudah membela timnas senior Jerman sebanyak sembilan kali sejak Maret 2021 lalu.

2. Wilfried Zaha (Inggris/Pantai Gading)

5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Dua Negara BerbedaWilfried Zaha bersama Pantai Gading. (lastwordonsports.com)

Ada pula pemain Inggris lainnya yang memutuskan untuk membela negara lain, yaitu Wilfried Zaha. Dia sendiri sudah tampil sebanyak dua kali bersama timnas senior Inggris pada 2012. Sayangnya, beberapa waktu setelahnya, dia tak pernah masuk ke dalam skuad Inggris lagi.

Pada 2016, Zaha memutuskan membela timnas Pantai Gading setelah permohonannya disetujui FIFA. Persaingan lini depan Inggris memang begitu ketat karena terdapat cukup banyak nama top pada setiap eranya.

Baca Juga: 9 Potret Jamal Musiala, Gelandang Berbakat Bayern Munchen

3. Diego Costa (Brasil/Spanyol)

5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Dua Negara BerbedaDiego Costa bersama Spanyol. (marca.com)

Saat banyak pemain Brasil ingin membela negaranya, Diego Costa justru memutuskan memperkuat timnas Spanyol pada 2014. Padahal dia dipercaya membela Brasil sebanyak dua kali pada 2013. Costa sendiri mendapatkan kewarganegaraan Spanyol karena sudah tinggal di negara tersebut selama 7 tahun.

Klub Spanyol yang mendatangkan Diego Costa ialah Atletico Madrid. Mereka membelinya dari klub SC Braga. Sayangnya, pemain berusia 33 tahun itu sudah tak memperkuat Spanyol dalam beberapa tahun terakhir.

4. Jack Grealish (Republik Irlandia/Inggris)

5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Dua Negara BerbedaJack Grealish bersama Inggris. (skysports.com)

Ada pula nama Jack Grealish yang memutuskan untuk pindah kewarganegaraan dari Republik Irlandia ke Inggris. Walau belum pernah membela timnas senior Republik Irlandia, dia sempat membela skuad muda Irlandia U-21 dan U-18.

Pada 2016, Grealish resmi membela timnas Inggris. Dia lebih memilih Inggris karena lahir dan besar di Birmingham, Inggris. Belum lagi dia menghabiskan kariernya di klub top Inggris seperti Aston Villa dan Manchester City.

5. Aymeric Laporte (Prancis/Spanyol)

5 Pesepak Bola yang Pernah Membela Dua Negara BerbedaAymeric Laporte bersama Spanyol. (sportsmax.tv)

Menjelang Piala Eropa 2020, Aymeric Laporte memutuskan untuk membela timnas Spanyol. Sebelumnya, dia merasa tidak diacuhkan Didier Deschamps dengan tak pernah memanggilnya di skuad Prancis. Walau begitu, Laporte sebenarnya pernah membela Prancis U-21 dan U-19.

Bersama timnas Spanyol, Laporte sukses membawa negaranya melaju ke semifial Piala Eropa 2020 dan final UEFA Nations League. Sudah ada 14 penampilan yang diraihnya bersama Spanyol. Baru-baru ini dia mengantarkan negaranya ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Terdapat banyak alasan mengapa mereka memutuskan untuk pindah. Terlepas dari hal tersebut, kebanyakan dari mereka semua berhasil tampil impresif selama membela negaranya.

Baca Juga: 10 Potret Aymeric Laporte, Bek Manchester City yang Gagah Menawan

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya