Comscore Tracker

Mengingat 5 Tragedi Kelam yang Pernah Terjadi dalam Dunia Sepak Bola

Mulai dari jatuhnya pesawat pemain hingga kebakaran stadion

Sepak bola merupakan salah satu olahraga terfavorit di dunia. Olahraga ini memiliki banyak sekali penggemar dan dimainkan di hampir seluruh penjuru dunia. Eropa dan Amerika Latin menjadi kawasan yang kerap menciptakan klub dan pemain yang sangat cemerlang dan memiliki euforia penonton yang sangat tinggi.

Namun, di balik euforia sepak bola yang saat ini masih tinggi, ternyata ada beberapa tragedi kelam yang pernah terjadi dalam dunia sepak bola. Berikut 5 tragedi kelam yang pernah terjadi dalam dunia sepak bola yang wajib kamu ketahui.

Baca Juga: Sepekan Tragedi SJY 182, Ini 6 Fakta Terkait Jatuhnya Sriwijaya Air

1. Peristiwa Munich Air - Manchester United (1958)

Mengingat 5 Tragedi Kelam yang Pernah Terjadi dalam Dunia Sepak Bolachroniclelive.co.uk

Bagi para penggemar Manchester United, pastinya pernah mendengar peristiwa Munich Air. Sekitar 62 tahun yang lalu, Manchester United bertandang ke markas Red Star Belgrade dalam ajang Piala Eropa. Mereka berhasil mengalahkan tuan rumah dan memastikan lolos ke semifinal.

Sayangnya, ketika transit di Munich, pesawat British European Flight 609 jatuh pada percobaan ketiga untuk take off di sekitar Bandara Munich-Riem. Alhasil, 23 orang dinyatakan meninggal termasuk 8 pemain utama di skuad Manchester United. Tragedi ini menjadi peristiwa yang akan selalu dikenang oleh para fans Manchester United setiap tahunnya.

2. Peristiwa Timnas Zambia (1993)

Mengingat 5 Tragedi Kelam yang Pernah Terjadi dalam Dunia Sepak Bolafifa.com

Pada tahun 1993, Timnas Zambia harus bertandang ke Dakar untuk menghadapi tuan rumah Senegal dalam kualifikasi Piala Dunia. Sayangnya, saat akan menuju ke sana, pesawat militer yang membawa seluruh pamain, staf, dan kru lainnya mengalami kecelakaan saat akan melintasi Samudra Atlantik.

Pada saat itu, pesawat tersebut baru saja take off dari kota Libreville, Gabon. Semua penumpang di pesawat tersebut dinyatakan tewas, termasuk 18 pemain yang dibawa.

3. Peristiwa Stadion Heysel (1985)

Mengingat 5 Tragedi Kelam yang Pernah Terjadi dalam Dunia Sepak Bolabbc.co.uk

Dalam pertandingan final Piala Eropa, Liverpool dan Juventus bertarung di Stadion Heysel yang terletak di Brussels, Belgia. Sesaat sebelum pertandingan berlangsung, kedua suporter terlibat dalam kericuhan yang tak dapat terhindarkan. 

Dilansir BBC, para fans Liverpool berusaha melewati dinding pembatas yang memisahkan kedua kelompok suporter yang mengakibatkan dinding tersebut runtuh. Alhasil, 39 orang tewas akibat insiden tersebut. Dengan peristiwa tersebut, seluruh klub asal Inggris dilarang tampil dari kompetisi Eropa selama 5 tahun.

4. Peristiwa Stadion Hillsborough (1989)

Mengingat 5 Tragedi Kelam yang Pernah Terjadi dalam Dunia Sepak Bolafootball.fandom.com

Peristiwa ini terjadi dalam pertandingan semifinal Piala FA pada tahun 1989 yang melibatkan kedua klub besar pada saat itu, Liverpool dan Nottingham Forest. Pertandingan dilakukan di markas Nottingham Forest, Stadion Hillsborough. Seluruh tiket yang berjumlah 53.000 tiket terjual habis oleh kedua fans.

30 menit menjelang pertandingan, penoton yang baru masuk stadion masih sangat sedikit akibat kesalahan dalam mengatur protokol keamanan di sana. Alhasil, penonton yang masih berkerumunan dan berjumlah ribuan harus masuk stadion dalam waktu kurang dari 30 menit.

Hal ini membuat kedua belah suporter yang berjumlah ribuan memaksa untuk masuk ke stadion menjelang kick off pertandingan. Banyak sekali suporter yang terinjak-injak dan terluka. Peristiwa ini telah menewaskan 93 orang.

5. Peristiwa Kebakaran Bradford City (1985)

Mengingat 5 Tragedi Kelam yang Pernah Terjadi dalam Dunia Sepak Bolaife.org.uk

Pertandingan Bradford City melawan Lincoln City akan menjadi salah satu peristiwa yang tak terlupakan bagi penggemar sepak bola di Inggris. Beberapa menit sebelum pertandingan berakhir, terdapat kobaran api yang mulai membesar dari pinggir stadion. Para petugas di sana langsung mengevakuasi seluruh penonton yang ada di stadion.

Api membesar dalam waktu yang sangat singkat dan mampu membakar sebagian stadion. Alhasil, 56 orang dinyatakan meninggal dan 400 lebih orang terluka, baik berat maupun ringan. Kobaran api tersebut ternyata berasal dari puntung rokok yang digunakan oleh seorang suporter.

 

Nah, itu dia 5 peristiwa kelam yang pernah terjadi di dunia sepak bola. Pastinya kita semua berharap peristiwa-peristiwa tersebut tak akan terulang kembali ke depannya. Memang, beberapa di antara peristiwa tersebut ada yang disebabkan oleh human error sehingga untuk ke depannya dapat diminimalisasi insiden seperti itu.

Baca Juga: Julukan 10 Tim Sepak Bola Ini Ternyata Olokan, Apa Saja?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya