6 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak pada Abad Ke-21

Mulai dari Iker Casillas hingga Igor Akinfeev #IDNTimesSport

Kiper merupakan salah satu posisi yang tak kalah penting dari posisi-posisi lainnya dalam taktik sepak bola. Seorang kiper merupakan orang terakhir yang memastikan bola tidak dapat masuk ke dalam gawangnya.

Salah satu tolak ukur keberhasilan bagi seorang kiper ialah clean sheetClean sheet merupakan catatan statistik untuk kiper yang berhasil menjaga gawangnya tidak kebobolan dalam satu pertandingan ketika ia bermain.

Pada abad ke-21, terdapat beberapa kiper dengan jumlah clean sheets terbanyak sejauh ini. Beberapa di antara mereka bahkan masih aktif bermain hingga saat ini.

Berikut 6 kiper dengan catatan clean sheets terbanyak pada abad ke-21. 

1. Iker Casillas - 439 clean sheets

6 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak pada Abad Ke-21potret Iker Casillas bersama Timnas Spanyol (see.news)

Iker Casillas merupakan kiper andalan Real Madrid dan Spanyol hingga tahun 2015. Dia memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola pada tahun 2020 lalu dengan klub terakhirnya ialah FC Porto. Berbagai penghargaan telah diraihnya, mulai dari Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Champions, hingga LaLiga. 

Dia juga merupakan kiper dengan clean sheets terbanyak pada abad ke-21. Total clean sheets yang berhasil diraihnya sebesar 439 kali. Posisinya terancam tergeser oleh Gianluigi Buffon yang sudah mengoleksi 420 clean sheets dan masih aktif bermain bagi Parma di musim ini.

2. Gianluigi Buffon - 420 clean sheets

6 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak pada Abad Ke-21potret Gianluigi Buffon bersama Timnas Italia (uefa.com)

Gianluigi Buffon baru-baru ini memutuskan untuk hijrah ke klub masa mudanya, yaitu Parma. Sebelumnya, dia telah mengabdikan diri di klub Juventus selama 19 tahun dan Paris Saint-Germain selama 1 tahun. Buffon merupakan salah satu kandidat yang mampu melampaui rekor Casillas terkait clean sheets terbanyak di abad ke-21. 

Sejauh ini, kiper asal Italia itu sudah membukukan 420 clean sheets. Artinya, dia hanya membutuhkan 19 clean sheets lagi di berbagai ajang yang dijalaninya untuk menyamai rekor Casillas. Banyak yang percaya bahwa Buffon akan memecahkan rekor Casillas pada musim ini.

Baca Juga: 5 Kiper Top yang Ternyata Memulai Karier Tidak Sebagai Kiper

3. Petr Cech - 391 clean sheets

6 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak pada Abad Ke-21potret Petc Cech bersama Arsenal (90min.com)

Fans Chelsea pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Petr Cech. Kiper asal Republik Ceko itu sudah membela Chelsea selama 11 tahun, tepatnya pada tahun 2004 hingga 2015. Dia juga pernah membela Arsenal pada tahun 2015 hingga 2019 dan memutuskan untuk pensiun di klub tersebut. 

Selama karier sepak bolanya, Cech sudah membukukan 391 clean sheets. Perolehan tersebut merupakan yang terbanyak ketiga dari semua kiper yang pernah ada sejauh ini. Bersama Timnas Republik Ceko, dia sendiri sudah memberikan penampilan sebanyak 124 kali.

4. Pepe Reina - 343 clean sheets

6 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak pada Abad Ke-21potret Pepe Reina bersama Liverpool (planetfootball.com)

Pepe Reina merupakan kiper keempat dengan perolehan clean sheets terbanyak pada abad ke-21. Kiper asal Spanyol itu berhasil membuat gawangnya tidak kebobolan sebanyak 343 kali di berbagai kompetisi yang dijalaninya. Dalam karier sepak bolanya, dia sudah membela beberapa klub ternama seperti Barcelona, Liverpool, Napoli, Bayern Munich, Villareal, hingga AC Milan. 

Kiper Lazio itu juga sudah memberikan penampilan sebanyak 38 kali bagi Timnas Spanyol sejak tahun 2005 lalu. Catatan itu tergolong sedikit mengingat di masa keemasannya, Pepe Reina harus bersaing dengan Iker Casillas dan Victor Valdes untuk mendapatkan tempat utama penjaga gawang timnas Spanyol.

5. Manuel Neuer - 327 clean sheets

6 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak pada Abad Ke-21potret Manuel Neuer bersama Bayern Munich (90min.com)

Manuel Neuer merupakan salah satu kiper legendaris yang dimiliki oleh Bayern Munich. Dia membela klub tersebut sejak tahun 2011 hingga saat ini. Di timnas Jerman, dia sudah memberikan penampilan sebanyak 104 kali sejak tahun 2009 lalu. 

Lulusan akademi FC Schalke 04 itu juga sudah mengoleksi catatan 327 clean sheets sepanjang kariernya. Selain catatan nirbobol, kiper berusia 35 tahun ini juga sudah membantu klub yang ia bela meraih berbagai trofi bergengsi antara lain Piala Dunia, Liga Champions, dan Bundesliga. 

6. Igor Akinfeev - 316 clean sheets

6 Kiper dengan Clean Sheets Terbanyak pada Abad Ke-21potret Igor Akinfeev bersama CSKA Moscow (90min.com)

Kapten utama CSKA Moscow, Igor Akinfeev juga merupakan salah satu kiper dengan clean sheets terbanyak di abad ke-21. Kiper asal Rusia itu sudah mengoleksi catatan 316 clean sheets sepanjang kariernya. Bersama timnas Rusia, Akinfeev sendiri sudah membeirkan penampilan sebanyak 111 kali sejak tahun 2004 lalu. 

Dalam karier sepak bolanya, Igor Akinfeev hanya membela satu klub saja, yaitu CSKA Moscow sejak tahun 2002 hingga sekarang. Kiper berusia 35 tahun ini dapat dikatakan merupakan salah satu legenda sepak bola Rusia.

Nah, itu dia 6 kiper dengaln clean sheets terbanyak pada abad ke-21. Iker Casillas masih menjadi kiper dengan clean sheets terbanyak. Meskipun begitu, rekornya terancam disalip oleh Buffon yang hingga kini masih aktif bermain. 

Menurut kalian, mampukah Gianluigi Buffon mengungguli catatan clean sheet Iker Casillas musim ini? 

Baca Juga: 5 Kiper yang Paling Sering Dihadapi Lionel Messi, Berapa Kali Dibobol?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya