Comscore Tracker

6 Klub Ini Ternyata Pernah Menjuarai Divisi Utama Liga Inggris

Mulai dari Blackburn Rovers hingga Derby County

Selama ini, mungkin kita hanya mengetahui "The Big Six" saja yang pernah meraih gelar Premier League. Keenam klub tersebut tak lain ialah Manchester City, Manchester United, Liverpool, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur. Padahal, dalam sejarahnya, terdapat beberapa klub yang mungkin tidak kita ketahui saat ini, namun telah beberapa kali menjadi juara di divisi utama Liga Inggris, baik itu sebelum berubah menjadi Premier League maupun sebelumnya.

Memang, kompetisi di divisi tertinggi Liga Inggris tersebut penuh dengan kejutan. Menjadi juara di tahun sebelumnya tak membuat klub tersebut aman dari degradasi pada musim berikutnya.

Beberapa klub yang kurang populer saat ini ternyata pernah menjuarai Liga Inggris, baik sebelum maupun setelah menjadi Premier League pada musim 1992/1993. Berikut 6 klub yang ternyata pernah menjuarai divisi utama Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Talenta Championship yang Bisa Direkrut Klub Premier League, Moncer!

1. Blackburn Rovers

6 Klub Ini Ternyata Pernah Menjuarai Divisi Utama Liga Inggrisrovers.co.uk

Pernah mendengar klub Blackburn Rovers? Saat ini, klub tersebut bermain di divisi Championship. Pada era 1990-an, klub ini merupakan salah satu raksasa Inggris yang merupakan penantang terkuat klub besar lainnya seperti Manchester United dan Arsenal.

Klub tersebut sudah 3 kali menjuarai divisi utama Liga Inggris, 2 kali juara divisi pertama dan 1 gelar Premier League, yaitu pada musim 1994/1995, 1913/1914, dan 1911/1912. Sayangnya, semenjak terdegradasi pada tahun 2012, klub tersebut kesulitan untuk tampil kembali di kasta tertinggi Liga Inggris.

2. Leeds United

6 Klub Ini Ternyata Pernah Menjuarai Divisi Utama Liga Inggrisleeds-live.co.uk

Mungkin kita berpikir bahwa Leeds United merupakan klub yang baru promosi ke Premier League musim ini. Padahal, klub tersebut telah menjuarai divisi utama Liga Inggris sebanyak 3 kali, namun belum sekali pun meraih gelar Premier League. Gelar terakhirnya diraih pada musim 1991/1992 di bawah asuhan Howard Wilkinson.

Pada musim tersebut, Leeds berhasil menyingkirkan pesaing terberatnya, yaitu Manchester United. Saat ini, Leeds United tampil sebagai klub baru yang siap membuat kejutan di Premier League.

3. Everton

6 Klub Ini Ternyata Pernah Menjuarai Divisi Utama Liga Inggrisscoredraw.com

Everton memang merupakan klub papan tengah saat ini yang paling disegani oleh banyak klub di Inggris. Klub ini juga dikenal sebagai rival abadi klub asal Liverpool lainnya, Liverpool FC. Everton terakhir menjuarai divisi utama Liga Inggris pada musim 1986/1987 dengan runner-up diraih oleh Liverpool.

Uniknya, juara musim sebelumnya ialah Liverpool dengan runner-up Everton. Di musim sebelumnya lagi, juaranya ialah Everton dan Liverpool sebagai runner-up. Tak heran jika kedua klub tersebut masih menjadi rival sejauh ini.

4. Aston Villa

6 Klub Ini Ternyata Pernah Menjuarai Divisi Utama Liga Inggrisfootballwhispers.com

Menjadi salah satu klub yang hampir terdegradasi di Premier League musim lalu membuat Aston Villa dipandang sebelah mata musim ini walaupun sejauh ini penampilan mereka cukup bagus. Padahal, klub tersebut sudah menjuarai divisi utama Liga Inggris sebanyak 7 kali meskipun belum sekali pun meraihnya saat kompetisi berubah menjadi Premier League.

Terakhir kalinya Aston Villa menjuarai kompetisi tertinggi di Inggris tersebut ialah pada musim 1980/1981. Saat itu, Aston Villa dilatih oleh Ron Saunders. Di musim berikutnya, mereka berhasil menjuarai Piala Eropa 1982.

5. Nottingham Forest

6 Klub Ini Ternyata Pernah Menjuarai Divisi Utama Liga Inggrisnottinghamforest.co.uk

Musim 1977/1978 tampaknya akan menjadi musim yang tak terlupakan bagi para penggemar Nottingham Forest. Pasalnya, musim tersebut merupakan musim pertama mereka dinobatkan sebagai juara kompetisi nomor satu di Inggris. Pada saat itu, klub tersebut dilatih oleh Brian Clough.

Untuk peringkat kedua di musim tersebut diraih oleh Liverpool. Sementara itu, peringkat ketiga diraih oleh Everton.

6. Derby County

6 Klub Ini Ternyata Pernah Menjuarai Divisi Utama Liga Inggrisdcfc.co.uk

Klub yang bermain di divisi Championship saat ini ternyata pernah juga menjadi juara di divisi utama Liga Inggris dalam beberapa dekade yang lalu. Untuk pertama kalinya, klub tersebut menjuarai liga nomor satu di Inggris pada musim 1971/1972. Saat itu, Derby dilatih oleh Brian Clough.

Untuk peringkat kedua pada musim tersebut diraih oleh Leeds United. Peringkat ketiga diraih oleh Liverpool

 

Nah, itu dia 6 klub yang ternyata pernah menjuarai divisi utama Liga Inggris, baik sebelum berformat Premier League maupun setelahnya. Memang, kompetisi tertinggi di Inggris ini mempunyai berbagai kejutan di setiap musimnya. Kira-kira, apakah ada klub favoritmu dalam daftar di atas?

Baca Juga: Max Bird, Wonderkid Derby County yang Jadi Incaran Terbaru Chelsea

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya