7 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Bermain di Premier League

Mulai dari Tim Howard hingga Zack Steffen

Bermain di ajang Premier League pastinya menjadi impian kebanyakan pesepak bola. Rata-rata pesepak bola yang bermain di liga tersebut berasal dari Benua Eropa dan Amerika Latin. Amerika Serikat sendiri cukup jarang mempunyai pemain yang bermain di liga nomor satu di Inggris tersebut, terutama di posisi kiper.

Dalam sejarahnya, terdapat 7 kiper yang pernah bermain di Liga Primer Inggris dan beberapa ada yang menjadi kiper andalan klubnya. Berikut 7 kiper dari Amerika Serikat yang pernah bermain di Liga Primer Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain Top Amerika Serikat yang Bermain di Kompetisi Eropa

1. Tim Howard 

7 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Bermain di Premier Leagueliverpoolecho.co.uk

Tim Howard merupakan mantan kiper klub ternama Everton dan Manchester United. Howard mengawali kariernya di NJ Imperials pada tahun 1998. Dia bergabung bersama Manchester United pada tahun 2003 walaupun lebih sering dipinjamkan ke Everton.

Dia mulai dipermanenkan Everton pada tahun 2007 dan menjadi kiper utama klub tersebut selama 9 tahun. Tak hanya itu, Howard juga sudah tampil bersama Timnas Amerika Serikat sebanyak 121 kali sejak tahun 2002. Kiper berusia 41 tahun ini masih bermain hingga saat ini untuk klub Memphis 901.

2. Brad Guzan

7 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Bermain di Premier Leaguebirminghammail.co.uk

Brad Guzan merupakan salah satu legenda dari Aston Villa. Setidaknya dia sudah membela klub tersebut selama 8 tahun, mulai dari 2008 hingga 2016. Dia juga dipercaya untuk membela Timnas Amerika Serikat dan memperoleh caps sebanyak 64 kali. 

Selama kariernya di Liga Primer Inggris, dia sudah tampil sebanyak 154 kali. Selain itu, dia juga menciptakan clean sheets sebanyak 29 kali.

3. Juergen Sommer

7 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Bermain di Premier Leaguebwfc.co.uk

Penggemar Premier League di era 1990-an pastinya tak asing lagi dengan kiper Queen Park Rangers yang bernama Juergen Sommer. Pada era tersebut, QPR merupakan salah satu klub besar di Inggris. Dia bermain bersama QPR sebanyak 33 kali dan menciptakan 4 clean sheets.

Selain membela QPR, Sommer juga pernah membela Luton Town. Dia juga dipercaya untuk membela Timnas Amerika Serikat sebanyak 10 kali.

4. Brad Friedel

7 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Bermain di Premier Leaguelancashiretelegraph.co.uk

Brad Friedel merupakan mantan kiper utama Liverpool dan Blackburn sejak tahun 1997-an. Dia juga pernah membela klub Premier League lainnya seperti Aston Villa dan Tottenham. Dia sudah tampil sebanyak 450 kali dan menciptakan clean sheets 132 kali.

Saat ini Friedel menjalani karier di bidang kepelatihan dan akademi sepak bola. Karier kepelatihan pertamanya ialah menjadi staf akademi di Tottenham. Dia sempat menjadi pelatih klub MLS Revolution dan Timnas Amerika Serikat U-19 sebelum akhirnya resmi tidak mempunyai klub sejak Mei 2019.

5. Kasey Keller

7 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Bermain di Premier Leaguewsc.co.uk

Kasey Keller merupakan kiper utama Timnas Amerika Serikat di era 2000-an. Dia pernah membela beberapa klub Liga Primer Inggris seperti Leicester, Tottenham, Southampton, dan Fulham. Secara keseluruhan, dia sudah tampil sebanyak 201 dan menciptakan 55 clean sheets di Premier League.

Di Timnas Amerika Serikat dia tampil bagi negaranya sebanyak 103 kali. Nama Keller sendiri mulai populer semenjak dia membela Leicester City dan Tottenham Hotspur.

6. Marcus Hahnemann

7 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Bermain di Premier Leaguereadingfc.co.uk

Marcus Hahnemann merupakan kiper utama Reading sejak tahun 2002 hingga 2009. Selain pernah membela Reading, dia juga pernah membela beberapa klub Inggris lainnya seperti Wolverhampton dan Everton. Dia juga sempat dipercaya untuk membela Timnas Amerika Serikat dan tampil sebanyak 9 kali.

Walaupun tidak pernah menjuarai Liga Primer Inggris, dia sudah menciptakan 28 clean sheets dari 115 pertandingan Premier League yang dia jalankan. Dia mengakhir karier sepak bolanya dengan bergabung ke salah satu klub MLS, Sounders FC.

7. Zack Steffen

7 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Bermain di Premier Leaguesi.com

Zack Steffen menjalani debutnya di Liga Primer Inggris pada 4 Januari lalu saat Manchester City berhasil mempermalukan Chelsea di kandang sendiri dengan skor 3-1. Zack Steffen merupakan pelapis Ederson Moraes yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat COVID-19. Dia lebih sering tampil di Carabao Cup daripada bermain di Liga Champions dan Premier League.

Meskipun begitu, dia tetap dipercaya menjadi kiper utama Amerika Serikat saat ini. Zack Steffen sendiri didatangkan dari Columbus Crew pada Juli 2019 lalu.

 

Nah, itu dia 7 kiper asal Amerika Serikat yang bermain pernah bermain di Liga Primer Inggris. Satu-satunya kiper AS yang masih bermain hingga saat ini di liga tersebut ialah Zack Steffen yang saat ini membela Manchester City. Pemain tersebut diyakini ditugaskan untuk tampil di Carabao Cup dan Piala FA ke depannya.

Baca Juga: 10 Kiper dengan Bayaran Tertinggi di Premier League Musim Ini

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya