Comscore Tracker

7 Mantan Pemain Inggris di Piala Dunia 2010 Ini Sudah Menjadi Manajer

Adakah mantan pesepak bola favoritmu dalam daftar di bawah?

Masih ingat Piala Dunia 2010 yang diselenggarakan di Afrika Selatan? Kompetisi paling bergengsi di dunia ini dimenangkan oleh Spanyol yang berhasil mengalahkan Belanda di partai puncak. Juara ketiga sendiri diraih oleh Timnas Jerman setelah mengalahkan Uruguay.

Pada saat itu, Timnas Inggris menjadi sorotan karena harus pulang lebih awal di fase 16 besar setelah dikalahkan Jerman dengan skor telak, yaitu 4-1. Padahal, skuad Timnas Inggris pada waktu itu dapat dikatakan cukup matang.

Setelah 1 dekade berlalu, ternyata beberapa mantan bintang Timnas Inggris di ajang tersebut sudah pensiun dan beberapa di antaranya sudah ada yang menjadi manajer klub. Berikut 7 mantan pemain Inggris di Piala Dunia 2020 yang sudah menjadi manajer.

Baca Juga: Max Bird, Wonderkid Derby County yang Jadi Incaran Terbaru Chelsea

1. Wayne Rooney - Derby County

7 Mantan Pemain Inggris di Piala Dunia 2010 Ini Sudah Menjadi Manajeren.as.com

Wayne Rooney resmi gantung sepatu pada 15 Januari 2021 lalu di usianya yang ke-35. Klub terakhir yang dia bela sebagai pesepak bola ialah Derby County. Uniknya, dia juga langsung ditunjuk sebagai manajer tetap klub yang bermain di Divisi Championship tersebut.

Wayne Rooney sendiri merupakan produk sukses akademi Everton. Di Timnas Inggris, dia sudah tampil sebanyak 120 kali dan menyumbangkan 53 gol.

2. Steven Gerrard - Rangers

7 Mantan Pemain Inggris di Piala Dunia 2010 Ini Sudah Menjadi Manajeririshtimes.com

Siapa yang tak kenal dengan legenda Liverpool satu ini. Steven Gerrard merupakan mantan gelandang Timnas Inggris yang sudah membela negaranya sebanyak 114 kali. Berstatus sebagai legenda Liverpool dan Timnas Inggris membuatnya ditunjuk untuk melatih tim asal Skotlandia, Rangers.

Dia juga sempat melatih tim akademi Liverpool pada tahun 2017. Banyak penggemar sepak bola yang meyakini bahwa Steven Gerrard akan menjadi manajer Liverpool dalam satu dekade kedepan.

3. Frank Lampard - Chelsea

7 Mantan Pemain Inggris di Piala Dunia 2010 Ini Sudah Menjadi Manajermirror.co.uk

Frank Lampard merupakan mantang bintang Chelsea yang sudah bermain di klub tersebut selama 13 tahun. Lampard juga pernah membela beberapa klub lainnya seperti Manchester CIty, New York City, dan West Ham. Dia resmi pensiun sebagai pesepak bola pada tahun 2017.

Pada musim panas 2019, Lampard resmi ditunjuk sebagai manajer Chelsea di usianya yang ke-40. Di tahun pertamanya, dia sempat mengalami hambatan karena Chelsea sempat dilarang membeli pamain dalam tahun pertamanya bersama Chelsea sebagai seorang manajer.

4. David James - Kerala Blasters

7 Mantan Pemain Inggris di Piala Dunia 2010 Ini Sudah Menjadi Manajeririshmirror.ie

Pada Piala Dunia 2010, pemain yang menggunakan nomor punggung 1 ialah David James. Memang, pemain ini berposisi sebagai seorang kiper. David James pernah membela beberapa klub besar seperti Liverpool dan Manchester City. 

Dia mengakhiri kariernya sebagai pesepak bola untuk klub asal India, Kerala Blasters. Pada awal 2018, dia ditunjuk sebagai manajer Kerala Blasters sebelum akhirnya keluar pada Desember 2018.

5. Ashley Cole - Akademi Chelsea

7 Mantan Pemain Inggris di Piala Dunia 2010 Ini Sudah Menjadi Manajerexpress.co.uk

Tampaknya Frank Lampard akan terus bekerja sama dengan mantan rekannya di Chelsea dan Timnas Inggris, Ashley Cole. Cole sendiri ditunjuk untuk melatih akademi Chelsea sejak tahun 2019. Cole memegang peran penting untuk mengembangkan para skuad muda Chelsea untuk lebih siap bermain di kompetisi profesional.

Pastinya komunikasi dan kerja sama antara Ashley Cole dan Frank Lampard akan terus berjalan dalam beberapa waktu ke depan. Cole sendiri baru memutuskan pensiun pada Agustus 2019 lalu.

6. John Terry - Aston Villa (Asisten Manajer)

7 Mantan Pemain Inggris di Piala Dunia 2010 Ini Sudah Menjadi Manajercaughtoffside.com

Bek tangguh Timnas Inggris pada Piala Dunia 2010, John Terry, merupakan bek andalan Chelsea pada eranya. Saat ini, dia ditunjuk sebagai asisten manajer bagi klub Aston Villa. Terry sendiri memutuskan untuk pensiun pada Oktober 2018.

Klub terakhir yang dibelanya ialah Aston Villa. Dia merupakan lulusan akademi West Ham United dan Chelsea U-18.

7. Michael Carrick - Manchester United (Asisten Manajer)

7 Mantan Pemain Inggris di Piala Dunia 2010 Ini Sudah Menjadi Manajerrte.ie

Satu lagi mantan bintang Timnas Inggris yang bermain untuk Manchester United ialah Michael Carrick. Carrick resmi gantung sepatu sebagai pesepak bola pada Juli tahun 2018 lalu. Pada saat itu juga, dia langsung ditunjuk sebagai asisten manajer.

 

Nah, itu dia 7 mantan bintang sepak bola Timnas Inggris yang bermain pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dan ternyata sudah menjadi seorang manajer. Memang, beberapa di antaranya ada yang sebagai asisten manajer. Pastinya hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat gemilang mengingat tak mudah untuk mendapatkan kepercayaan sebagai seorang manajer atau asisten manajer.

Baca Juga: Gantikan Mourinho di MU, Ini 5 Fakta Tentang Michael Carrick

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya