5 Alasan Mengapa Everton Mendepak Rafael Benitez dari Kursi Pelatih

Mengapa Rafael Benitez didepak dari Everton?

Belakangan ini fans Everton dikejutkan dengan pemecatan Rafael Benitez sebagai pelatih klub tersebut. Hal tersebut tak lepas dari kekalahan 2-1 atas Norwich City dalam lanjutan laga Premier League 2021/2022. Banyak yang bertanya-tanya mengapa Benitez dapat dipecat oleh klub tersebut.

Benitez merupakan salah satu pelatih yang disegani di Eropa dalam 2 dekade terakhir. Apalagi, statusnya sebagai mantan beberapa klub top, seperti Liverpool, Chelsea, dan Real Madrid. Berikut 5 alasan mengapa Rafael Benitez didepak dari Everton. 

1. Hasil yang buruk

5 Alasan Mengapa Everton Mendepak Rafael Benitez dari Kursi Pelatihmantan pelatih Everton Rafael Benitez (royalbluemersey.sbnation.com)

Salah satu alasan utama mengapa Rafael Benitez didepak sebagai pelatih Everton ialah hasil yang buruk di ajang Premier League 2021/2022. Bagaimana tidak, Everton hanya mampu meraih 19 poin dari lima kemenangan dan empat hasil imbang.

Everton juga sudah mengalami sepuluh kekalahan di Premier League musim ini. Lini pertahanan Everton juga tergolong cukup buruk dengan jumlah kebobolan sebanyak 34 gol dan hanya mampu mencetak 24 gol.

2. Everton kerap dibantai di Premier League dan tersingkir di Carabao Cup 2021/2022

5 Alasan Mengapa Everton Mendepak Rafael Benitez dari Kursi Pelatihmantan pelatih Everton Rafael Benitez (lookcharms.com)

Dari 19 laga yang dijalani Rafael Benitez bersama Everton di Premier League, tak jarang Everton menjadi korban pembantaian. Everton dikalahkan Liverpool 1-4 pada 2 Desember 2021 lalu. Manchester City juga berhasil menaklukkan Everton 3-0 pada 21 November 2021.

Everton juga dibantai Watford di Goodison Park dengan skor 2-5 pada 23 Oktober 2021 lalu. Tak hanya itu, Everton juga tersingkir dari Carabao Cup setelah kalah adu penalti dari Queens Park Rangers.

Baca Juga: Everton Sudah Pecat Rafael Benitez

3. Tak mampu memanfaatkan beberapa pemain bintang

5 Alasan Mengapa Everton Mendepak Rafael Benitez dari Kursi PelatihCalvert-Lewin dan Richarlison bersama Everton (teamtalk.com)

Jika dilihat dari kedalaman skuadnya, sebenarnya Everton memiliki banyak pemain bintang. Sebut saja nama-nama seperti Richarlison, Jordan Pickford, Michael Keane, Yerry Mina, Seamus Coleman, Calvert-Lewin, Iwobi, Digne, hingga Fabian Delph.

Sayangnya, hanya ada nama Richarlison yang berhasil tampil impresif di bawah kepelatihan Rafael Benitez. Lucas Digne sebenarnya juga tampil bagus walau pada akhirnya harus pindah ke Aston Villa sebelum akhirnya Rafael Benitez didepak dari Everton.

4. Kesulitan menemukan taktik yang cocok bagi Everton

5 Alasan Mengapa Everton Mendepak Rafael Benitez dari Kursi Pelatihmantan pelatih Everton Rafael Benitez (skysports.com)

Rafael Benitez merupakan pelatih yang gemar menggunakan formasi 4-2-3-1. Walau begitu, selama masih melatih Everton, dia kerap mengubah formasi Everton. Selain itu, Benitez juga kesulitan mengembangkan taktik yang cocok bagi Everton. 

Benitez dianggap terlalu bermain bertahan walaupun menghadapi tim-tim yang memiliki kedalaman skuad yang lebih rendah dari Everton. Tak hanya itu, Benitez juga dianggap tak mampu menjalankan skema serangan balik dengan mumpuni.

5. Rencana transfer yang tak jelas

5 Alasan Mengapa Everton Mendepak Rafael Benitez dari Kursi Pelatihpotret Rafael Benitez (sportskeeda.com)

Sejak melatih Everton pada awal musim ini, Rafael Benitez tak pernah mendatangkan pemain baru. Sebenarnya Benitez sudah mengincar Clement Lenglet walau tak ada kesepakatan yang terjadi dengan Barcelona sejauh ini. 

Di sisi lain, Benitez malah kehilangan 2 pemain bintang Everton sebelum dirinya dipecat. Kedua pemain tersebut ialah James Rodriguez dan Lucas Digne. Padahal, kedua pemain tersebut dipercaya dapat memberikan dampak yang bagus bagi skuad Everton jika dipertahankan.

 

Walau berstatus pelatih top, Everton tak segan-segan memecat Rafael Benitez. Menurutmu, apakah kelima alasan di atas layak menjadi biang kerok pemecatan Rafael Benitez di Everton?

Baca Juga: Dipecat Everton, 5 Fakta Pelatih Rafael Benitez

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya