7 Pencetak Assist Terbanyak di Final dan Semifinal Liga Champions

Mulai dari Zinedine Zidane hingga Ryan Giggs

Liga Champions merupakan salah satu kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia. Banyak sekali pesepak bola yang berharap untuk dapat meraih trofi Liga Champions. Pastinya untuk meraih trofi tersebut takkan mudah mengingat berada di semifinal Liga Champions saja sudah merupakan prestasi tersendiri.

Sejauh ini, terdapat beberapa pesepak bola dengan assist terbanyak di final dan semifinal Liga Champions. Beberapa dari mereka berperan penting dalam mengantarkan klubnya menjuarai kompetisi tersebut. Berikut 7 pencetak assist terbanyak di final dan semifinal Liga Champions sepanjang sejarah. 

1. Zinedine Zidane - 6 assist

7 Pencetak Assist Terbanyak di Final dan Semifinal Liga Championstwitter.com/ChampionsLeague

Sosok Zinedine Zidane pastinya tak asing lagi bagi para fans Real Madrid. Pria asal Prancis itu membela Real Madrid pada tahun 2001--2006. Selama menjadi pemain Real Madrid, dia sudah meraih 1 gelar Liga Champions.

Dalam karier sepak bolanya, dia berhasil memberikan 6 assist di final dan semifinal Liga Champions. Keenam assist tersebut diberikannya untuk dua klub yang berbeda, yaitu Real Madrid dan Juvetus. Sebelum bergabung ke Real Madrid, Zidane memang merupakan pemain Juventus selama 5 tahun.

2. Kaká - 5 assist

7 Pencetak Assist Terbanyak di Final dan Semifinal Liga Championsplanetfootball.com

Kaká merupakan gelandang serang asal Brasil era 2000-an. Dia merupakan pemain AC Milan sejak tahun 2003 hingga 2009. Setelah itu, dia hijrah ke Real Madrid pada tahun 2009 hingga 2013 sebelum akhirnya kembali ke AC Milan dengan status bebas transfer.

Di final dan semifinal Liga Champions, dia berhasil menorehkan 5 assist sepanjang karier sepak bolanya. Kaká telah berhasil meraih 1 gelar Liga Champions bersama AC Milan pada musim 2006/2007.

Baca Juga: Ulang Tahun Ke-39! Ini Perjalanan Karier Kaká Sebelum Gantung Sepatu

3. Lionel Messi - 4 assist

7 Pencetak Assist Terbanyak di Final dan Semifinal Liga Championsdnaindia.com

Lionel Messi merupakan salah satu pesepak bola terbaik pada abad ke-21. Pemain asal Argentina itu merupakan pemain Barcelona selama hampir 2 dekade. Berbagai gelar atau trofi berhasil dia raih bersama Barcelona, termasuk Liga Champions.

Di final dan semifinal Liga Champions, Messi sudah memberikan 4 assist bagi Barcelona. Beberapa assist tersebut mengantarkan Barcelona meraih 4 gelar Liga Champions.

4. Alessandro Del Piero - 4 assist

7 Pencetak Assist Terbanyak di Final dan Semifinal Liga Championstwitter.com/ChampionsLeague

Alessandro Del Piero merupakan salah satu pesepak bola yang paling dicintai fans Juventus. Bagaimana tidak, dia membela klub tersebut selama 19 tahun. Bersama Juventus, dia berhasil meraih 1 kali trofi Liga Champions, tepatnya pada musim 1995/1996.

Di final dan semifinal Liga Champions, pemain asal Italia itu sudah memberikan 4 assist. Dengan catatan tersebut, Del Piero menjadi pemain ketiga dengan perolehan assist terbanyak di final dan semifinal Liga Champions bersama beberapa pemain lainnya.

5. Roberto Carlos - 4 assist

7 Pencetak Assist Terbanyak di Final dan Semifinal Liga Championseurosport.com

Salah satu pemain Real Madrid lainnya yang berhasil mencetak 4 assist di final dan semifinal Liga Champions adalah Roberto Carlos. Bersama Real Madrid, pemain asal Brasil itu meraih 3 trofi Liga Champios.

Carlos bergabung ke Real Madrid dari Inter Milan pada tahun 1996. Setelah itu, dia memutuskan untuk hijrah ke Fenerbahce pada tahun 2007 dengan status bebas transfer. Klub terakhir yang dibelanya ialah klub asal India, Delhi Dynamos.

6. Andrés Iniesta - 4 assist

7 Pencetak Assist Terbanyak di Final dan Semifinal Liga Championsfcbarcelona.com

Andrés Iniesta merupakan pemain asal Spanyol yang sudah sangat lama membela Barcelona. Saat ini, dia membela klub asal Jepang yang bernama Vissel Kobe. Selama di Barcelona, dia berhasil meraih 4 gelar Liga Champions.

Dari semifinal dan final yang dia lalui bersama Barcelona, dia berhasil menorehkan 4 assist. Pemain berusia 36 tahun itu juga berhasil meraih satu trofi Piala Dunia bersama Timnas Spanyol pada tahun 2010.

7. Ryan Giggs - 4 assist

7 Pencetak Assist Terbanyak di Final dan Semifinal Liga Championsweallfollowunited.com

Bagi kamu para fans Manchester United, pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Ryan Giggs. Pemain asal Wales itu membela Manchester United sejak tahun 1987 hingga tahun 2014. Selama karier sepak bolanya bersama Manchester United, dia berhasil mendapatkan 2 trofi Liga Champions.

Ryan Giggs memberikan 4 assist bagi Manchester United di final dan semifinal Liga Champions. Meskipun bersinar di level klub, Giggs dapat dikatakan jarang bermain di level internasional bersama Timnas Wales. Hal tersebut tak lepas dari minimnya partisipasi Timnas Wales di ajang internasional.

 

Nah, itu dia 7 pencetak assist terbanyak di final dan semifinal Liga Champions. Sebenarnya ada juga nama Marcelo dan Juanfran yang sama-sama mencetak 4 assist. Keduanya sama-sama bermain bagi Real Madrid di posisi berbeda. Juanfran bermain di posisi bek kanan, sedangkan Marcelo bermain di posisi bek kiri. 

Baca Juga: 10 Rekor dan Statistik Hebat Ryan Giggs, Legenda Hidup MU!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya