Comscore Tracker

Barcelona Dikabarkan Masih Punya Utang Besar pada 5 Klub Ini

Paylater ala Barcelona

Barcelona memang telah membuat kejutan pada bursa transfer musim panas 2022 ini dengan mendatangkan sejumlah nama-nama bintang. Beberapa nama yang berhasil didatangkan Barcelona adalah Robert Lewandowski, Marcos Alonso, Jules Kounde, hingga Franck Kessie.

Menariknya, terdapat laporan bahwa Barcelona belum melakukan pelunasan terhadap beberapa klub terkait beberapa kesepakatan transfer yang pernah dilakukan. Kira-kira klub mana saja? Berikut daftarnya. 

1. Manchester City (Rp776 miliar)

Barcelona Dikabarkan Masih Punya Utang Besar pada 5 Klub IniFerran Torres (twitter.com/FerranTorres20)

Ferran Torres bergabung Barcelona dari Manchester City pada bursa transfer musim dingin 2022 lalu. Kala itu, Manchester City sepakat menjual Torres ke Barcelona dengan harga 55 juta euro atau Rp821 miliar. 

Ternyata Barcelona belum membayar biaya transfer tersebut sebesar 52 juta euro atau Rp776 miliar. Torres sendiri cukup tampil impresif bersama Barcelona di sepanjang 2022 ini, baik di ajang LaLiga atau Liga Champions.

2. Ajax Amsterdam (Rp627 miliar)

Barcelona Dikabarkan Masih Punya Utang Besar pada 5 Klub IniSergiño Dest bermain bersama AC Milan. (twitter.com/sergino_dest)

Barcelona juga memiliki utang sebesar 42 juta euro atau Rp627 miliar. Barcelona memiliki utang tersebut dari dua pembelian yang berbeda, yaitu Frenkie De Jong pada 2019 dan Sergino Dest pada 2020 lalu.

Sayangnya, kedua pemain tersebut masuk dalam daftar jual Barcelona pada bursa transfer musim panas 2022 lalu. De Jong masih bertahan di Barcelona walau terdapat kemungkinan akan dilepas pada bursa transfer musim dingin 2023; sedangkan Sergino Dest dipinjamkan selama semusim di AC Milan.

Baca Juga: Barcelona Terima Uang dari FIFA Usai Beknya Cedera

3. Juventus (Rp537 miliar)

Barcelona Dikabarkan Masih Punya Utang Besar pada 5 Klub IniMiralem Pjanic (fcbarcelona.com)

Pembelian Miralem Pjanic tampaknya menjadi salah satu pembelian yang paling merugikan Barcelona dalam beberapa musim terakhir. Didatangkan pada September 2020 lalu dari Juventus dengan harga Rp896 miliar, Pjanic malah tak bisa menembus skuad utama Barcelona.

Alhasil, Pjanic baru saja dilepas Barcelona ke klub Sharjah FC yang bermain di Uni Emirat Arab. Barcelona dikabarkan masih memiliki utang ke Juventus sebesar 36 juta euro atau Rp537 miliar. 

4. Liverpool (Rp209 miliar)

Barcelona Dikabarkan Masih Punya Utang Besar pada 5 Klub IniPhilippe Coutinho (fcbarcelona.com)

Pembelian Philippe Coutinho dapat dikatakan merupakan salah satu pembelian terburuk Barcelona dalam sedekade terakhir. Bagaimana tidak, Coutinho didatangkan dengan harga 135 juta euro atau Rp2,01 triliun dari Liverpool. 

Coutinho gagal menembus skuad utama Barcelona sejak didatangkan Barcelona, sehingga harus dipinjamkan ke beberapa klub sebelum akhirnya dijual ke Aston Villa. Walau sudah dijual pada bursa transfer musim panas 2022 ini, Barcelona dikabarkan masih memiliki utang kepada Liverpool sebesar 14 juta euro atau Rp209 miliar. 

5. Gremio (Rp112 miliar)

Barcelona Dikabarkan Masih Punya Utang Besar pada 5 Klub IniArthur Melo saat diperkenalkan Liverpool (twitter.com/arthurhromelo)

Barcelona membeli Arthur Melo pada 2018 lalu dari Gremio dengan harga 31 juta euro atau Rp463 miliar. Pada 2020 lalu, Barcelona menjual Arthur ke Juventus dengan harga fantastis, yaitu Rp1,1 triliun. 

Walau begitu, ternyata Barcelona masih memiliki utang ke Gremiro untuk transfer Arthur sebesar 7,5 juta euro atau Rp112 miliar. Saat ini, Arthur sendiri dipinjamkan ke Liverpool selama semusim.

 

Barcelona ternyata memiliki utang yang banyak terhadap lima klub di atas. Di tengah isu krisis finansial yang dihadapi Barcelona, klub tersebut dikabarkan masih akan terus berburu pemain pada 2023 mendatang. 

Baca Juga: Belum Puas Belanja Pemain, Barcelona Dikabarkan Incar 5 Pemain Ini

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya