5 Pemain Belakang dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Premier League

César Azpilicueta dan Andrew Robertson teratas!

Pada dasarnya, para pemain belakang ditugaskan untuk menjaga lini pertahanan agar tidak kebobolan. Ada juga yang ditugaskan untuk membangun serangan dari sayap, khususnya bek sayap kiri dan kanan. Menariknya, terdapat beberapa pemain belakang yang diketahui sudah menyumbang banyak assist di Premier League.

Beberapa pemain belakang ini memang dikenal memiliki crossing yang berbahaya. Tak hanya itu, mereka juga cukup cermat dalam melakukan penetrasi ke kotak penalti tim lawan. Berikut 5 pemain belakang dengan assist terbanyak dalam sejarah Premier League. 

1. César Azpilicueta - 39 Assist (Chelsea)

5 Pemain Belakang dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Premier Leaguepotret César Azpilicueta bersama Chelsea (chelseacore.com)

Kapten utama Chelsea, César Azpilicueta, merupakan salah satu pemain belakang dengan assist terbanyak di Premier League sejauh ini. Setidaknya pemain asal Spanyol itu sudah menyumbang 39 assist selama kariernya bersama Chelsea. Dia bergabung bersama Chelsea sejak tahun 2012 setelah dibeli dari Marseille. 

César Azpilicueta memang dikenal sebagai bek sayap yang sangat rajin dalam membangun serangan. Dia juga cekatan dalam mengatasi serangan balik yang dilakukan oleh lawan. Selain itu, jika diperlukan dia dapat berposisi sebagai bek tengah.

2. Andrew Robertson - 39 Assist (Hull City dan Liverpool)

5 Pemain Belakang dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Premier Leaguepotret Andrew Robertson bersama Hull City (90min.com)

Andrew Robertson memang dikenal sebagai bek sayap kiri yang memiliki crossing yang sangat berbahaya. Tak heran jika dia sudah menyumbang 39 assist di ajang Premier League sejauh ini. Dia menjadi pemain belakang dengan assist terbanyak di Premier League bersama César Azpilicueta yang membela Chelsea. 

Namanya memang mulai naik daun saat bergabung Liverpool pada tahun 2017 lalu. Meskipun begitu, beberapa assist yang diraihnya juga didapatkan saat Robertson membela Hull City pada tahun 2014 hingga 2017 lalu.

Baca Juga: 10 Potret Bek Pekerja Keras Andalan Liverpool, Andy Robertson

3. Ashley Young - 36 Assist (Manchester United)

5 Pemain Belakang dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Premier Leaguepotret Ashley Young bersama Manchester United (sempreinter.com)

Saat ini Ashley Young merupakan pemain Aston Villa. Sebelum bergabung dengan Inter Milan, Young merupakan pemain Manchester United sejak tahun 2011 hingga 2020. Bersama Setan Merah, Young sudah menyumbang assist sebanyak 36 kali. 

Young memang dikenal sebagai bek sayap dengan kecepatan tinggi dan crossing yang berbahaya. Young juga sebenarnya dapat bermain sebagai pemain sayap di lapangan. Tak heran jika Youg terbiasa bermain menekan di lini pertahanan lawan.

4. Antonio Valencia - 35 Assist (Manchester United)

5 Pemain Belakang dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Premier Leaguepotret Antonio Valencia bersama Manchester United (insider-voice.com)

Satu lagi mantan pemain Manchester United dengan assist terbanyak di Premier League ialah Antonio Valencia. Pemain asal Ekuador itu sudah memberikan 35 assist di Premier League. Semua assist yang diberikannya dilakukan pada saat masih membela Manchester United.

Valencia memutuskan untuk pensiun pada Mei 2021 dengan klub terakhir Querétaro FC yang merupakan klub asal Meksiko. Dia pensiun di usianya yang ke-36 dan sudah memberikan penampilan bagi negaranya sebanyak 98 kali.

5. Trent Alexander-Arnold - 35 Assist (Liverpool)

5 Pemain Belakang dengan Assist Terbanyak dalam Sejarah Premier Leaguepotret Andrew Robertson dan Trent Alexander-Arnold bersama Liverpool (90min.com)

Sosok Trent Alexander-Arnold memang dikenal memiliki eksekusi bola mati yang mematikan. Pemain Liverpool ini juga memiliki crossing dan umpan lambung yang sangat bagus. Tak heran jika sudah ada 35 assist yang berhasil dia torehkan di Premier League sejauh ini. 

Dia sendiri berkesempatan untuk menyalip perolehan Antonio Valencia mengingat pemain tersebut sudah pensiun pada Mei 2021 lalu. Menariknya, Trent Alexander-Arnold akan bersaing dengan koleganya di Liverpool, Andrew Robertson, dalam hal perolehan assist.

 

Itu dia 5 pemain belakang dengan assist terbanyak dalam sejarah Premier League. Dari lima pemain tersebut, hanya ada nama Antonio Valencia yang sudah pensiun. Empat pemain sisanya masih aktif bermain di Premier League sehingga perolehan assist mereka dapat bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Baca Juga: 5 Pemain Potensial Suksesor Peran Sadio Mane di Liverpool

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya