Comscore Tracker

5 Bek Kiri Berpotensi Perkuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

Persaingan di posisi bek kiri Spanyol sangat ketat

Timnas Spanyol akan berjuang di Grup E Piala Dunia 2022 bersama Jerman, Jepang, dan Kosta Rika. Spanyol jadi favorit lolos ke babak 16 besar mengingat sangat banyak pemain berkualitas yang dimiliki negara itu. 

Di posisi bek kiri, terdapat dua spot yang diperebutkan oleh beberapa pemain bintang yang menjadi opsi untuk mengisi posisi tersebut. Berikut kelima opsi bek kiri yang bisa dipanggil Luis Enrique di ajang Piala Dunia 2022

1. Marcos Alonso (Barcelona)

5 Bek Kiri Berpotensi Perkuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022Marcos Alonso bermain bersama Barcelona. (instagram.com/marcosalonso28)

Marcos Alonso berhasil menjadi andalan Barcelona sejak didatangkan dari Chelsea pada bursa transfer musim panas 2022 ini. Sayangnya, Alonso gagal membawa Barcelona lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023.

Meski begitu, Alonso diyakini masih akan menjadi opsi utama bagi Luis Enrique untuk mengisi posisi bek kiri di Spanyol. Alonso berhasil tampil meyakinkan di sepanjang kompetisi Piala Eropa 2020 sehingga bisa memberikan persaingan bagi Jordi Alba.

2. Jordi Alba (Barcelona)

5 Bek Kiri Berpotensi Perkuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022Jordi Alba bermain bersama Barcelona. (twitter.com/JordiAlba)

Jordi Alba tak hanya bersaing dengan Marcos Alonso di Barcelona, melainkan juga di Timnas Spanyol. Hadirnya Alonso di Barcelona memang telah memberikan persaingan yang ketat bagi Alba.

Alba sendiri dapat dikatakan mampu bersaing dengan Alonso sehingga posisinya di Timnas Spanyol diyakini aman. Apalagi Alba menjadi langganan Luis Enrique di posisi bek kiri. Setidaknya, sudah ada 86 penampilan dan sepuluh gol yang disumbangkan Alba bagi skuad Spanyol.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Spanyol

3. Jose Gaya (Valencia)

5 Bek Kiri Berpotensi Perkuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022Jose Gaya bermain bersama Valencia. (twitter.com/valenciacf)

Kapten Valencia, Jose Gaya, pastinya masuk dalam kandidat terkuat yang akan dibawa Spanyol di Piala Dunia 2022. Pemain berusia 27 tahun itu dikenal sebagai bek kiri dengan crossing dan akselerasi berbahaya bagi lini pertahanan lawan. 

Lulusan akademi Valencia itu dapat dikatakan memiliki gaya permainan yang setipe Jordi Alba. Walau begitu, Jose Gaya yang tak bermain di kompetisi Eropa manapun membuat posisinya sedikit terancam oleh beberapa pemain muda lainnya. Dia sendiri sudah meraih 18 caps bersama skuad La Furias Roja.

4. Marc Cucurella (Chelsea)

5 Bek Kiri Berpotensi Perkuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022Marc Cucurella bermain bersama Chelsea. (twitter.com/cucurella3)

Marc Cucurella merupakan pemain baru Chelsea pada bursa transfer musim panas 2022 ini. Didatangkan dari Brighton, Cucurella berhasil tampil meyakinkan di ajang Premier League dan Liga Champions musim 2022/2023.

Sayangnya, lulusan akademi Barcelona itu diyakini akan kesulitan untuk menembus skuad Spanyol di Piala Dunia 2022 Qatar. Pemain berusia 24 tahun tersebut dinilai belum bisa bersaing dengan ketiga nama yang disebutkan sebelumnya. 

5. Sergio Gomez (Manchester City)

5 Bek Kiri Berpotensi Perkuat Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022Sergio Gomez (twitter.com/sergiogm_10)

Nama Sergio Gomez berhasil naik daun sejak didatangkan oleh Manchester City dari RSC Anderlecht pada bursa transfer musim panas 2022 lalu. Meski masih jadi bayang-bayang Joao Cancelo, Sergio berhasil menunjukkan kualitasnya selama dilatih Pep Guardiola.

Lulusan akademi Barcelona tersebut masih lebih sering bergabung bersama Timnas Spanyol U-21. Meski begitu, tak menutup kemungkinan Gomez akan dipanggil Luis Enrique andaikan salah satu di antara Jordi Alba atau Jose Gaya mengalami cedera. 

Kelima bek kiri di atas berpotensi untuk membela Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022. Menurutmu, siapa saja pemain di atas yang akan dipanggil Luis Enrique?

Baca Juga: 5 Opsi Kiper yang Bisa Dipanggil Spanyol ke Piala Dunia 2022 Qatar

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya