Deretan Bek Tengah dengan Biaya Transfer Termahal dalam Sejarah

Mulai dari Harry Maguire hingga Ruben Dias

Bek tengah merupakan salah satu posisi vital dalam dunia sepak bola. Tak heran terdapat suatu klub rela mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk mendatangkan bek tengah top.

Dalam sejarahnya, ada beberapa transfer pembelian bek tengah dengan biaya termahal. Kebanyakan dari transfer tersebut dilakukan oleh klub-klub top Eropa. Berikut daftarnya.

1. Harry Maguire (Rp1,33 triliun)

Deretan Bek Tengah dengan Biaya Transfer Termahal dalam SejarahHarry Maguire berseragam Manchester United (twitter.com/HarryMaguire93)

Harry Maguire merupakan bek tengah termahal yang pernah dibeli dalam sejarah. Pada bursa transfer musim panas 2019, Manchester United membeli Maguire dari Leicester City dengan harga 87 juta euro atau setara Rp1,33 triliun.

Sempat tampil impresif bersama Setan Merah, performa Maguire kerap naik turun akibat dirinya kerap melakukan blunder yang fatal. Walau begitu, Maguire diyakini akan tetap menjadi bek tengah utama di bawah asuhan Erik Ten Hag pada musim 2022/2023.

2. Matthijs de Ligt (Rp1,31 triliun)

Deretan Bek Tengah dengan Biaya Transfer Termahal dalam SejarahMatthijs De Ligt bersama Bayern Munich (twitter.com/DeadlineDayLive)

Matthijs de Ligt merupakan rekrutan baru Bayern Munich pada bursa transfer musim panas 2022 ini. Dia dibeli dari Juventus dengan harga 67 juta euro atau setara Rp1,06 triliun. Biaya transfer tersebut ternyata lebih murah daripada saat dirinya dibeli Juventus.

Pada bursa transfer 2019 lalu, pemain asal Belanda itu dibeli Juventus dari Ajax dengan harga 85,5 juta euro atau Rp1,31 triliun. Musim pertamanya dapat dikatakan cukup sukses dengan torehan satu trofi Serie A.

Baca Juga: Matthijs de Ligt Tinggalkan Juventus untuk Gabung Bayern Munich

3. Virgil van Dijk (Rp1,29 triliun)

Deretan Bek Tengah dengan Biaya Transfer Termahal dalam SejarahVirgil van Dijk bersama Liverpool (twitter.com/VirgilvDijk)

Sebelum De Ligt dan Maguire memecahkan rekor transfer sebagai bek tengah termahal yang pernah dibeli, rekor tersebut masih dipegang oleh Virgil van Dijk. Pada Januari 2018, Van Dijk dibeli Liverpool dari Southampton dengan harga 84,7 juta euro.

Jika dirupiahkan, angka tersebut setara dengan Rp1,29 triliun. Pembelian Van Dijk dapat dikatakan sangat sukses karena setelah itu Liverpool berhasil meraih banyak trofi, mulai dari Premier League hingga Liga Champions.

4. Lucas Hernández (Rp1,22 triliun)

Deretan Bek Tengah dengan Biaya Transfer Termahal dalam SejarahLucas Hernández bersama Bayern Munich (twitter.com/LucasHernandez)

Sebelum membeli mahal De Ligt, Bayern Munich juga sempat membeli bek tengah dengan harga mahal. Pada bursa transfer 2019, Bayern Munich membeli Lucas Hernández dari Atletico Madrid dengan harga 80 juta euro atau setara Rp1,22 triliun.

Selain mampu berposisi sebagai bek tengah, pemain asal Prancis itu juga mampu bermain sebagai bek sayap kiri. Lulusan akademi Atletico Madrid itu kontraknya baru akan berakhir di Bayern Munich pada Juni 2024 mendatang.

5. Ruben Dias (Rp1,04 triliun)

Deretan Bek Tengah dengan Biaya Transfer Termahal dalam SejarahRuben Dias saat menjalani sesi latihan (twitter.com/rubendias)

Ada juga nama bek tengah muda top milik Manchester City yang masuk dalam daftar ini, yaitu Ruben Dias. Pemain asal Portugal didatangkan dari Benfica pada bursa transfer musim panas 2020 lalu dengan harga 68 juta euro atau setara Rp1,04 triliun.

Dias sendiri dikontrak hingga Juni 2027 mendatang. Pada musim pertamanya, Dias berhasil menjadi pemain terbaik di ajang Premier League akibat performa gemilangnya dalam menjaga lini pertahanan Manchester City.

 

Harry Maguire masih menjadi bek tengah termahal yang pernah dibeli dalam sejarahnya. Walau begitu, Maguire kerap menjadi sorotan publik akibat performanya yang inkonsisten.

Baca Juga: 5 Pemain Man City yang Pakai Nomor Punggung 3 sebelum Ruben Dias

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya