Comscore Tracker

5 Bek Tengah Top yang Tak Dipanggil Timnas di Piala Eropa 2020

Deretan nama-nama bintang!

Piala Eropa 2020 akan segera dimulai dengan menampilkan 24 negara yang ada di Benua Eropa. Kompetisi empat tahunan ini sempat ditunda pada tahun lalu akibat pandemi COVID-19. 24 negara yang akan mengikuti kompetisi ini sudah merilis daftar pemain mereka yang dibawa pada ajang tersebut.

Uniknya, terdapat beberapa bek tengah top yang tak dipanggil timnas negaranya. Padahal, peran bek tengah sendiri merupakan salah satu yang paling penting bagi sebuah negara untuk memenangkan sebuah pertandingan. Berikut 5 bek tengah top yang tak dipanggil negaranya di Piala Eropa 2020. 

1. Dayot Upamecano - Prancis

5 Bek Tengah Top yang Tak Dipanggil Timnas di Piala Eropa 2020potret Dayot Upamecano bersama Timnas Prancis(futballnews.com)

Secara mengejutkan, Dayot Upamecano tidak dipanggil oleh timnas Prancis dalam ajang Piala Eropa 2020 nanti. Prancis sendiri lebih memilih Presnel Kimpembe (Paris), Jules Koundé (Sevilla), Clément Lenglet (Barcelona), Raphaël Varane (Real Madrid), dan Kurt Zouma (Chelsea) untuk mengisi posisi bek tengah. Memang, persaingan di lini belakang Timnas Prancis dikenal sangat ketat karena banyaknya opsi pemain yang dapat dipilih. 

Upamecano sendiri sudah bermain sebanyak satu kali bagi timnas Prancis senior pada ajang UEFA Nations League tahun lalu. Upamecano dikabarkan sudah dipastikan hijrah ke Bayern Munchen setelah membela RB Leipzig selama 4 tahun.

2. Sergio Ramos - Spanyol

5 Bek Tengah Top yang Tak Dipanggil Timnas di Piala Eropa 2020potret Sergio Ramos bersama Timnas Spanyol(/olympics.com)

Sergio Ramos dipastikan absen di ajang Piala Eropa 2020 nanti. Keputusan tersebut memang merupakan keputusan bulat Luis Enrique selaku pelatih tim negara tersebut. Ada beberapa pertimbangan mengapa Luis Enrique tidak memasukkan nama Ramos, salah satunya ialah kerapnya cedera pemain berusia 35 tahun itu.

Aymeric Laporte yang baru saja dinaturalisasi timnas Spanyol diproyeksikan menggantikan Sergio Ramos di lini belakang. Sergio Ramos sendiri sudah memberikan penampilan sebanyak 180 kali bagi negaranya sejak tahun 2005.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Bakal Absen di Euro 2020, Haaland Salah Satunya!

3. Eric Dier - Inggris

5 Bek Tengah Top yang Tak Dipanggil Timnas di Piala Eropa 2020potret Eric Dier bersama Timnas Inggris(skysports.com)

Musim ini memang bukan merupakan musimnya Eric Dier. Setelah gagal membawa Tottenham lolos ke Liga Europa dan Liga Champions musim depan, namanya juga tak dipanggil Gareth Southgate untuk membela timnas Inggris di ajang Piala Eropa 2020 nanti.

Padahal, Dier sendiri merupakan salah satu opsi utama di lini belakang skuad Inggris. Penampilan Dier bersama Tottenham memang mengalami penurunan.

Dia kerap tampil kurang solid bersama klub asal London tersebut. Meskipun begitu, nama Eric Dier masih tetap menjadi salah satu bek tengah top yang berasal dari Inggris.

4. Jerome Boateng - Jerman

5 Bek Tengah Top yang Tak Dipanggil Timnas di Piala Eropa 2020potret Jerome Boateng bersama Timnas Jerman(90min.com)

Secara mengejutkan, Jerome Boateng tak dipanggil dalam skuad timnas Jerman pada ajang Piala Eropa nanti. Pelatih Joachim Loew mempunyai alasan tersendiri mengapa Boateng tak termasuk nama yang dipanggil, yaitu Jerman sendiri sudah memiliki banyak bek tengah yang berkualitas.

Meskipun begitu, Loew tetap mengapresiasi konstribusi Boateng selama ini bagi timnas Jerman. Boateng sendiri sudah memberikan penampilan sebanyak 76 kali sejak tahun 2009. Pada bursa transfer musim panas ini, Boateng resmi berstatus sebagai bebas transfer setelah kontraknya habis bersama Bayern Munchen.

5. Virgil van Dijk - Belanda

5 Bek Tengah Top yang Tak Dipanggil Timnas di Piala Eropa 2020potret Virgil van Dijk di Timnas Belanda(theathletic.com)

Cedera panjang yang terjadi pada Virgil van Dijk membuat pemain Liverpool itu harus absen di Piala Eropa 2020 nanti. Van Dijk mengalami cedera setelah menabrak kiper Everton, Jordan Pickford. Van Dijk sendiri harus absen di Liverpool hingga akhir musim ini.

Padahal, peran Virgil van Dijk sendiri dapat dikatakan sangat penting bagi timnas Belanda. Bagaimana tidak, dia sendiri memang memiliki kemampuan bertahan yang sangat bagus serta mampu memotivasi para rekan setimnya agar tampil solid membantu lini pertahanan.

 

Nah, itu dia 5 bek tengah top yang tak dipanggil negaranya di Piala Eropa 2020. Pastinya banyak yang menyayangkan absennya mereka pada ajang tersebut. Meskipun begitu, mereka masih mempunyai kesempatan yang besar untuk tampil di Piala Dunia 2022 nanti. 

Baca Juga: Ragam Alasan, 5 Pemain Veteran Tak Ikut Meramaikan Piala Eropa 2020

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya