5 Belanja Pemain U-18 Termahal dalam Sejarah Sepak Bola

Vinicius Junior masih memegang rekor ini

Bagi pemain muda, bermain di klub top menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi jika mereka berhasil bermain reguler dan mampu meraih trofi domestik.

Pemain muda jarang memiliki harga transfer yang mahal. Meski begitu, ada beberapa pemain U-18 yang sempat dibeli dengan harga tinggi.

1. Vinicius Junior (Rp728 miliar)

5 Belanja Pemain U-18 Termahal dalam Sejarah Sepak BolaVinicius Junior bersama Real Madrid (football-espana.net)

Vinicius Junior merupakan pemain yang berhasil tampil gemilang bersama Real Madrid pada 2021/2022. Dia berhasil menyumbang 14 gol dan 10 assist musim ini. Dia merupakan bukti keberhasilan investasi jangka panjang Real Madrid.

Vinicius dibeli dari Flamengo pada 2018 lalu dengan harga 45 juta euro atau Rp728 miliar. Dia menjadi pemain U-18 termahal yang pernah dibeli.

2. Rodrygo (Rp728 miliar)

5 Belanja Pemain U-18 Termahal dalam Sejarah Sepak BolaRodrygo bersama Real Madrid (marca.com)

Rodrygo dibeli Real Madrid dari Santos dengan harga 45 juta euro atau setara Rp728 miliar pada 2019. Ia berhasil tampil cukup apik bersama Real Madrid sejauh ini.

Pemain berusia 21 tahun itu bahkan dipanggil timnas Brasil sebanyak tiga kali. Rodrygo dikenal sebagai penyerang sayap dengan kemampuan umpan dan akselerasi yang berbahaya bagi lini pertahanan lawan.

Baca Juga: 9 Fakta Vinícius Junior, Bintang Brasil di Masa Depan?

3. Fabio Silva (Rp647 miliar)

5 Belanja Pemain U-18 Termahal dalam Sejarah Sepak BolaFabio Silva bersama Wolverhampton (wolves.co.uk)

Pada bursa transfer musim panas 2020, Wolverhampton Wanderers menggelontorkan dana besar untuk membeli Fabio Silva. Klub tersebut menebusnya dengan harga 40 juta euro atau Rp647 miliar. Sayangnya, Silva tidak mampu tampil meyakinkan bersama Wolverhampton.

Ia hanya menjadi pelapis Raul Jimenez dan Daniel Podence. Walau begitu, Silva masih menjadi prospek menjanjikan dalam jangka panjang.

4. Luke Shaw (Rp607 miliar)

5 Belanja Pemain U-18 Termahal dalam Sejarah Sepak BolaLuke Shaw bersama Manchester United (teamtalk.com)

Luke Shaw merupakan salah satu bek sayap kiri terbaik di Eropa. Dia dikenal sebagai bek sayap kiri dengan umpan silang dan akselerasi yang bagus. Shaw sendiri bergabung bersama Manchester United pada 2014 dari Southampton. 

Saat masih berusia 18 tahun, Shaw dibeli dengan harga 37,5 juta euro atau Rp607 miliar. Kala itu, dia sempat menjadi pemain berusia 18 tahun termahal yang pernah dibeli, sebelum rekornya dipecahkan Vinicius Junuior pada 2018.

5. Wayne Rooney (Rp598 miliar)

5 Belanja Pemain U-18 Termahal dalam Sejarah Sepak BolaLuke Shaw bersama Manchester United (thehardtackle.com)

Wayne Rooney dibeli dari Everton dengan harga 37 juta euro atau Rp598 miliar. Kala itu, dia memecahkan rekor transfer untuk pemain berusia 18 tahun. Rooney kemudian berkembang menjadi pemain berkelas bintang. 

Saat ini, Rooney menjadi pelatih Derby County. Ia masih kesulitan mengeluarkan klubnya dari zona degradasi Championship 2021/2022.

Sementara Rooney kesulitan sebagai pelatih, Vinicius Junior, yang kini memegang rekor pemain U-18 termahal yang pernah dibeli, masih membuktikan diri. Vinicius sendiri sudah berusia 21 tahun. Kemampuannya makin tampak. Bisakah dia menyamai kelas Rooney sebagai pemain bintang?

Baca Juga: Mengenang Sepak Terjang Wayne Rooney di Piala Eropa 2004, Bintang Muda

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya