5 Catatan Menarik Kemenangan Mesir atas Kamerun di Piala Afrika 2021

Mesir akan bertemu Senegal di partai puncak

Mesir berhasil mengalahkan tuan rumah Piala Afrika 2021, Kamerun, melalui drama adu penalti dengan skor 3-1. Sebelumnya, laga harus berakhir 0-0 hingga berakhirnya babak kedua perpanjangan waktu. Padahal, kedua tim saling tampil menyerang di ajang semifinal ini. 

Dengan hasil ini, Mesir berhak untuk melaju ke final Piala Afrika 2021 menghadapi Senegal. Pastinya terdapat beberapa catatan menarik tentang kemenangan Mesir atas Kamerun ini. Kira-kira apa saja hal tersebut? Yuk simak penjelasannya. 

1. Adu penalti yang kedelapan bagi Kamerun dan Mesir di Piala Afrika

5 Catatan Menarik Kemenangan Mesir atas Kamerun di Piala Afrika 2021kiper Timnas Mesir Mohamed Abou Gabal (twitter.com/OptaJean)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pertandingan ini harus berakhir dengan adu penalti. Menariknya, ini bukan adu penalti yang pertama bagi kedua tim. Pasalnya, baik Kamerun dan Mesir sama-sama sempat merasakan adu penalti sebanyak tujuh kali di Piala Afrika.

Alhasil, kedua tim tersebut sudah menjalani adu penalti sebanyak delapan kali di turnamen ini. Hanya ada Pantai Gading yang menjalani adu penalti lebih banyak dari kedua tim tersebut di Piala Afrika, yaitu sepuluh kali.

2. Timnas Mesir menjadi tim yang paling banyak memenangkan adu penalti di Piala Afrika

Setidaknya sudah ada delapan adu penalti yang pernah dijalani Mesir di sepanjang sejarah turnamen Piala Afrika. Menariknya, sudah ada enam adu penalti yang berhasil dimenangkan oleh Mesir. 

Artinya, Mesir hanya dua kali kalah saat beradu penalti dengan tim lain di turnamen ini. Menariknya, ternyata Mesir merupakan tim yang paling banyak memenangkan adu penalti dalam sejarah turnamen Piala Afrika.

Baca Juga: 7 Negara dengan Gelar Piala Afrika Terbanyak, Mesir Masih Memimpin

3. Kekalahan ke-16 Kamerun dari Mesir di berbagai ajang

5 Catatan Menarik Kemenangan Mesir atas Kamerun di Piala Afrika 2021laga Kamerun melawan Mesir pada 4 Februari 2022 dini hari WIB (twitter.com/Umuseke)

Kekalahan ini merupakan kekalahan Kamerun yang ke-16 dari Mesir. Sedangkan Kamerun sendiri berhasil memenangkan laga melawan Mesir sebanyak enam kali. Ada juga enam laga lainnya melawan Mesir yang harus berakhir imbang.

Di pertemuan sebelumnya, sebenarnya Kamerun berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-2 di Piala Afrika 2017. Walau begitu, secara head to head, Kamerun masih tertinggal jauh dari Mesir. 

4. Final yang kesepuluh bagi Timnas Mesir di Piala Afrika

5 Catatan Menarik Kemenangan Mesir atas Kamerun di Piala Afrika 2021Para pemain Mesir di Piala Afrika 2021. (twitter.com/MoSalah)

Kemenangan atas Kamerun ini sukses membawa Mesir melaju ke final Piala Afrika untuk yang kesepuluh kalinya. Menariknya, sebelumnya Mesir berhasil meraih tujuh trofi Piala Afrika. Ada juga dua laga final yang harus berujung pada kekalahan Mesir. 

Terakhir kalinya Mesir masuk ke final Piala Afrika ialah pada 2017 lalu. Kala itu, Mesir harus mengakui keunggulan Kamerun dengan skor 2-1.

5. Final Piala Afrika 2021 bakal buat fans Liverpool dilema

Final Piala Afrika 2021 akan membuat para fans Liverpool dilema. Pasalnya, kedua bintang mereka harus bersaing untuk memperebutkan trofi tersebut. Di pihak Senegal, terdapat nama Sadio Mane yang tampil konsisten di sepanjang turnamen ini.

Di pihak Mesir, pastinya fans Liverpool tak asing lagi dengan sosok Mohamed Salah. Salah juga diketahui menjadi pemain vital di lini depan Mesir dalam turnamen Piala Afrika 2021 ini. 

 

Final Piala Afrika 2021 akan diselenggarakan Senin (7/02/2022) pukul 02.00 WIB di Stadion Olembe, Kamerun. Menurutmu, siapa yang akan memenangkan partai puncak Piala Afrika 2021?

Baca Juga: Mohamed Salah Jumpa Sadio Mane di Final Piala Afrika

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya