Comscore Tracker

Deretan Klub Raksasa Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga Champions

Termasuk Manchester City

Real Madrid resmi memenangi Liga Champions Eropa 2021/2022 setelah mengalahkan Liverpool dengan skor 1-0. Ini merupakan gelar Liga Champions yang ke-14 mereka. Hal tersebut membuat Real Madrid menjadi klub dengan trofi Liga Champions terbanyak sepanjang sejarah.

Terlepas dari hal tersebut, ada beberapa klub raksasa Eropa yang ternyata belum pernah memenangi Liga Champions. Kira-kira klub mana saja yang masuk dalam daftar ini?

1. Atletico Madrid

Deretan Klub Raksasa Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga ChampionsAntoine Griezmann bersama Atletico Madrid (wallpaperbetter.com)

Saat klub rival Real Madrid menambah koleksi trofi Liga Champions, Atletico Madrid harus menunggu sampai musim depan untuk membuat sejarah baru di klubnya. Sebab, Atletico Madrid belum pernah menjuarai Liga Champions. 

Walau begitu, klub itu sudah masuk final Liga Champions sebanyak tiga kali, yaitu pada 1974, 2014, dan 2016. Menariknya, pada edisi 2014 dan 2016, Atletico Madrid harus kalah dari Real Madrid.

2. Paris Saint-Germain

Deretan Klub Raksasa Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga ChampionsKylian Mbappe bersama Paris Saint-Germain (worldfootballindex.com)

Paris Saint-Germain (PSG) memang berhasil menjadi salah satu klub menakutkan di Eropa. Sayangnya, PSG ternyata belum mampu menjuarai Liga Champions sejauh ini. Pada 2021/2022, mereka hanya mampu masuk ke enam belas besar karena kalah dari Real Madrid. 

PSG sebenarnya pernah melaju ke final Liga Champions pada 2020 lalu. Sayangnya, mereka harus kalah dari Bayern Munich dengan skor tipis 0-1. Itu merupakan final Liga Champions satu-satunya bagi PSG sejauh ini.

3. Arsenal

Deretan Klub Raksasa Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga ChampionsAaron Ramsdale bersama Arsenal (newsclay.com)

Tak ada yang menyangka bahwa Arsenal juga masuk dalam daftar ini. Arsenal hanya berhasil melaju ke babak final Liga Champions pada 2006 lalu. Itu pun harus kalah dari Barcelona dengan skor 1-2. 

Arsenal memang kesulitan untuk kembali ke Liga Champions dalam beberapa tahun terakhir. Arsenal juga hanya akan bermain di Liga Europa musim depan setelah mengunci posisi kelima di English Premier League (EPL) 2021/2022. 

Baca Juga: 5 Klub Liga Top Eropa yang Menjuarai Piala Domestik 2021/2022

4. Manchester City

Deretan Klub Raksasa Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga ChampionsIlkay Gundogan bersama Manchester City (skysports.com)

Manchester City berhasil menjuarai EPL 2021/2022. Namun, mereka belum bisa mengangkat trofi Liga Champions sejauh ini.

Pada 2021 lalu, mereka harus kalah dari Chelsea di partai puncak dengan skor 0-1. Pada musim ini, mereka kena comeback Real Madrid pada babak semifinal. Namun, Manchester City masih menjadi favorit untuk menjuarai Liga Champions musim depan.

5. Tottenham Hotspur

Deretan Klub Raksasa Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga ChampionsHarry Kane bersama Tottenham Hotspur (premierleague.com)

Tottenham Hotspur juga belum pernah meraih trofi Liga Champions sejauh ini. Tottenham sebenarnya sempat masuk ke babak final Liga Champions 2019 walau pada akhirnya harus mengakui keunggulan Liverpool dengan skor 0-2. 

Pada 2022/2023, Tottenham akan bermain lagi di Liga Champions setelah berada di posisi keempat EPL 2021/2022. Ini merupakan kesempatan emas Tottenham untuk unjuk gigi di Liga Champions lagi.

6. AS Roma

Deretan Klub Raksasa Eropa yang Belum Pernah Menjuarai Liga ChampionsTammy Abraham saat diperkenalkan AS Roma (arise.tv)

AS Roma, juara UEFA Conference League 2021/2022, merupakan klub yang belum pernah merasakan trofi Liga Champions. AS Roma dalam beberapa tahun terakhir bahkan kesulitan untuk menembus empat besar Serie A demi meraih tiket Liga Champions. 

AS Roma sebenarnya pernah sekali masuk ke final Liga Champions. Sayangnya, hal itu terjadi sudah sangat lama, ketika AS Roma kalah dari Liverpool melalui adu penalti pada 1984. 

Keenam klub top ini ternyata belum pernah mencicipi trofi Liga Champions. Menurutmu, klub mana dalam daftar di atas yang segera meraih gelar juara Liga Champions?

Baca Juga: 5 Klub Juara Liga Champions yang Tak Pernah Menjuarai Europa League

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya