Deretan Pemain Bintang yang Memiliki Kewarganegaraan Kedua Spanyol

Lionel Messi bisa saja membela timnas Spanyol

Spanyol merupakan salah satu tim nasional yang kuat di dunia sepak bola saat ini. Dalam 2 tahun terakhir, mereka berhasil menjadi semifinalis Piala Eropa 2020 dan UEFA Nations League 2021. Spanyol sendiri dikenal memiliki liga yang kompetitif, yaitu LaLiga.

Negara tersebut juga mampu menghasilkan pemain sepak bola papan atas dari waktu ke waktu. Menariknya, terdapat beberapa bintang yang sebenarnya dapat membela timnas Spanyol karena memiliki status kewarganegaraan ganda di negara tersebut.

1. Lionel Messi (Argentina/Spanyol)

Deretan Pemain Bintang yang Memiliki Kewarganegaraan Kedua SpanyolLionel Messi bersama timnas Argentina (worldfootballindex.com)

Lionel Messi masih menjadi salah satu pemain terbaik di dunia saat ini. Pada 2021, Messi berhasil meraih trofi Copa America 2021 untuk Argentina. Pemain Paris Saint-Germain itu juga berhasil membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2022.

Menariknya, Messi sebenarnya dapat membela timnas Spanyol. Hal tersebut tak lepas dari lamanya dia tinggal di Spanyol. Saat membela Barcelona, Messi tinggal selama hampir 21 tahun di Spanyol.

2. Theo Hernandez (Prancis/Spanyol)

Deretan Pemain Bintang yang Memiliki Kewarganegaraan Kedua SpanyolTheo Hernandez bersama timnas Prancis (pledgetimes.com)

Sempat tak dilirik Didier Deschamps di timnas Prancis, akhirnya Theo Hernandez menjalani debutnya bersama Prancis pada 7 September 2021 lalu saat laga melawan Finlandia. Andaikan Hernandez tak segera dipanggil Deschamps, mungkin saja dia membelot ke Spanyol layaknya Aymeric Laporte.

Pasalnya, Theo Hernandez memiliki kewarganegaraan kedua Spanyol. Setidaknya, dia sempat tinggal di Madrid pada 2007—2016 untuk berlatih bersama akademi Atletico Madrid. Setelah dilepas Atletico Madrid pada 2017, dia membela Real Madrid dan Real Sociedad.

Baca Juga: Lionel Messi Bisa Patah Hati di PSG Akibat Kylian Mbappe

3. Yannick Carrasco (Belgia/Spanyol)

Deretan Pemain Bintang yang Memiliki Kewarganegaraan Kedua SpanyolYannick Carrasco bersama timnas Belgia (skysports.com)

Ada juga nama Yannick Carrasco yang merupakan penyerang sayap andalan Belgia dalam beberapa tahun terakhir. Setidaknya, dia sudah membela Belgia sebanyak 54 kali sejak 2015. Sebenarnya, Carrasco bisa membela timnas Spanyyol.

Dia memiliki kewarganegaraan ganda dengan kewarganegaraan kedua Spanyol. Carrasco sendiri sudah menetap di Spanyol selama 5 tahun untuk membela Atletico Madrid pada 2015—2018 dan 2020—sekarang.

4. Casemiro (Brasil/Spanyol)

Deretan Pemain Bintang yang Memiliki Kewarganegaraan Kedua SpanyolCasemiro bersama Brasil (marca.com)

Fans Real Madrid pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Casemiro. Selain dikenal sebagai gelandang bertahan andalan Real Madrid, dia dipercaya sebagai gelandang bertahan timnas Brasil. Dia juga memiliki kewarganegaraan kedua Spanyol.

Hal tersebut tak lepas dari lamanya Casemiro tinggal di Madrid (7 tahun). Walau begitu, Casemiro sudah membela timnas Brasil jauh sebelum dia pindah ke Madrid, yaitu pada 2011.

5. Achraf Hakimi (Maroko/Spanyol)

Deretan Pemain Bintang yang Memiliki Kewarganegaraan Kedua SpanyolAchraf Hakimi bersama Maroko (breakingthelines.com)

Achraf Hakimi dikenal sebagai pemain top timnas Maroko dan Paris-Saint-Germain. Dia sendiri digadang-gadang sebagai salah satu bek sayap kanan terbaik saat ini bersama Trent Alenxander-Arnold dan Joao Cancelo. Selain bagus dalam menjaga lini belakang dari serangan, Hakimi juga berhasil kerap membantu timnya untuk membangun serangan.

Hakimi memiliki kewarganegaraan kedua Spanyol. Dia lahir dan besar di Madrid. Bahkan, Hakimi merupakan lulusan akademi Real Madrid, sebelum akhirnya pindah ke Borussia Dortmund pada 2018.

6. Keylor Navas (Kostarika/Spanyol)

Deretan Pemain Bintang yang Memiliki Kewarganegaraan Kedua SpanyolKeylor Navas bersama Paris Saint-Germain (en.psg.fr)

Ada juga kiper top Paris Saint-Germain yang masuk dalam daftar ini, yaitu Keylor Navas. Kiper asal Kosta Rika itu memang sudah lama tinggal di Spanyol (2010—2019). Dia membela klub-klub Spanyol, seperti Real Madrid, Levante, dan Albacete.

Walau memiliki kewarganegaraan kedua Spanyol, Navas tetap membela timnas Kosta Rika. Bahkan, dia sudah memberikan penampilan sebanyak 100 kali sejak 2008. 

Andaikan timnas Spanyol dibela keenam pemain di atas, banyak yang percaya mereka akan meraih trofi dengan mudah. Menurutmu, siapa di antara pemain di atas yang kamu harap dapat membela Spanyol?

Baca Juga: 5 Bek Sayap Kanan Terbaik Saat Ini, Achraf Hakimi hingga Kyle Walker

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya