Comscore Tracker

Deretan Pemain Tengah Top yang Meramaikan Piala Afrika 2021

Mulai dari Naby Keita hingga Franck Kessie

Fase grup Piala Afrika 2021 sedang berlangsung di Kamerun. Sebanyak 24 negara memperebutkan 16 tiket ke babak selanjutnya.

Piala Afrika 2021 juga menampilkan cukup banyak bintang sepak bola. Umumnya bermain di klub top Eropa. Sebagian para pemain bintang tersebut bermain sebagai pemain tengah.

1. Naby Keita (Guinea)

Deretan Pemain Tengah Top yang Meramaikan Piala Afrika 2021Naby Keita bersama Guinea (sportyafrica.com)

Fans Liverpool sudah tak asing lagi dengan sosok Naby Keita. Dia merupakan pemain tengah Liverpool sejak 2018. Keita berhasil menjadi salah satu pemain andalan Jurgen Klopp untuk mengalirkan bola ke lini depan Liverpool.

Naby Keita juga masuk ke dalam skuad Guinea di ajang Piala Afrika 2021 ini. Selain itu, dia menjadi kapten pada laga pertama di ajang ini saat mengalahkan Malawi dengan skor 1-0.

2. Ismaël Bennacer (Aljazair)

Deretan Pemain Tengah Top yang Meramaikan Piala Afrika 2021Ismael Bennacer (cafonline.com)

Pemain terbaik Piala Afrika 2019, Ismaël Bennacer, dipanggil kembali oleh timnas Aljazair. Apalagi Bennacer merupakan salah satu pemain kunci Aljazair dalam menjuarai Piala Afrika sebelumnya.

Pemain AC Milan itu sayangnya gagal membawa Aljazair meraih kemenangan melawan Sierra Leone pada laga awal fase grup. Bersama Aljazair, setidaknya sudah ada 32 laga yang telah dijalaninya sejak 2016 lalu.

3. Idrissa Gueye (Senegal)

Deretan Pemain Tengah Top yang Meramaikan Piala Afrika 2021Idrissa Gueye (cafonline.com)

Idrissa Gueye merupakan gelandang bertahan andalan milik Paris Saint-Germain. Pemain berusia 32 tahun itu dikenal sebagai pemain yang mampu membaca arah serangan lawan dengan baik. Dia merupakan salah satu pemain senior di skuad Senegal dalam ajang Piala Afrika 2021 ini.

Setidaknya dia sudah memberikan penampilan bagi Senegal sebanyak 84 kali sejak 2011. Sayangnya, tak ada trofi yang berhasil dia raih sejauh ini bersama walau dia kerap meraih trofi bersama Paris Saint-Germain.

Baca Juga: Deretan Pemain Bintang yang Siap Meramaikan Piala Afrika 2021

4. Thomas Partey (Ghana)

Deretan Pemain Tengah Top yang Meramaikan Piala Afrika 2021Thomas Partey bersama Ghana (planetfootball.com)

Gelandang Arsenal, Thomas Partey, bermain di Piala Afrika 2021 untuk membela timnas Ghana. Pemain berusia 28 tahun itu sudah berpengalaman. Bagaimana tidak, dia sudah memberikan 34 penampilan bersama Ghana sejak 2016. 

Sayangnya, sejak bergabung dengan Arsenal pada bursa transfer musim panas 2020, dia gagal menunjukkan performa terbaiknya. Walau begitu, banderolnya masih tergolong tinggi untuk gelandang bertahan, yaitu 40 juta euro atau setara Rp654 miliar rupiah.

5. Wilfred Ndidi (Nigeria)

Deretan Pemain Tengah Top yang Meramaikan Piala Afrika 2021Wilfred Ndidi bersama Nigeria (vanguardngr.com)

Wilfred Ndidi merupakan pemain asal Nigeria yang saat ini membela Leicester City. Di lapangan, dia lebih sering berposisi sebagai gelandang bertahan. Penampilannya yang bagus selama membela Leicester City membuat dirinya dipanggil Nigeria di ajang Piala Afrika 2021.

Dia sendiri dipanggil Nigeria sejak 2015, saat dirinya masih membela klub asal Belgia, KRC Genk. Setidaknya sudah ada 43 penampilan yang diberikannya untuk timnas Nigeria sejauh ini. Walau begitu, belum ada prestasi khusus yang diberikan Ndidi kepada negaranya itu.

6. Franck Kessie (Pantai Gading)

Deretan Pemain Tengah Top yang Meramaikan Piala Afrika 2021Franck Kessie bersama Pantai Gading (sempremilan.com)

Nama Franck Kessie memang berhasil naik daun sejak 2021 lalu. Penampilannya yang apik bersama AC Milan membuat dirinya kerap dinobatkan menjadi salah satu pemain tengah terbaik di Serie A saat ini. Kessie sendiri juga dikabarkan diminati oleh beberapa klub top dalam beberapa waktu terakhir.

Pemain asal Pantai Gading itu dipanggil untuk bermain di Piala Afrika 2021. Walau negaranya termasuk yang diunggulkan untuk menjuarai ajang ini, Kessie masih dibayang-bayangi situasi Pantai Gading. Mereka dipastikan tak akan bermain di Piala Dunia 2022 akibat gagal lolos babak penyisihan di ajang kualifikasi.

Keenam pemain tengah tersebut dipercaya akan menjadi pemain kunci bagi negaranya masing-masing di Piala Afrika 2021. Mampukah mereka meraih trofi Piala Afrika 2021 tahun ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top Bundesliga yang Dipanggil untuk Main di Piala Afrika 2021

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya