5 Eks Pesepak Bola Ini Jadi Pimpinan Tim Sepak Bola, Ada Beckham!

Ada yang jadi CEO hingga pemilik klub

Pada umumnya, eks pesepak bola akan melanjutkan kariernya sebagai asisten pelatih, manajer, hingga direktur teknis. Ada juga yang memilih untuk benar-benar keluar dari dunia sepak bola.

Menariknya, terdapat beberapa pesepak bola yang memilih melanjutkan kariernya sebagai pemilik klub. Pastinya hal ini membutuhkan dana yang tak sedikit.

Berikut lima eks pesepak bola yang jadi pimpinan tim sepak bola.

1. Samuel Eto'o (presiden Federasi Sepak Bola Kamerun)

5 Eks Pesepak Bola Ini Jadi Pimpinan Tim Sepak Bola, Ada Beckham!Samuel Eto'o (kanan) (twitter.com/SamuelEtoo)

Samuel Eto'o merupakan eks pesepak bola ternama asal Kamerun yang sangat berprestasi. Dia pernah membela beberapa klub top, seperti Real Madrid, Barcelona, Chelsea, hingga Everton. Eto'o memutuskan pensiun sebagai pesepak bola di Qatar pada 2019.

Pada 2021 lalu, Eto'o ditunjuk sebagai presiden Federasi Sepak Bola Kamerun. Terpilihnya Eto'o memang tak mengejutkan melihat dirinya merupakan salah satu sosok terfavorit di dunia sepak bola Kamerun dalam 2 dekade terakhir.

2. Ronaldo (pemilik Real Valladolid dan Cruzeiro)

5 Eks Pesepak Bola Ini Jadi Pimpinan Tim Sepak Bola, Ada Beckham!Ronaldo (twitter.com/Cruzeiro)

Tak banyak yang tahu bahwa legenda sepak bola Brasil, Ronaldo, merupakan presiden klub Real Valladolid. Dia resmi menjabat sebagai presiden klub pada 2018. Pria berusia 45 tahun itu memang sudah tak asing dengan sepak bola Spanyol.

Bagaimana tidak, Ronaldo sempat membela Real Madrid dan Barcelona saat masih menjadi pesepak bola. Ronaldo sendiri juga memiliki klub asal Brasil yang bernama Cruzeiro Esporte Clube sejak 2021 lalu.

Baca Juga: 5 Klub yang Menolak Transfer Cristiano Ronaldo pada Musim Panas 2022

3. Gary Neville (pemilik Salford)

5 Eks Pesepak Bola Ini Jadi Pimpinan Tim Sepak Bola, Ada Beckham!Gary Neville (kiri) (twitter.com/sitay1903)

Fans Manchester United pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Gary Neville. Dia membela Manchester United pada 1994—2011. Pada 2014, Neville resmi menjadi pemilik klub Inggris, Salford.

Saat ini, Salford bermain di League Two, kompetisi liga kasta keempat di Inggris. Neville juga sempat menjadi manajer Valencia pada 2015/2016 walau akhirnya fokus sebagai pemilik Saslford.

4. Edwin van der Sar (CEO Ajax)

5 Eks Pesepak Bola Ini Jadi Pimpinan Tim Sepak Bola, Ada Beckham!Lisandro Martinez (kiri) dan Edwin van der Sar (kanan) (twitter.com/vdsar1970)

Eks kiper top Manchester United, Edwin van der Sar, merupakan CEO dari klub top asal Belanda, Ajax. Dia sendiri ditunjuk sebagai CEO Ajax sejak 2016. Kemungkinan jabatan eks kiper Timnas Belanda itu akan berakhir pada Juni 2023 mendatang.

Edwin van der Sar memang merupakan eks pemain Ajax. Ia membela tim pada 1990—1999. Setelah itu, van der Sar memilih merantau ke klub Eropa lain, seperti Juventus, Fulham, dan Manchester United.

5. David Beckham (presiden dan pemilik Inter Miami serta pemilik Salford)

5 Eks Pesepak Bola Ini Jadi Pimpinan Tim Sepak Bola, Ada Beckham!David Beckham (instagram.com/davidbeckham)

David Beckham merupakan presiden Inter Miami sejak 2018. Sejak itu, Beckham berhasil memboyong sejumlah nama top ke Inter Miami. Salah satunya Gonzalo Higuain dan Blaise Matuidi.

Selain itu, Beckham juga merupakan pemilik Salford bersama Gary Neville sejak 2019. Walau begitu, tampaknya Beckham lebih aktif dalam mengelola Inter Miami daripada Salford.

Kelima eks pesepak bola di atas saat ini sedang mengelola klub-klub ternama. Ada pula Samuel Eto'o yang berhasil terpilih menjadi presiden asosiasi sepak bola di negaranya.

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya