5 Fakta dari Eddie Howe, Pelatih Baru Newcastle United

Mampukah Eddie Howe meraih kesuksesan di Newcastle United?

Baru-baru ini Newcastle United resmi mengumumkan pelatih baru mereka yang bernama Eddie Howe. Dia resmi menggantikan peran Steve Bruce yang gagal mengeluarkan Newcastle dari zona degradasi. Di sisi lain, Eddie Howe merupakan pelaltih pertama yang ditunjuk menangani Newcastle sejak akuisisi oleh Mohammed bin Salman.

Tak banyak yang mengetahui sosok Eddie Howe yang sebenarnya. Pelatih asal Inggris itu memang jarang tersorot oleh media. Berikut 5 fakta dari Eddie Howe yang merupakan pelatih baru Newcastle United. 

1. Legenda Bournemouth

5 Fakta dari Eddie Howe, Pelatih Baru Newcastle Unitedpotret Eddie Howe bersama Bournemouth (alchetron.com)

Eddie Howe lahir pada 29 November 1977 di Buckinghamshire, Inggris. Saat masih kecil, dia mengikuti akademi sepak bola yang bernama Rossgarth dan Parley Sports. Dia mulai serius dalam menempuh karier sepak bola dengan masuk ke akademi AFC Bournemouth sebelum dia diorbitkan ke skuad utama pada tahun 1994. 

Dia membela Bournemouth selama 8 tahun sebelum akhirnya dibeli oleh sesama klub Inggris, Portsmouth, dengan harga 600.000 euro atau 9,9 miliar rupiah. Pada tahun 2004, dia kembali ke klub masa kecilnya, Bournemouth, dan memutuskan pensiun di klub tersebut pada tahun 2007.

2. Eddie Howe merupakan pelatih termuda dalam sejarah sepak bola Inggris

5 Fakta dari Eddie Howe, Pelatih Baru Newcastle Unitedpotret Eddie Howe (skysports.com)

Setelah pensiun dari Bournemouth, dia ditugaskan untuk menjadi pelatih tim akademi Bournemouth. Beberapa waktu setelahnya, Bournemouth menonaktifkan Jimmy Quinn sebagai pelatih dan menunjuk Eddie sebagai pelatih sementara. Seiring dengan performanya yang memuaskan, Eddie ditunjuk sebagai pelatih tetap pada tahun 2009. 

Saat itu Eddie masih berumur 31 tahun. Dengan hal tersebut, dia menjadi pelatih termuda dalam sejarah sepak bola Inggris hingga saat ini. Pastinya hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri baginya.

Baca Juga: 5 Target Newcastle Era Eddie Howe, Ada Bintang Real Madrid

3. Eddie Howe mengakhiri puasa gelar Bournemouth selama 27 tahun

5 Fakta dari Eddie Howe, Pelatih Baru Newcastle Unitedpotret Eddie Howe saat melatih Bournemouth (marca.com)

Bournemouth memang tak sepopuler klub-klub Inggris lainnya, seperti Manchester City, Chelsea, Manchester United, Liverpool, atau Arsenal. Namun, pada tahun 2015, Bournemouth menuliskan namanya sebagai juara Championship. Kala itu, Bournemouth dilatih oleh Eddie Howe. 

Eddie Howe berhasil mengakhiri puasa gelar Bournemouth selama 27 tahun. Terakhir kalinya klub tersebut meraih trofi ialah pada tahun 1987 di ajang Championship. Sejak itu pula nama Eddie Howe semakin naik daun di sepak bola Inggris.

4. Eddie Howe merupakan manajer pertama di Premier League yang setuju untuk dipotong gajinya akibat pandemi COVID-19

5 Fakta dari Eddie Howe, Pelatih Baru Newcastle Unitedpelatih baru Newcastle United Eddie Howe (newskingpin.com)

Selama pandemi COVID-19, banyak sekali klub sepak bola yang mengalami masalah keuangan. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan cara memotong gaji pemain dan pelatih. Perlu diketahui, tak semua pemain ataupun pelatih sepakat untuk dipotong gajinya selama pandemi ini. 

Menariknya, Eddie Howe merupakan manajer pertama di Premier League yang sepakat gajinya dipotong dengan alasan COVID-19. Sayangnya, beberapa waktu kemudian dia tak mampu mengeluarkan Bournemouth dari zona degradasi.

5. Pelatih pertama yang ditunjuk melatih Newcastle di era Mohammed bin Salman

5 Fakta dari Eddie Howe, Pelatih Baru Newcastle Unitedpotret pelatih baru Newcastle United Eddie Howe (marca.com)

Saat ini Newcastle United memasuki era baru di era Mohammed bin Salman. Pada akhir Oktober lalu, Newcastle United resmi menonaktifkan Steve Bruce dari kursi kepelatihan klub tersebut. Hal tersebut tak lepas dari performa buruk klub. 

Baru-baru ini Newcastle United resmi mengumumkan bahwa pelatih mereka adalah Eddie Howe. Dengan hal tersebut, Eddie merupakan pelatih pertama yang ditunjuk menangani Newcastle United di era Mohammed bin Salman.

 

Para fans Newcastle United berharap banyak kepada Eddie Howe agar segera mampu mengangkat performa tim. Pasalnya, Newcastle berada di zona degradasi klasemen sementara Premier League. Akankah Eddie Howe mampu menyelamatkan klub tersebut dari zona degradasi?

Baca Juga: Eddie Howe Jadi Tulang Punggung Megaproyek Newcastle United

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya