Ulang Tahun, 5 Fakta Jose Mourinho yang Jarang Diketahui Publik

Selamat ulang tahun Jose Mourinho!

Bagi penggemar bola pastinya sudah tak asing lagi dengan sosok Jose Mourinho. Pelatih Tottenham tersebut merupakan salah satu nama dari deretan daftar pelatih top di dunia.

Mourinho juga dikenal sebagai sosok yang cukup fenomenal, baik lapangan maupun di media. Jose Mourinho lahir pada 26 Januari 1963 di Setubal, Portugal.

Di usianya yang ke-58, pastinya banyak sekali fakta-fakta menarik yang dimilikinya. Berikut lima fakta Jose Mourinho yang jarang diketahui publik. Apa saja?

1. Ayahnya merupakan seorang pesepak bola dan juga manajer

Ulang Tahun, 5 Fakta Jose Mourinho yang Jarang Diketahui Publik90min.com

Jose Mourinho lahir dari pasangan Felix Mourinho dan Maria Julia. Ayahnya merupakan mantan pesepak bola yang berposisi sebagai kiper. Ayahnya merupakan pemain dari klub Os Belenenses dan Vitória de Setúbal.

Felix juga merupakan seorang manajer klub di Portugal. Dia pernah sekali mendapatkan cap bersama timnas Portugal. Memiliki ayah sebagai pesepak bola membuat Jose Mourinho menyukai sepak bola sejak kecil. 

Ibunya sendiri berprofesi sebagai seorang guru. Ibunya sempat mendaftarkan Jose Mourinho ke sekolah bisnis. Namun, Jose lebih memilih untuk terjun ke dunia sepak bola daripada memasuki sekolah bisnis.

2. Pernah menjadi guru pendidikan jasmani

Ulang Tahun, 5 Fakta Jose Mourinho yang Jarang Diketahui Publikfoottheball.com

Siapa sangka bahwa Jose Mourinho dulu pernah menjadi seorang guru pendidikan jasmani suatu sekolah. Dia pernah mengajar pendidikan jasmani di beberapa sekolah yang ada di Lisbon, Portugal. Uniknya, bakatnya sebagai orang manajer dan mentor dimulai dari sini. 

Dia mampu membantu para muridnya yang memiliki kemampuan yang berbeda untuk bermain secara optimal. Hingga saat ini, Mourinho memang cerdas dalam memanfaatkan berbagai pemain yang memiliki berbagai kemampuan yang berbeda.

Baca Juga: 5 Pelatih Terbaik yang Menangani Chelsea di Era Roman Abramovich

3. Mourinho mulai dikenal ketika sebagai seorang translator

Ulang Tahun, 5 Fakta Jose Mourinho yang Jarang Diketahui Publikdailymail.co.uk

Jose Mourinho mengawali kariernya sebagai seorang manajer akademi Setubal. Beberapa tahun kemudian, dia ditunjuk sebagai translator bagi klub Sporting CP pada tahun 1993 sebelum akhirnya ditunjuk menjadi seorang asisten manajer.

Beberapa tahun kemudian, dia sempat hijrah sebagai asisten manajer FC Porto sebelum akhirnya menjadi translator klub raksasa Spanyol, FC Barcelona. Di waktu yang sama dia juga ditunjuk sebagai asisten manajer FC Barcelona sebelum kariernya melesat sebagai seorang manajer klub profesional.

Sepanjang kariernya, dia pernah menjadi manajer beberapa klub besar seperti Real Madrid, Chelsea, Inter Milan, Manchester United, hingga Tottenham Hotspur. Dia sudah mendapatkan empat kali penghargaan sebagai pelatih terbaik di dunia.

4. Mourinho menguasai enam bahasa sekaligus

Ulang Tahun, 5 Fakta Jose Mourinho yang Jarang Diketahui Publikskysports.com

Seperti yang kita ketahui, Mourinho pernah menjalani karier sebagai translator. Memang, dia sendiri mampu menguasai enam bahasa sekaligus. Dia mampu berbahasa Portugis, Inggris, Spanyol, Catalan, Italia, hingga Prancis.

Karena kemampuan itulah, Mourinho dapat masuk dalam beberapa klub ternama dan menjadi salah satu pelatih top di dunia saat ini. Memang, bahasa merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki seorang pelatih klub besar karena pemain-pemain mereka bisa jadi dari berbagai negara.

5. Mourinho mendapatkan gelar doktor

Ulang Tahun, 5 Fakta Jose Mourinho yang Jarang Diketahui Publiksportskeeda.com

Satu fakta lainnya yang jarang diketahui oleh penggemar bola ialah Mourinho mempunyai gelar doktor. Pada tahun 2009, dia mendapatkan gelar doktor dari Lisbon's Technical University sebagai apresiasi atas segala prestasinya yang dia raih.

Salah satu prestasi yang menjadi pertimbangan gelar doktor yang diberikan universitas tersebut ialah pada saat Mourinho sukses membawa FC Porto menjuarai Liga Champions 2004 dan gelar Premier League bersama Chelsea pada tahun 2005 dan 2006.

 

Nah, itu dia lima fakta dari Jose Mourinho yang jarang diketahui publik. Di usianya yang ke-58, ternyata terdapat beberapa yang menarik dari sosok pelatih hebat tersebut. Selamat ulang tahun Jose Mourinho!

Baca Juga: 5 Klub Tersukses yang Pernah Dilatih Jose Mourinho, The Special One!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya