Comscore Tracker

5 Fakta Keberhasilan Manchester City Menjuarai EPL 2021/2022

Trofi EPL kedelapan bagi Manchester City

Manchester City berhasil menjuarai English Premier League (EPL) 2021/2022 setelah mengalahkan Aston Villa di Etihad Stadium dengan skor 3-2 pada Minggu (22/5/2022). Manchester City sempat tertinggal 0-2 hingga menit ke-70 sampai akhirnya comeback

Dua gol Ilkay Gundogan dan satu gol Rodri cukup membuat mereka kembali meraih trofi kasta tertinggi Liga Inggris. Ada lima fakta keberhasilan Manchester City menjuarai EPL musim ini.

1. Trofi Premier League keempat bagi Pep Guardiola

5 Fakta Keberhasilan Manchester City Menjuarai EPL 2021/2022Pep Guardiola bersama Manchester City (skysports.com)

Ini merupakan trofi keempat Pep Guardiola di Premier League. Guardiola membutuhkan 5 musim saja untuk meraih 4 trofi tersebut. Dia hanya kalah pada 2019/2020 saat Liverpool meraih trofi.

Pep Guardiola juga menjadi manajer pertama di luar Britania Raya yang berhasil meraih empat trofi Premier League. Sedangkan, manajer dengan trofi EPL terbanyak masih diraih Sir Alex Ferguson.

2. Ederson berbagi Golden Glove bersama rekan senegaranya, Alisson

5 Fakta Keberhasilan Manchester City Menjuarai EPL 2021/2022Alisson dan Ederson (sportsdias.com)

Baik Ederson Moraes dan Alisson tidak berhasil meraih clean sheet pada pekan terakhir Premier League. Artinya, Ederson dan Alisson sama-sama meraih 20 clean sheet di EPL 2021/2022.

Kedua kiper asal Brasil itu pun harus berbagi Golden Glove musim ini. Ederson sendiri kebobolan dua gol saat menjamu Aston Villa pada pekan terakhir.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Gol Terbanyak di Premier League 2021/2022

3. Pep Guardiola melakukan pergantian pemain yang pas saat melawan Aston Villa

5 Fakta Keberhasilan Manchester City Menjuarai EPL 2021/2022Joao Cancelo dan Oleksandr Zinchenko (theathletic.com)

Pada babak pertama, Manchester City ketinggalan terlebih dahulu dengan skor 0-1 melalui gol Matty Cash. Melihat babak pertama tak sesuai harapan, Fernandinho ditarik untuk digantikan Oleksandr Zinchenko pada babak berikutnya.

Permainan mulai sesuai rencana walau Manchester City sempat kebobolan lagi melalui gol Philippe Coutinho. Namun, setelah Raheem Sterling dan Ilkay Gundogan masuk, mereka berhasil menemukan permainan terbaiknya.

Sterling, Gundogan, dan Zinchenko sama-sama menjadi pemain penting dalam tiga gol Manchester City. Andaikan Guardiola telat memasukkan mereka, hasil akhir dapat berbeda.

4. Fernandinho dan Aguero jadi pemain Amerika Selatan dengan trofi Premier League terbanyak

Kemenangan ini berbuah trofi kelima bagi Fernandinho di Premier League. Fernandinho menyamai rekor mantan rekannya di Manchester City, Sergio Aguero.

Fernandinho dan Aguero menjadi pemain Amerika Selatan dengan trofi kasta tertinggi Liga Inggris terbanyak sepanjang sejarah. Sedangkan, di posisi kedua, terdapat mantan pemain Manchester United, Anderson, dengan torehan empat trofi.

5. Trofi pertama bagi pemain mahal Inggris, Jack Grealish

5 Fakta Keberhasilan Manchester City Menjuarai EPL 2021/2022Jack Grealish mengangkat trofi English Premier League 2021/2022. (twitter.com/JackGrealish)

Ini merupakan trofi pertama di level senior bagi Jack Grealish. Semenjak bergabung dengan Manchester City pada awal musim 2021/2022, Grealish kehilangan kesempatan untuk meraih trofi pertamanya, Community Shield, Carabao Cup, Piala FA, dan Liga Champions Eropa.

Untungnya, pemain asal Inggris dengan harga beli termahal itu berhasil meraih trofi pertamanya di Premier League secara dramatis. Grealish sendiri menyumbang 3 gol dan 3 assist di EPL 2021/2022.

Ini merupakan trofi kedelapan Manchester City di Premier League. Apakah Manchester City akan mempertahankan gelar ini musim depan?

Baca Juga: 5 Kiper dengan Penyelamatan Terbanyak di Premier League 2021/2022

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya