Comscore Tracker

5 Fakta Kemenangan Manchester City Atas Borussia Dortmund, Comeback!

Gol pertama Haaland ke gawang sang mantan

Manchester City berhasil menyapu bersih tiga poin di laga melawan Borussia Dortmund pada matchday kedua fase grup Liga Champions 2022/2023, Kamis (15/9/2022). Sempat tertinggal, Manchester City akhirnya sukses menuntaskan comeback.

Gol Dortmund dicetak oleh Jude Bellingham pada menit ke-56 lewat sundulan di dalam kotak penalti. Di sisi lain, gol Manchester City masing-masing dicetak oleh John Stones melalui tendangan jarak jauh pada menit ke-80 dan sontekan cantik Erling Haaland pada menit ke-84. 

Simak sederet fakta kemenangan Manchester City atas Borussia Dortmund di matchday kedua UCL 2022/2023 berikut ini, ya!

1. Pergantian Pep Guardiola membuahkan hasil

5 Fakta Kemenangan Manchester City Atas Borussia Dortmund, Comeback!Pep Guardiola (instagram.com/pepteam)

Pada menit ke-56, Manchester City sempat tertinggal melalui gol Jude Bellingham. City sendiri sempat kesulitan menggedor lini pertahanan Borussia Dortmund. Bahkan, hingga menit ke-58, tak ada tendangan ke gawang yang dihasilkan oleh skuad Pep Guardiola.

Permainan seketika berubah ketika Pep Guardiola memasukkan tiga pemain pengganti bersamaan pada menit ke-58 atau setelah Manchester City tertinggal. Sejak itu, pola permainan Manchester City jadi lebih kreatif hinga mereka berhasil bermain dengan tempo cepat. Alhasil, dua gol tercipta dalam selang waktu lima menit melalui John Stones dan Erling Haaland. 

2. Laga yang ke-150 bagi Pep Guardiola di ajang Liga Champions

5 Fakta Kemenangan Manchester City Atas Borussia Dortmund, Comeback!Pep Guardiola (instagram.com/pepteam)

Laga melawan Borussia Dortmund ini merupakan laga yang ke-150 Pep Guardiola di ajang Liga Champions. Dari sekian laga tersebut, Guardiola berhasil menorehkan 95 kemenangan, termasuk kemenangan melawan Borussia Dortmund pada, Kamis (15/09/2022), dini hari WIB.

Sementara itu, Guardiola juga sudah meraih hasil imbang sebanyak 29 kali dan baru mengalami kekalahan sebanyak 26 kali. Setidaknya, membesut Barcelona, Bayern Munich, dan Manchester City, Guardiola sudah menjebol gol tim lawan sebanyak 353 gol dan kebobolan sebanyak 150 gol. 

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Kemenangan Bayern Munich Atas Barcelona di UCL

3. Gol Erling Haaland ke gawang mantan

5 Fakta Kemenangan Manchester City Atas Borussia Dortmund, Comeback!Erling Haaland bersama Manchester City (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland berhasil mencetak gol kemenangan di laga Manchester City melawan Borussia Dortmund ini. Tentu saja gol ini jadi lebih spesial karena Haaland langsung "melukai" mantan klub yang membesarkan namanya itu.

Laga ini memang ditunggu-tunggu oleh para fans Manchester City, Borussia Dortmund, dan Haaland sendiri. Pemain asal Norwegia itu pun memutuskan untuk tak melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Borussia Dortmund di laga ini. 

4. Jude Bellingham jadi remaja Inggris paling produktif di ajang Liga Champions

Meski menelan kekalahan, Jude Bellingham berhasil menorehkan suatu catatan impresif. Bellingham resmi menjadi remaja asal Inggris dengan kontribusi gol terbanyak di ajang Liga Champions sejauh ini.

Sejauh ini, pemain yang baru berusia 19 tahun tersebut telah berhasil mencetak empat gol di ajang Liga Champions. Dia berhasil mengungguli beberapa pesepak bola Inggris ternama saat mereka masih remaja, seperti Wayne Rooney, Phil Foden, Theo Walcott, hingga Jadon Sancho yang masing-masing mencetak tiga gol.

5. Statistik mengerikan Erling Haaland di Liga Champions

Erling Haaland berhasil menjadi bintang di laga ini. Selain mencetak gol kemenangan, Haaland juga berhasil membuat namanya merangsek sebagai penyerang mematikan di UCL sejak usia muda.

Bagaimana tidak, dari 21 laga Liga Champions yang telah ia lakoni sejauh ini, Haaland berhasil sudah menorehkan 26 gol. Artinya, Haaland hanya membutuhkan rata-rata 62 menit per laga di ajang Liga Champions untuk mencetak gol. 

Kemenangan Manchester City atas Borussia Dortmund ini membuat anak asuh Pep Guardiola untuk sementara memuncaki klasemen Grup G Liga Champions 2022/2023. Di matchday ketiga, Manchester City akan melawan Copenhagen, sedangkan Borussia Dortmund akan melawan Sevilla. 

Baca Juga: Catatan Kemenangan Besar Club Brugge atas Porto di UCL 2022/2023

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya