Comscore Tracker

5 Fakta dari Manajer Newcastle United, Steve Bruce, Korban Akuisisi!

Ternyata pernah bersinar bersama Manchester United!

Belakangan ini nama Newcastle United kerap diberitakan banyak media akibat akuisisi yang dilakukan oleh Pangeran Mohammed bin Salman. Dengan adanya akuisisi tersebut, Newcastle langsung menjadi klub dengan pemilik terkaya di dunia. Pastinya hal tersebut memberikan harapan baru bagi para fans Newcastle United agar dapat mengembalikan kejayaan seperti pada abad ke-20.

Sayangnya, akuisisi Newcastle United membuat posisi manajer Steve Bruce terancam. Pasalnya, Newcastle berada di posisi ke-19 Premier League sejauh musim ini. Pastinya terdapat beberapa fakta menarik tentang manajer asal Inggris itu. Berikut 5 fakta tentang manajer Newcastle United Steve Bruce yang wajib kamu tahu. 

1. Steve Bruce pernah cukup lama membela Manchester United sebagai pemain

5 Fakta dari Manajer Newcastle United, Steve Bruce, Korban Akuisisi!potret Steve Bruce bersama Manchester United (manutd.com)

Dalam kariernya sebagai seorang pemain, sudah banyak klub yang dibelanya. Dia mengawali karier di klub Gillingham FC sebelum pindah ke Norwich City pada tahun 1984. Di Norwich City, dia hanya bertahan selama 3 tahun karena dilirik oleh klub raksasa Inggris, Manchester United. 

Saat itu dia dibeli dengan harga 1,2 juta euro atau setara 19 miliar rupiah. Di zaman tersebut, harga tersebut tergolong mahal bagi seorang pesepak bola. Dia memutuskan untuk pensiun sebagai pemain pada tahun 1999 di klub Sheffield United.

2. Saat menjadi pemain, sudah ada 13 trofi yang berhasil dia raih

5 Fakta dari Manajer Newcastle United, Steve Bruce, Korban Akuisisi!potret Steve Bruce bersama Manchester United (tribuna.com)

Nama Steve Bruce memang merupakan salah satu nama top di sepak bola Inggris. Berposisi sebagai bek tengah, dia menjadi sosok yang paling ditakuti oleh para pemain depan tim lawan kala itu. Kemampuannya dalam membaca serangan dan menghalau pergerakan lawan menjadi kelebihannya saat itu.

Tak heran jika dia sudah berhasil meraih 13 trofi di berbagai ajang, mulai dari UEFA Supercup, FA Community Shield, Liga Inggris, Piala Liga, hingga Piala FA. Dari 13 trofi yang diraihnya, 12 di antaranya didapatkan saat membela Manchester United. Sementara itu, 1 trofi lainnya diraihnya saat membela Norwich City, yaitu Piala Liga 1985.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Jadi Rekrutan Anyar Newcastle United  

3. Steve Bruce merupakan salah satu bek tengah paling haus gol sepanjang sejarah sepak bola

5 Fakta dari Manajer Newcastle United, Steve Bruce, Korban Akuisisi!potret Steve Bruce (teamtalk.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Steve Bruce menempati posisi ketujuh pemain belakang dengan gol terbanyak dalam sejarah sepak bola. Ada 113 gol yang berhasil dia cetak selama berkarier sebagai pemain. Dapat dikatakan dia menjadi salah satu pemain belakang paling produktif dalam mencetak gol kala itu. 

Dia memiliki keunggulan dalam bola-bola atas sehingga kerap menjadi target man tendangan pojok dan tendangan bebas. Dia juga kerap dipercaya sebagai eksekutor penalti yang dapat diandalkan.

4. Walau bersinar di klub, Steve Bruce diacuhkan oleh negaranya

5 Fakta dari Manajer Newcastle United, Steve Bruce, Korban Akuisisi!potret foto Steve Bruce yang sudah ditandatanganinya (elitesportshistory.com)

Pada akkhir abad ke-20, harus diakui bahwa nama Steve Bruce menjadi salah satu bek tengah terbaik kala itu. Apalagi, dia berhasil mempersembahkan berbagai trofi bagi Manchester United. Selain itu, dia juga unggul dalam bola-bola atas yang kerap membuahkan gol ke gawang tim lawan. 

Sayangnya, dia tak pernah bermain bagi Timnas Inggris selama karier sepak bolanya. Kala itu dia kalah bersaing dengan nama-nama seperti Tony Adams, Des Walker, dan Mark Wright. Walau begitu, banyak yang menilai bahwa Steve Bruce layak untuk memperoleh cap bersama Inggris.

5. Belum bisa berikan trofi selama menjadi pelatih

5 Fakta dari Manajer Newcastle United, Steve Bruce, Korban Akuisisi!potret Steve Bruce (sport360.com)

Steve Bruce mengawali karier kepelatihannya bersama Sheffield United. Dia juga pernah melatih beberapa klub seperti, Wigan, Birmingham, Sunderland, Huddersfield Town, Aston Villa, Hull City, hingga Sheffield Wednesday. Sejak 2019 lalu, dia resmi ditunjuk untuk menangani Newcastle United. 

Sayangnya, dari sekain banyak klub yang dilatih, tak ada trofi yang berhasil diraihnya. Dia memang kesulitan untuk meracik skuad agar mampu bersaing dengan klub-klub papan atas dalam beberapa musim terakhir.

 

Karier Steve Bruce di Newcastle United berada di ujung tanduk seiring kabar bahwa dia akan segera disingkirkan. Hal tersebut tak lepas dari akuisisi klub tersebut oleh pangeran Mohammed bin Salman. Walau belum diresmikan, peresmian hengkangnya Steve Bruce dipercaya akan segera diumumkan oleh pihak manajemen Newcastle United.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terbaik Newcastle United di Era Kepelatihan Steve Bruce

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya