Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Babak 16 Besar Piala Eropa 2020 yang Wajib Kamu Tahu

Sudah tahu terdapat beberapa rekor tercipta?

Babak 16 besar Piala Eropa 2020 baru saja berakhir dan menghasilkan 8 negara yang akan berjuang ke semifinal. Kedelapan negara tersebut ialah Ukraina, Inggris, Swiss, Spanyol, Belgia, Republik Ceko, Italia, dan Denmark. Kedelapan negara tersebut memang berhasil tampil impresif di babak 16 besar kompetisi empat tahunan ini.

Terlepas dari hal tersebut, pastinya terdapat beberapa fakta menarik mengenai babak 16 besar Piala Eropa 2020 yang baru saja selesai. Apa saja ya kira-kira? Yuk simak penjelasannya. 

1. Negara dari grup neraka tersingkir

5 Fakta Menarik Babak 16 Besar Piala Eropa 2020 yang Wajib Kamu Tahupotret Bernardo Silva bersama Timnas Portugal(90min.com)

Di Grup F Piala Eropa 2020 terdapat 3 perwakilan yang melaju ke babak 16 besar, yaitu Prancis, Jerman, dan Portugal. Ketiga penghuni grup neraka tersebut difavoritkan menjadi salah satu jawara kompetisi empat tahunan edisi kali ini. Bagaimana tidak, Prancis dan Jerman pernah mencicipi gelar Piala Dunia dalam 2 dekade terakhir, sedangkan Portugal berstatus juara bertahan Piala Eropa.

Sayangnya, ketiga negara dari grup neraka itu tidak ada yang lolos ke babak perempat final. Prancis dikalahkan Swiss melalui drama adu penalti. Di sisi lain, Portugal dikalahkan Belgia dan Jerman dikalahkan Inggris.

2. Ada 3 negara yang meraih peringkat 3 di fase grup yang lolos ke perempat final

5 Fakta Menarik Babak 16 Besar Piala Eropa 2020 yang Wajib Kamu Tahupotret Patrick Schick bersama Timnas Republik Ceko(kickdaddy.com)

Terdapat 4 negara dengan peraih peringkat ketiga terbaik di fase grup yang berhak melaju ke babak 16 besar, yaitu Swiss (Grup A), Ukraina (Grup C), Republik Ceko (Grup D), dan Portugal (Grup F). Uniknya, 3 dari 4 negara tersebut berhasil lolos ke perempat final. 

Pastinya hal tersebut di luar ekspektasi kebanyakan orang yang menganggap bahwa negara dengan peringkat ketiga hanya pemanis di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Ketiga negara tersebut adalah Republik Ceko yang berhasil menyingkirkan Belanda, Ukraina yang menyingkirkan Swedia, dan Swiss yang menyingkirkan Prancis. Portugal sendiri harus mengakui dominasi Belgia di fase gugur beberapa waktu lalu dengan skor 1-0.

Baca Juga: [BREAKING] Kalahkan Belgia 2-1, Italia Lolos ke Semifinal Piala Eropa 

3. Setengah juara grup tersingkir di babak 16 besar

5 Fakta Menarik Babak 16 Besar Piala Eropa 2020 yang Wajib Kamu Tahupotret Donyell Malen bersama Timnas Belanda(acmilaninfo.com)

Berstatus sebagai juara grup, pastinya memberikan keuntungan tersendiri bagi negara tersebut di Piala Eropa 2020. Sayangnya, hal tersebut tak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa negara yang berhasil menjuarai grup. Sebut saja Belanda yang merupakan juara Grup C harus babak belur dengan peraih peringkat ketiga Grup D. 

Ada juga Prancis, juara Grup F yang harus tersingkir oleh Swiss melalui drama adu penalti. Selain itu, Swedia yang juara Grup C pun harus tersingkir oleh Ukraina dengan skor 1-2.

4. Frank de Boer resmi mengundurkan diri akibat tersingkir di babak 16 besar

5 Fakta Menarik Babak 16 Besar Piala Eropa 2020 yang Wajib Kamu Tahupotret Frank de Boer(theathletic.com)

Kalah dari Republik Ceko dengan skor 2-0 pastinya merupakan suatu hal yang di luar ekspektasi para pendukung Belanda di Piala Eropa 2020. Hal tersebut tak lepas dari status juara grup yang dimiliki oleh skuad asuhan Frank de Boer. Kekalahan dari Republik Ceko membuat Frank de Boer harus mengundurkan diri setelah babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Frank De Boer baru melatih Timnas Belanda sekitar satu tahun lalu untuk menggantikan posisi Ronald Koeman yang pindah ke Barcelona. Frank De Boer dipastikan tidak akan melatih Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 yang sebentar lagi akan berlangsung.

5. Spanyol menciptakan rekor di babak 16 besar

5 Fakta Menarik Babak 16 Besar Piala Eropa 2020 yang Wajib Kamu Tahupotret Ferran Torres bersama Timnas Spanyol(twitter.com/Champions League)

Laga Spanyol melawan Kroasia merupakan salah satu laga yang paling seru. Bagaimana tidak, terdapat 8 gol tercipta dalam pertandingan tersebut. Uniknya, terdapat beberapa rekor yang diciptakan Spanyol di ajang tersebut.

Pedri merupakan pemain termuda yang bermain di fase gugur Piala Eropa 2020 dengan usia 18 tahun dan 215 hari. Selain itu, Pedri juga tercatat sebagai pencetak gol bunuh diri terjauh dalam sejarah kompetisi itu. Ada juga nama Ferran Torres yang menjadi pencetak gol termuda Spanyol di Piala Eropa 2020.

 

Nah, itu dia 5 fakta menarik mengenai babak 16 besar Piala Eropa 2020. Ternyata terdapat beberapa hal menarik yang tercipta di ajang Piala Eropa 2020 ini, ya. Kira-kira, apa yang akan terjadi di perempat final nanti?

Baca Juga: [BREAKING] Tekuk Swiss Lewat Adu Penalti, Spanyol ke Semifinal 

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya