5 Fakta Menarik tentang Aktivitas Transfer Musim Panas Manchester City

Mampukah The Cityzens mempertahankan gelar Premier League?

Bursa transfer musim panas 2021/2022 baru saja berakhir dengan menyajikan berbagai kejutan. Berbagai klub tampak habis-habisan untuk mendatangkan para pemain incaran mereka. Di sisi lain, ada juga juara Premier League dan finalis Liga Champions musim lalu, Manchester City, yang tampak tidak puas atas aktivitas bursa transfer musim panas ini.

Terdapat beberapa fakta menarik tentang aktivitas transfer musim panas yang dilakukan oleh Manchester City. Kira-kira, apa saja fakta tersebut? Yuk, simak penjelasannya bagi kamu para fans Manchester City.

1. Manchester City gagal merekrut 2 dari 3 target utamanya

5 Fakta Menarik tentang Aktivitas Transfer Musim Panas Manchester Cityilustrasi Harry Kane berseragam Manchester City (footballtalk.org)

Pada bursa transfer musim panas ini, Manchester City dikabarkan memiliki 3 target utama, yaitu Jack Grealish, Harry Kane, dan Nuno Mendes. Mereka memang berhasil mendatangkan Grealish dari Aston Villa dengan harga 117,5 juta euro atau setara 1,9 triliun rupiah. Sayangnya, Manchester City tak bisa mendatangkan Harry Kane karena pemilik Tottenham, Daniel Levy, enggan melepas kapten Inggris tersebut. 

Padahal, Harry Kane sudah mencapai kesepakatan personal dengan Manchester City. Di sisi lain, Manchester City tampaknya tidak akan bisa menggunakan jasa Benjamin Mendy setelah dikabarkan terkena kasus hukum serius sehingga harus dibekukan dari skuad. Alhasil, Manchester City mencoba untuk mendatangkan Nuno Mendes dari Sporting CP.

Sayangnya, mereka tampak keberatan dengan harga yang dipasang oleh pihak Sporting CP. Akhirnya, Manchester City harus merelakan Nuno Mendes dipinjamkan ke Paris Saint-Germain pada musim ini.

2. Manchester City hampir mendatangkan Cristiano Ronaldo

5 Fakta Menarik tentang Aktivitas Transfer Musim Panas Manchester Citypotret Cristiano Ronaldo berseragam Manchester United (news.sky.com)

Beberapa hari lalu, publik dikejutkan dengan kembalinya Cristiano Ronaldo ke Manchester United. Sebelumnya, Cristiano Ronaldo dikabarkan akan merapat ke Manchester City. Agen Jorge Mendes dikabarkan sudah menawarkan Ronaldo ke Manchester City dan Manchester United. 

Manchester City memang membutuhkan satu striker baru setelah ditinggal legendanya, Sergio Aguero, ke Barcelona. Sayangnya, Manchester City mengatakan keluar dari perburuan Ronaldo sebelum Manchester United memberikan tawaran ke Juventus. Manchester City dikabarkan enggan membayar Ronaldo sesuai dengan permintaan Juventus.

Baca Juga: Dansa Terakhir Cristiano Ronaldo

3. Tiga pemain Manchester City yang dikabarkan ingin hengkang ternyata bertahan musim ini

5 Fakta Menarik tentang Aktivitas Transfer Musim Panas Manchester Citypotret Bernardo Silva bersama Manchester CIty (fourfourtwo.com)

Beberapa minggu lalu, Pep Guardiola mengatakan bahwa terdapat beberapa pemain yang ingin hengkang dari Manchester City. Pemain-pemain tersebut diyakini adalah Bernardo Silva, Aymeric Laporte, dan Gabriel Jesus. Menariknya, ketiga pemain tersebut berhasil menembus skuad utama di laga-laga awal Premier League. 

Sebelumnya, Bernardo dikabarkan diminati oleh Atletico Madrid dan AC Milan, sedangkan Aymeric Laporte dikabarkan diminati oleh klub raksasa Spanyol, Barcelona. Ada juga Gabriel Jesus yang diminati oleh Juventus.

Tak ada satu pun dari pemain di atas yang pindah klub dari Manchester City seiring dengan ditutupnya bursa transfer musim panas ini. Ketiga pemain tersebut dipercaya akan menjadi pilihan utama Pep Guardiola jika mampu tampil konsisten sepanjang pertandingan.

4. Sebanyak 10 pemain Manchester City dipinjamkan ke klub lain

5 Fakta Menarik tentang Aktivitas Transfer Musim Panas Manchester Citypotret Patrick Roberts bersama Manchester City (manchestercity.vitalfootball.co.uk)

Jarang ada yang mengetahui bahwa Manchester City meminjamkan para pemainnya ke klub lain. Setidaknya ada 10 nama yang dipinjamkan oleh juara Premier League musim lalu itu. Beberapa nama yang dipinjamkan ialah Yangel Herrera (Espanyol), Ko Itakura (FC Schalke 04), Daniel Arzani (Lommel SK), Arijanet Muric (Adana Demirspor), Ryotaro Meshino (GD Estoril Praia), Marlos Moreno (KV Kortrijk) hingga Filip Stevanovic (SC Heerenveen).

Ada pula 3 pemain Manchester City yang dipinjamkan ke klub yang sama, yaitu Issa Kaboré, Philippe Sandler, dan Patrick Roberts. Ketiga pemain tersebut dipinjamkan ke ESTAC Troyes yang bermain di Ligue 1 Prancis.

5. Walau hanya datangkan 3 pemain, pengeluaran Manchester City lebih besar dari pendapatan

5 Fakta Menarik tentang Aktivitas Transfer Musim Panas Manchester Citypotret Jack Grealish berseragam Manchester City (standard.co.uk)

Pada bursa transfer musim panas ini, Manchester City hanya bisa mendatangkan 3 pemain. Jack Grealish dibeli dari Aston Villa dengan harga 117,5 juta euro atau setara 1,9 triliun rupiah. Ada juga Scott Carson yang dipermanenkan secara gratis dari Derby County. 

Wonderkid Fluminese yang bernama Kayky juga didatangkan Manchester City dengan harga 10 juta euro atau setara 169 miliar rupiah. Total pengeluaran Manchester City untuk mendatangkan 3 pemain sebesar 127,5 juta euro atau sekitar 2,1 triliun rupiah.

Sementara itu, Manchester City memperoleh pendapatan dari penjualan sebesar 38,8 juta euro atau sekitar 656 miliar rupiah. Beberapa pemain Manchester yang dijual ialah Angelino (RB Leipzig), Jack Harrison (Leeds United), dan Lukas Nmecha (VfL Wolfsburg).

 

Nah, itu dia 5 fakta menarik tentang aktivitas transfer Manchester City pada bursa transfer musim panas ini. Klub tersebut memang gagal mendatangkan 2 pemain incaran mereka, yaitu Harry Kane dan Nuno Mendes. Menurutmu, mampukah Manchester City mempertahankan gelar Premier League dan meraih trofi Liga Champions musim ini?

Baca Juga: [BREAKING] Manchester City dan PSG Jumpa di Grup Neraka Liga Champions

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya