5 Fakta dari Mohamed bin Salman, Pemilik Baru Newcastle United

Yuk, mengenal sultan asal Arab Saudi yang satu ini

Baru-baru ini, Mohamed bin Salman resmi mengakuisisi Newcastle United dari Mike Ashley. Salah satu tokoh di Arab Saudi itu membeli Newcastle United melalui perusahaan konsorsiumnya, Public Investment Fund. Sebelumnya, Mike Ashley sudah memiliki Newcastle United selama 14 tahun ke belakang. 

Banyak yang bertanya-tanya siapakah sosok Mohamed bin Salman itu, terutama bagi para penggemar sepak bola. Bagi kamu yang juga penasaran, berikut 5 fakta dari Mohamed bin Salman yang wajib kamu tahu. 

1. Anak dari Raja Salman

5 Fakta dari Mohamed bin Salman, Pemilik Baru Newcastle Unitedpotret Mohammed Bin Salman dan Raja Salman (middleeastmonitor.com)

Pastinya sosok Mohammed Bin Salman bukan merupakan sosok yang sembarangan. Dia merupakan anak dari Raja Salman yang merupakan Raja, sekaligus Perdana Menteri Arab Saudi. Mohammed lahir di Riyadh pada 31 Agustus 1985 dari pasangan Salman bin Abdulaziz dan Fahda binti Falah Al Hithlain. 

Saat ini, dia juga menjabat sebagai salah satu pimpinan utama di pemerintahan Arab Saudi, yaitu sebagai Deputi Utama Perdana Menteri. Jabatannya itu diraihnya sejak 21 Juni 2017 lalu. Mohammed juga menikahi seorang wanita yang bernama Sara binti Mashour pada tahun 2008.

2. Pimpinan Public Investment Fund

5 Fakta dari Mohamed bin Salman, Pemilik Baru Newcastle Unitedpotret Mohammed Bin Salman (fedenerazzurra.net)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Newcastle United dibeli oleh Public Investment Fund (PIF). Perusahaan tersebut dipimpin oleh Mohammed bin Salman. Ada pula sosok Yasir Al-Rumayyan yang merupakan gubernur dari Public Inverstment Fund.

Perusahaan di bidang investasi tersebut didirikan pada tahun 1971 dengan tujuan pengelolaan terhadap sebagian dana Pemerintah Arab Saudi agar memberikan manfaat dalam jangka panjang. Mohammed bin Salman sendiri baru ditunjuk sebagai pimpinan perusahaan tersebut sejak tahun 2015 seiring dengan perpindahan tanggung jawab perusahaan PIF dari Kementerian Keuangan ke Dewan Urusan Pembangunan dan Ekonomi (CEDA).

Baca Juga: Newcastle United Resmi Diakuisisi Konsorsium Arab Saudi

3. Mohammed Bin Salman pernah masuk daftar 10 orang teratas paling berpengaruh di dunia

5 Fakta dari Mohamed bin Salman, Pemilik Baru Newcastle Unitedpotret cover wajah Mohammed Bin Salman di majalah TIME (english.alarabiya.net)

Pada tahun 2018, majalah TIME pernah memasukkan nama Mohammed Bin Salman sebagai daftar 10 orang teratas paling berpengaruh di dunia. Sejak dipimpin oleh dirinya, perusahaan Public Investment Fund memang berkembang sangat pesat. Apalagi, statusnya sebagai salah satu pimpinan tertinggi di pemerintahan Arab Saudi.

Tak heran jika namanya masuk dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2018. Di sisi lain, masih bergantungnya banyak negara terhadap minyak-minyak yang diproduksi Arab Saudi membuat sosok Mohammed Bin Salman menjadi semakin disegani oleh berbagai pimpinan dari negara lainnya.

4.Menjadi Menteri Pertahanan termuda di dunia 

5 Fakta dari Mohamed bin Salman, Pemilik Baru Newcastle Unitedpotret Mohammed Bin Salman (abouther.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Mohammed bin Salman merangkap beberapa jabatan di pemerintahan Arab Saudi. Selain menjabat sebagai deputi perdana menteri, dia juga menjabat sebagai Dewan Urusan Pembangunan dan Ekonomi (CEDA) dan menteri pertahanan Arab Saudi.

Dia sendiri ditunjuk sebagai menteri pertahanan sejak 23 Januari 2015. Kala itu usianya baru berusia 30 tahun. Dengan hal tersebut, dia menjadi menteri pertahanan termuda di dunia dalam sejarah.

5. Akuisisi Newcastle United, dia dinobatkan sebagai pemilik klub bola terkaya di dunia

5 Fakta dari Mohamed bin Salman, Pemilik Baru Newcastle Unitedpotret Mohammed Bin Salman (insidearabia.com)

Nama Mohammed bin Salman kembali mencuat ketika berhasil mengakuisisi Newcaslte United yang bermain di Premier League. Dia merupakan pemilik klub sepak bola terkaya di dunia. Kekayaan perusahaan yang dimilikinya mencapai 320 miliar euro atau setara 5,2 kuadriliun rupiah.

Dana tersebut memang milik dana Pemerintah Arab Saudi. Walau begitu, tetap saja dia yang disorot oleh khalayak publik sebagai pemilik klub sepak bola dengan kekayaan terbesar. Di sisi lain, Mohammed bin Salman tidak memegang alih Newcastle United secara langsung, melainkan urusan operasional klub tersebut masih dipimpin oleh Mike Ashley.

 

Nah, itu dia 5 fakta menarik dari Mohammed Bin Salman yang wajib kamu tahu. Dengan akuisisi Newcastle oleh Mohammed, klub tersebut diyakini akan menjadi kekuatan tersendiri dalam sedekade ke depan. Menurutmu, seberapa signifikan pengaruh Mohammed Bin Salman dalam membuat Newcastle United semakin berprestasi?

Baca Juga: 5 Fakta Penangkapan Besar-besaran oleh Mohammed bin Salman

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya