Comscore Tracker

5 Fakta Pekan Pertama Liga Champions 2021/2022, Banyak Rekor

Terdapat beberapa rekor yang tersamai di pekan pertama!

Liga Champions 2021/2022 pekan pertama baru saja berakhir. Berbagai kejutan terjadi di pekan pertama kompetisi sepak bola terbesar di Eropa ini. Laga Manchester City melawan RB Leipzig diwarnai banjir gol dengan skor akhir 6-3. 

Ada pula Liverpool yang berhasil menang dramatis atas AC Milan dengan skor 3-2. Terlepas dari hal tersebut, terdapat beberapa hal menarik yang terjadi pada pekan pertama Liga Champions musim ini. Berikut 5 fakta menarik tentang pekan pertama Liga Champions 2021/2022 yang wajib kamu tahu. 

1. Cristiano Ronaldo samai rekor Iker Casillas untuk pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Champions

5 Fakta Pekan Pertama Liga Champions 2021/2022, Banyak Rekorpotret laga BSC Young Boys melawan Manchester United (worldfootball.net)

Memang, Cristiano Ronaldo tak mampu membawa Manchester United menang melawan BSC Young Boys di pekan pertama Liga Champions musim ini. Meskipun begitu, Ronaldo berhasil menyamai rekor Iker Casillas sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Champions. Keduanya sama-sama tampil sebanyak 177 kali di ajang tersebut. 

Ada pula Lionel Messi yang juga baru saja memberikan penampilan ke-150 di ajang ini. Dia hanya membutuhkan 1 penampilan lagi untuk menyamai jumlah penampilan mantan rekannya di Barcelona, Xavi, yang menempati pemain ketiga dengan penampilan terbanyak setelah Casillas dan Ronaldo. 

2. Sébastien Haller samai rekor Marco van Basten di musim 1992/1993

5 Fakta Pekan Pertama Liga Champions 2021/2022, Banyak Rekorpotret Sébastien Haller bersama Ajax (twitter.com/AFCAjax)

Sébastien Haller berhasil mencetak quat-trick atau 4 gol dalam satu pertandingan di laga Ajax melawan Sporting CP. Haller mencetak gol pada menit ke-2, 9, 51, dan 63 ke gawang Sporting CP. Menariknya, 4 gol yang ditorehkannya terjadi di laga debutnya dalam ajang Liga Champions.

Dengan hal tersebut, Haller menyamai rekor Marco van Basten yang merupakan pemain yang berhasil mencetak quat-trick di laga debut Liga Champions. Perlu waktu 19 tahun untuk menyamai rekor Marco van Basten, dan pemain yang berhasil melakukannya ialah Sébastien Haller. 

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Liverpool Menang, PSG Ditahan Imbang

3. Laga debut Liga Champions bagi beberapa pemain top

5 Fakta Pekan Pertama Liga Champions 2021/2022, Banyak Rekorpotret Jack Grealish saat melakukan selebrasi (twitter.com/City_Xtra)

Tak banyak yang tahu bahwa terdapat beberapa pemain top yang baru debut di Liga Champions pada pekan pertama ini. Sébastien Haller berhasil menjalani debut Liga Champions dengan sempurna dengan menorehkan 4 gol. Tak hanya itu, bintang Manchester City Jack Grealish juga berhasil mencetak 1 gol dan 1 assist di debutnya melawan RB Leipzig. 

Ada juga Nuno Mendes yang dimainkan pada menit ke-75 saat Paris Saint-Germain melawan Club Brugge. Gerard Moreno dan Pau Torres juga berhasil menjalani debutnya dengan cukup baik walau Villareal ditahan imbang 2-2 oleh Atalanta. Manuel Locatelli juga berhasil mengantarkan Juventus unggul telak atas Malmo dengan skor 3-0 di laga debutnya dalam ajang Liga Champions.

4. Kejutan tim debutan Liga Champions, Sheriff Tiraspol

5 Fakta Pekan Pertama Liga Champions 2021/2022, Banyak Rekorpotret pemain Sheriff Tiraspol saat merayakan selebrasi gol (twitter.com/ZachLowy)

Sheriff Tiraspol merupakan klub debutan di Liga Champions pada musim ini. Menjadi klub debutan, banyak yang percaya bahwa klub ini tak akan mampu meraih kemenangan. Menariknya, klub asal Moldova itu berhasil menghajar klub perwakilan Ukraina, Shakhtar Donetsk dengan skor 2-0. 

Gol dicetak oleh Traore pada menit ke-16 dan Yansane pada menit ke-62. Dengan hal tersebut, Sheriff Tiraspol berhasil memuncaki klasemen Grup D karena Real Madrid 'hanya' menang 1-0 atas Inter Milan. 

5. Bukan awal yang baik bagi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo di era baru

5 Fakta Pekan Pertama Liga Champions 2021/2022, Banyak Rekorpotret Lionel Messi (twitter.com/WilliamHill)

Banyak yang berekspektasi bahwa pindahnya Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo akan membuat klub baru mereka menjadi haus gol. Sayangnya, hal tersebut tak tampak di pekan pertama Liga Champions musim ini. Cristiano Ronaldo memang tampil gemilang dengan mencetak gol di laga melawan BSC Young Boys. 

Namun, digantinya Ronaldo oleh Jesse Lingard tampaknya dapat menjadi salah satu biang kerok Setan Merah dikalahkan BSC Young Boys dengan skor 2-1. Di sisi lain, Lionel Messi tak mampu berbicara banyak di laga Club Brugge melawan Paris Saint-Germain. Bukannya mencetak gol, Messi malah diganjar kartu kuning di laga tersebut. 

 

Nah, itu dia 5 fakta menarik tentang pekan pertama Liga Champions. Memang, perjalanan di fase grup masih panjang dalam ajang ini. Menurutmu, klub mana yang berhasil tampil impresif di pekan pertama Liga Champions?

Baca Juga: 5 Pemain yang Berhasil Tampil Gemilang di Pekan Pertama Liga Champions

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya