Comscore Tracker

Dipecat Everton, 5 Fakta Pelatih Rafael Benitez

Resmi angkat kaki dari Goodison Park

Kekalahan Everton dari Norwich City dengan skor 1-2 menjadi mimpi buruk Rafael Benitez. Pasalnya, sehari setelah laga tersebut, Everton resmi mengumumkan Rafael Benitez didepak dari kursi kepelatihan. Padahal Benitez baru menjabat sebagai pelatih Everton selama 6 bulan.

Rafael Benitez sendiri merupakan salah satu pelatih top. Dia pernah menjuarai beberapa ajang bergengsi bersama klub-klub ternama.

1. Sudah melatih sepak bola pada usia 13 tahun

Dipecat Everton, 5 Fakta Pelatih Rafael BenitezPotret Rafael Benitez muda (kiri) dan Rafael Benitez dewasa (kanan). (footyfair.com)

Rafael  Benitez lahir pada 16 April 1960 di Madrid, Spanyol. Saat masih kecil, dia sudah menjadi adalan di sekolahnya untuk mewakili turnamen sepak bola. Menariknya, dia sudah dipercaya menjadi pelatih tim sepak bola anak-anak saat usianya baru 13 tahun.

Benitez dikabarkan masuk ke dalam skuad akademi Real Madrid sebelum masuk ke dalam skuad senior Castilla. Pada 1982, Benitez melanjutkan studinya ke Polytechnic University of Madrid dengan mengambil jurusan olahraga.

2. Sempat menjadi pemain sekaligus asisten pelatih bersama Linares sebelum pensiun dini

Dipecat Everton, 5 Fakta Pelatih Rafael Benitezpotret Rafael Benitez (sportskeeda.com)

Pada 1985, Rafael Benitez memutuskan untuk bermain untuk Linares. Kala itu, Linares merupakan klub kasta ketiga Liga Spanyol. Kecerdikannya dalam meramu strategi membuat dia menjadi asisten pelatih dari Enrique Mateos di Linares.

Sayangnya, Linares ternyata menjadi klub terakhir yang pernah dibelanya sebagai pesepak bola profesional. Pasalnya, dia memutuskan pensiun dini pada 1986 akibat masalah kesehatan. 

Baca Juga: Everton Sudah Pecat Rafael Benitez

3. Memulai karier sebagai pelatih bersama Real Madrid U-17

Dipecat Everton, 5 Fakta Pelatih Rafael Benitezmantan pelatih Everton Rafael Benitez (skysports.com)

Setelah pensiun dini sebagai pesepak bola, Rafael Benitez mencoba peruntungan di dunia kepelatihan. Dia berhasil ditunjuk menjadi pelatih Real Madrid U-17 pada 1986. Setelah memberikan performa yang bagus selama 7 tahun, Benitez diangkat menjadi asisten pelatih Real Madrid pada 1993.

Setahun berikutnya, Benitez dipercaya untuk melatih Real Madrid B sebelum dikontrak Real Valladolid pada 1995. Sejak itu, namanya mulai dikenal di dunia sepak bola hingga akhirnya direkrut oleh banyak klub ternama.

4. Deretan prestasi Rafael Benitez

Dipecat Everton, 5 Fakta Pelatih Rafael Benitezmantan pelatih Everton Rafael Benitez (lookcharms.com)

Rafael Benitez pernah melatih beberapa klub ternama, seperti Liverpool, Napoli, Valencia, Real Madrid, Chelsea, Inter Milan, hingga Everton. Dia berhasil meraih berupa trofi dalam berbagai ajang.

Benitez pernah menjuarai Liga Champions 2004/2005 bersama Liverpool. Dia juga meraih trofi Piala Super UEFA dan Piala FA.

Selain itu, dia pernah meraih trofi LaLiga sebanyak dua kali bersama Valencia pada 2002 dan 2004. Bersama Chelsea, dia sempat memenang Liga Europa 2013.

5. Pelatih kedua yang menangani Liverpool dan Everton dalam sejarah Inggris

Dipecat Everton, 5 Fakta Pelatih Rafael Benitezmantan pelatih Everton Rafael Benitez (royalbluemersey.sbnation.com)

Liverpool dan Everton merupakan rival sekota. Pernah melatih Liverpool pada 2004—2010, Benitez memilih menukangi Everton pada 2021/2022. Dia menjadi pelatih kedua yang melatih kedua klub tersebut setelah William Edward Barclay.

Menariknya, William Edward Barclay melatih Everton pada 1892 silam. Benitez mengulangi kenangan buruk fans Liverpool selama 129 tahun, yang mana mantan pelatihnya hijrah ke rival, Everton.

Rafael Benitez sebenarnya masih menjadi pelatih top saat ini. Hanya saja performanya di Everton kurang meyakinkan dengan hasil yang mengecewakan. Everton hanya mampu berada di posisi ke-16 di bawah pimpinan Benitez sebelum dipecat.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Diboyong Rafael Benitez Sebelum Melatih Everton

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya