Comscore Tracker

Spanyol vs. Prancis, 5 Fakta Penting Jelang Final UEFA Nations League

Laga spesial bagi Aymeric Laporte!

Spanyol dan Prancis akan saling berhadapan untuk memperebutkan trofi UEFA Nations League 2021. Laga akan digelar pada Senin, 11 Oktober 2021 dini hari WIB di Stadion San Siro, Milan, Italia.

Spanyol berhasil mengalahkan Italia di babak semifinal dengan skor 2-1, Sedangkan Prancis berhasil melakukan comeback atas Belgia dengan skor 3-2. Pastinya terdapat beberapa hal menarik menjelang laga final UEFA Nations League ini. Berikut 5 fakta penting jelang final antara Spanyol melawan Prancis di ajang UEFA nations League 2021. 

1. Luis Enrique dibuat pusing akibat tak punya opsi yang cukup di lini depan

Spanyol vs. Prancis, 5 Fakta Penting Jelang Final UEFA Nations Leaguepotret Ferran Torres bersama Timnas Spanyol (marca.com)

Absennya Gerard Moreno dan Alvaro Morata di laga melawan Italia tampaknya bukan masalah serius bagi Luis Enrique. Namun, cedera Ferran Torres saat menghadapi Italia di akhir babak kedua tampaknya benar-benar membuat Enrique pusing. Pasalnya, tak ada lagi penyerang yang bisa diandalkan untuk mendobrak lini pertahanan Prancis. 

Apalagi, Torres merupakan pemain kunci di laga melawan Italia dengan menorehkan 2 gol. Jelang laga melawan Prancis, Enrique mengatakan bahwa semua pemain Spanyol fit, kecuali Ferran Torres. Artinya, peluang Torres untuk dimainkan di lini depan masih 50:50.

2. Prancis hanya berhasil meraih 1 clean sheet dari 7 laga terakhir mereka

Spanyol vs. Prancis, 5 Fakta Penting Jelang Final UEFA Nations Leaguepotret Kimpembe dan Varane bersama Timnas Prancis (news.in-24.com)

Sejauh ini, lini pertahanan masih menjadi pekerjaan rumah bagi Didier Deschamps jika ingin meraih trofi UEFA Nations League edisi kali ini. Pasalnya, dari 7 laga terakhir Prancis, tim tersebut hanya mampu meraih 1 clean sheet, yaitu saat melawan Findlandia di kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Dari 7 laga terakhir mereka, Prancis kebobolan sebanyak 10 gol. Pastinya hal tersebut bukan merupakan hasil yang bagus bagi juara Piala Dunia 2018 itu. Di sisi lain, Deschamps sebenarnya memiliki banyak opsi pemain belakang top dan bahkan ada beberapa nama top yang kerap diacuhkan olehnya.

Baca Juga: 10 Potret Benjamin Pavard, Bek Versatile Prancis Milik Bayern Munchen

3. Ajang pembuktian bagi Aymeric Laporte setelah diacuhkan Didier Deschamps

Spanyol vs. Prancis, 5 Fakta Penting Jelang Final UEFA Nations Leaguepotret Aymeric Laporte bersama Spanyol saat melawan Italia (newsbreak.com)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Didier Deschamps sudah mengacuhkan beberapa pemain belakang top dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya Aymeric Laporte. Sebelum Piala Eropa 2020, Laporte memutuskan untuk membela Spanyol setelah diacuhkan Deschamps sekian lama. Menariknya, Laporte berhasil tampil bagus bersama Spanyol di ajang Piala Eropa 2020.

Ini merupakan kesempatan emas bagi Laporte untuk membuktikan bahwa keputusan Deschamps untuk mengacuhkannya dalam beberapa tahun terakhir merupakan keputusan yang salah. Laga Spanyol melawan Prancis ini merupakan yang pertama kalinya bagi Laporte. Tak mudah untuk mengatasi persaingan batin Laporte di laga nanti.

4. Secara head to head, La Furia Roja masih unggul dari Les Blues

Spanyol vs. Prancis, 5 Fakta Penting Jelang Final UEFA Nations Leaguepotret Aymeric Laporte bersama Spanyol saat melawan Italia (newsbreak.com)

Dalam sejarah pertemuan Spanyol dan Prancis, terdapat 35 laga yang telah dijalani bersama. Terdapat 16 laga pertemuan yang dimenangkan oleh skuad La Furia Roja. Adapun 12 laga dimenangkan oleh skuad Les Blues

Sebanyak 7 laga sisanya berakhir sama kuat. Menariknya, dalam 7 pertemuan terakhir mereka, Prancis hanya mampu meraih kemenangan atas Spanyol sebanyak sekali, yaitu pada 4 September 2014 lalu di laga persahabatan dengan skor 1-0.

5. Perebutan trofi UEFA Nations League edisi kedua

Spanyol vs. Prancis, 5 Fakta Penting Jelang Final UEFA Nations Leaguepotret bendera Spanyol dan Prancis (meridian-education.com)

UEFA Nations League dapat dikatakan kompetisi baru di ranah Eropa. Edisi pertama kompetisi ini dimulai pada musim 2018/2019 dengan menampilkan juara Portugal. Ada pula runner up yang diraih oleh Belanda dan juara ketiga diraih oleh Inggris. 

Final UEFA Nations League 2020/2021 merupakan edisi yang kedua. Dengan begitu, siapa pun pemenang di final ini akan meraih trofi UEFA Nations League yang pertama kali dalam sejarah, baik Spanyol maupun Prancis.

 

Nah, itu dia 5 fakta penting menjelang final UEFA Nations League antara Spanyol dan Prancis. Laga ini tentunya akan menampilkan pertandingan yang menarik mengingat kedua tim berstatus tim besar. Kamu sendiri menjagokan negara mana dalam laga ini?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa UEFA Nations League Harus Ditiadakan

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya