5 Fakta Riyad Mahrez, Pesepak Bola yang Ulang Tahun pada 21 Februari

Selamat ulang tahun bagi Riyad Mahrez! 

Bagi kamu para penggemar sepak bola, pastinya kamu tak asing lagi dengan Riyad Mahrez. Pesepak bola asal Aljazair ini kini bermain untuk klub Manchester City, sang juara bertahan Premier League.

Mahrez berhasil menjadi sosok penting dalam dua musim terakhir di klub Manchester City. Kelihaiannya dalam memberikan umpan silang menjadi alasan tersendiri mengapa Pep Guardiola hampir selalu memainkannya di laga-laga Manchester City.

Pemain kelahiran 21 Februari 1991 ternyata mempunyai banyak sekali fakta unik, lho. Berikut 5 fakta mengenai Riyad Mahrez yang menarik untuk kamu ketahui. 

1. Mahrez merupakan pemain Aljazair pertama yang mencetak hat-trick di Premier League

5 Fakta Riyad Mahrez, Pesepak Bola yang Ulang Tahun pada 21 Februarisprtskeeda.com

Pada 5 Desember 2015, Riyad Mahrez telah mencetak sejarah bagi Aljazair dan Premier League. Dia menciptakan tiga gol ketika Leicester City menaklukkan Swansea City. Ketika itu, Leicester menang 3-0 atas Swansea City.

Dengan hal tersebut, Mahrez menjadi pemain pertama dari Aljazair yang mampu mencetak hat-trick di Premier League. Pastinya rekor ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Riyad Mahrez yang saat ini membela Manchester City. 

2. Mahrez berhasil mewujudkan mimpi mendiang ayahnya untuk menjadi pesepak bola

5 Fakta Riyad Mahrez, Pesepak Bola yang Ulang Tahun pada 21 Februarimendiang ayah Riyad Mahrez (lifebogger.com)

Saat Mahrez masih berusia 15 tahun, ayah Mahrez yang bernama Ahmed harus meninggalkan Mahrez dan keluarganya untuk selama-lamanya akibat serangan jantung. Hal tersebut menjadi awal dari perjuangan Mahrez untuk menjadi pesepak bola profesional.

Ayahnya sendiri menginginkan Mahrez agar kelak menjadi pesepak bola profesional. "Ayahku selalu berada di sampingku, dia menginginkanku untuk menjadi pesepak bola", ujar Mahrez, dilansir The Guardian.

Mahrez sendiri berhasil mewujudkan mimpi ayahnya. Bahkan, dapat dikatakan Mahrez berhasil menjadi salah satu pesepak bola tersukses di Aljazair saat ini. 

Baca Juga: Jarang Mainkan Riyad Mahrez, Pep Guardiola Minta Maaf

3. Riyad Mahrez melakukan debut pertamanya untuk Timnas Aljazair pada 2014

5 Fakta Riyad Mahrez, Pesepak Bola yang Ulang Tahun pada 21 FebruariRiyad Mahrez bersama Aljazair (sports-news-now.com)

Riyad Mahrez merupakan salah satu kapten Timnas Aljazair saat ini. Dia memulai debut bersama Timnas Aljazair pada 2014 lalu di laga melawan Armenia. Mahrez mampu menyumbang dua assists di laga persahabatan tersebut.

Tampil apik di laga persahabatan, Mahrez berhasil masuk ke dalam skuad Aljazair di Piala Dunia 2014 walaupun dia hanya bermain sebanyak sekali. Sejauh ini, Mahrez sudah memberikan penampilan sebanyak 73 kali bagi negaranya dan menyumbang 26 gol.

4. Prestasi Riyad Mahrez

5 Fakta Riyad Mahrez, Pesepak Bola yang Ulang Tahun pada 21 FebruariRiyad Mahrez bersama Aljazair (archynewsy.com)

Sudah banyak prestasi yang berhasil diraih Riyad Mahrez selama menjadi pesepak bola. Dia mampu melanjutkan dongeng Leicester City saat meraih trofi Premier League pada 2016. Pada tahun yang sama, Mahrez juga dinobatkan sebagai pesepak bola terbaik Afrika.

Selain itu, Mahrez juga berhasil membawa Aljazair meraih trofi Piala Afrika 2019. Bersama Manchester City, dia juga mampu menyumbang dua trofi Premier League, tiga trofi Piala Liga, dan dua trofi Piala Community Shield.

5. Sepak bola jalanan menjadi awal kesuksesannya menjadi pesepak bola

5 Fakta Riyad Mahrez, Pesepak Bola yang Ulang Tahun pada 21 FebruariRiyad Mahrez (goal.com)

Tak ada yang menyangka bahwa Riyad Mahrez mengawali kariernya di klub sepak bola jalanan. Saat masih remaja, dia bergabung di klub Quimper bersama Mathias Pogba untuk mengasah kemampuan sepak bolanya. Tampil apik, Mahrez direkrut oleh akademi Le Havre sebelum diorbitkan ke skuad utama pada 2011.

Dari situ, karier Mahrez cemerlang karena tim scout Leicester City berhasil melihat bakatnya di klub tersebut. Dia bergabung ke Leicester City pada 2014 sebelum akhirnya membawa klub tersebut promosi ke Premier League sekaligus menjuarai turnamen itu pada 2016.

 

Selamat ulang tahun bagi Riyad Mahrez yang ke-31. Di usianya yang tak muda lagi, Mahrez sendiri masih tampil gemilang bersama Manchester City saat ini. 

Baca Juga: Mahrez Masuk Deretan Pemain Afrika yang Cetak 50 Gol di Liga Inggris

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya